Berita Sepeda motor

SPBKLU untuk Sepeda Motor Listrik Resmi Diperkenalkan

Penukaran baterai melalui SPBKLU (Foto: Kementerian ESDM)

Jakarta – Stasiun Penukaran Baterai Kendaraan Listrik Umum (SPBKLU) resmi diperkenalkan oleh Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM). Perkenalan dilakukan di kantor Ditjen Ketenagalistrikan di Jakarta, Pada 31 Agustus 2020. Sebagai tahap awal, perangkat ini hanya bisa digunakan untuk sepeda motor listrik.

“Untuk pertama kalinya kami memperkenalkan keberadaan percontohan SPBKLU,” ungkap Direktur Jenderal Ketenagalistrikan Kementerian ESDM, Rida Mulyana, dalam keterangan resminya.

Rida mengungkapkan perkenalan SPBKLU ini merupakan tindak lanjut dari Peraturan Presiden Nomor 55 Tahun 2019 tentang Percepatan Program Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai untuk Transportasi Jalan. Serta turunannya yakni Peraturan Menteri ESDM Nomor 13 Tahun 2020 tentang Penyediaan Infrastruktur Pengisian Listrik untuk Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai.

PT Perusahaan Listrik Negara (PLN), lanjut Rida, dapat bekerjasama dengan badan usaha lainnya untuk membangun SPBKLU dan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU).

“Hari ini kita tidak hanya memperkenalkan apa sih swap (penukaran baterai) ini. Tapi saya ingin kemukakan bahwa dengan kolaborasi dan kerja sama antarpihak yang terkait, baik kami di pemerintahan, PLN selaku operator penyedia listrik, serta pihak yang bergerak di bidang penyewaan baterainya, rasanya (pertumbuhan SPBKLU) ini bisa lebih cepat,” ujar Rida.

Memudahkan Pemilik Sepeda Motor Listrik

SPBKLU dapat dianalogikan seperti layaknya mengganti atau menukar air mineral galon. Dengan adanya SPBKLU bisa mempermudah pemilik sepeda motor listrik untuk mengganti baterai yang telah habis dayanya. Sehingga tanpa perlu menunggu baterai di charge sampai penuh.

Proses dari mulai mengambil baterai yang sudah terisi dan memasangnya kembali ke sepeda motor hanya membutuhkan waktu sekira tiga hingga lima menit.

Kecepatan dan kemudahan penukaran baterai ini menjadi terobosan yang penting dalam pengembangan kendaraan bermotor listrik.

“Salah satu kendala sepeda motor listrik adalah charging-nya. Bagaimana kalau listriknya habis? Alhamdulillah hari ini dengan adanya SPBKLU ini jadi memudahkan orang untuk beralih ke kendaraan listrik. Ke depan, kita bisa mengurangi impor BBM kita. Ini juga memudahkan tujuan Pemerintah mengurangi emisi dan mempercepat peningkatan kendaraan listrik,” ujar Direktur Mega Project PT PLN M. Ikhsan Asaad.

Saat ini SPBKLU masih sebatas proyek percontoh. Belum diketahui pasti kapan Kementerian ESDM bersama stakeholder terkait mulai memasangkan parangkat tersebut di berbagai tempat.

Penulis: Santo

Editor: Lesmana

Santo Sirait

Santo Sirait sebelumnya Jurnalis di Okezone.com, pindah ke Carmudi.co.id sebagai Reporter pada November 2017. Fokus di sektor otomotif, terutama meliput tentang mobil, motor dan industri otomotif. Santo dapat dihubungi di [email protected]

Related Posts

/