Sepeda motor

Spek MX King dan Harga Bekas: Rp8 Jutaan Langsung Gas

Yamaha MX King 150 menjadi salah satu pilihan motor bebek yang bisa Anda miliki sekarang. Menariknya, karena tren motor seperti ini lagi turun maka harga sekennya juga cukup menggoda. Anda yang berminat sebaiknya simak dulu spek MX King dan harga bekas motor ini.

Yamaha MX King memang bukan motor bebek atau moped biasa. Tampilannya lebih mengacu pada motor “ayam jago” yang sempat naik daun pada awal 2000-an. Di pasaran ia memiliki sejumlah kompetitor dengan konsep serupa, sebut saja Honda Supra GTR 150 dan Suzuki Satria F150.

Spek MX King dan Harga Bekas

Yamaha MX King 150 versi terbaru (Foto: Yamaha)

Mesti diakui mayoritas motor bebek cenderung membosankan terutama bagi mereka yang berjiwa muda dan menyukai kendaraan bergaya sporty. Tapi tenang saja, motor seperti ini termasuk Yamaha MX King justru menawarkan pengalaman yang berbeda.

Motor ini punya beberapa kelebihan yang membedakannya dengan motor bebek kebanyakan. Lihat saja tampilannya yang benar-benar nampak sporty. Bahkan pabrikan mengadopsi DNA dari motor sport mereka dalam merancangnya.

Mau bukti? Coba tengok tameng depan MX King yang terlihat berotot di bagian sisinya dan dilengkapi lampu dengan bentuk lancip. Untuk sebagian orang desain ini mungkin tak asing lagi karena cukup mirip dengan desain wajah Yamaha YZF-R1.

Andai saja lekukan-lekukan tampilan MX King dibuat lebih halus lagi bisa jadi bakal semakin mirip.

Tak hanya sampai di situ, saat menatap bagian belakangnya kita juga bakal diingatkan pada salah satu motor sport Yamaha, yaitu R25. Di sisi ini MX King mengadopsi lampu belakang yang identik dengan milik sport fairing 250 cc tersebut.

Tapi di luar semua itu yang lebih penting lagi adalah mesinnya. MX King menggunakan mesin “berdiri” yang memisahkannya dengan mayoritas motor bebek lain dengan mesin tidur.

Yamaha MX King 150

Yamaha MX King (Foto: Yamaha)

Spek MX King dan Harga Bekas Terbaru

Kita mulai pembahasan spek MX King dan harga bekas motor ini dengan melihat data yang tersaji di lembar spesifikasinya.

Dimensi bukan yang paling besar

Kalau dilihat sekilas Yamaha MX King memang punya perawakan yang berisi dan gagah. Walau sebenarnya motor ini bukan yang paling besar di kelasnya. Untuk diketahui, dimensi MX King memiliki ukuran P 1.985 mm X L 670 mm X T 1.100 mm.

Honda Supra GTR 150 tercatat masih lebih besar dibanding produk Yamaha ini. Dimensi MX King bisa dibilang berada di tengah-tengah karena masih ada Suzuki F150 yang lebih mungil.

Tapi yang unik, jok MX King justru lebih tinggi dibanding milik Honda Supra GTR 150. Jadi bagi Anda yang berniat meminang motor ini sebaiknya coba dulu sebelum beli. Jaga-jaga untuk memastikan kaki bisa menapak dengan nyaman ke permukaan aspal.

Di luar semua itu, Yamaha MX King punya wheelbase paling panjang dengan angka 1.290 mm. Di atas kertas hal ini bakal membuat motor jadi lebih stabil ketika diajak melaju kencang di lintasan lurus.

Mesin SOHC

Spesifikasi MX King diisi mesin dengan karakter overstroke yang artinya bakal lebih maksimal menghasilkan tenaga di putaran rendah. Mesin berkapasitas 150 cc yang digunakannya masih menggunakan teknologi Single Overhead Camshaft (SOHC) yang membuatnya berbeda dengan rival sekelas.

Seperti diketahui, baik Honda Supra GTR atau Suzuki Satria F150 menggunakan mesin Double Overhead Camshaft (DOHC). Bikers yang benar-benar mengejar performa mungkin akan lebih cocok dengan mesin dari kedua motor tersebut.

Walaupun untuk penggunaan sehari-hari terutama di lalu lintas yang padat perbedaan itu tak akan memberi pengaruh yang signifikan. Tarikannya masih terasa cukup bertenaga dengan kapasitas mesin yang mumpuni.

Selain itu, MX King hanya dilengkapi transmisi 5 tingkat kecepatan sedangkan kedua rivalnya tersebut punya 6 tingkat kecepatan. Hal ini akan membuat rasio perpindahannya menjadi lebih rapat.

Kemudian untuk output yang dihasilkan, MX King bisa dibilang paling rendah dengan tenaga puncak 15,1 Hp dan torsi maksimum 13,8 Nm. Di segmen ini Suzuki Satria F150 memang masih juaranya dengan tenaga sampai 18,2 Hp dan torsi 13,8 Nm.

Sisi baiknya, tenaga puncak MX King bisa didapat pada putaran mesin yang paling rendah di antara para rivalnya, yaitu 8.500 rpm.

Fitur Yamaha MX King

Lalu bagaimana dengan fitur-fiturnya? Yamaha MX King bisa dibilang sudah cukup modern. Pertama kita lihat dulu dari bagian depannya. Di sini Carmudian bisa melihat penggunaan headlight yang mengadopsi teknologi LED.

Ada tiga bohlam LED yang digunakan. Dua di antaranya untuk lampu dekat alias low beam dan satu lagi untuk lampu jauh.

Beranjak agak ke belakang, panel instrumen dibekali LCD digital negative display dengan latar berwarna biru. Kemudian di bagian atasnya ada lampu-lampu indikator fungsi kendaraan yang disusun sejajar.

Memang bukan yang paling keren karena milik Honda Supra GTR terlihat lebih atraktif lewat permainan bentuknya. Tidak hanya berbentuk kotak seperti milik MX King. Tapi untuk hal ini dikembalikan lagi pada selera masing-masing orang.

Ada satu hal yang disukai banyak orang dari motor ini, yaitu spakbor belakang. Bentuknya cukup besar dengan desain yang keren. Terlebih lagi posisi lampu sein terpisah dari spakbor yang pada akhirnya memberikan ruang untuk modifikasi.

Terakhir, penampilan sporty secara keseluruhan dari motor ini jadi lebih lengkap dengan ban yang punya profil lebih lebar atau tepatnya 90/80 di depan dan 120/70 di belakang. Sementara itu ringnya menggunakan diameter 17.

Yamaha_MX-King_Terbaru

Harga Yamaha MX King 150 Bekas

Yamaha MX King 150 dan para rivalnya punya harga lebih mahal dibanding motor bebek biasa. Tapi masih lebih murah kalau dibanding motor sport tulen apalagi yang menggunakan fairing.

Dengan begitu motor semacam ini bisa jadi batu loncatan atau alternatif konsumen yang ingin memiliki motor sport tapi dana masih terbatas.

Khusus MX King, harga baru yang ditawarkan adalah Rp24.575.000. Harga tersebut cukup dekat dengan banderol Honda Supra GTR. Tapi masih lebih murah dibanding harga Suzuki Satria F150.

Konsumen dengan dana terbatas tentu bisa menengok ke pasar motor bekas. Ambil contoh di listing Carmudi, harga MX King bekas bisa ditemui mulai Rp6 jutaan sampai Rp8 untuk model generasi awalnya, seperti keluaran tahun 2006.

Sementara itu untuk tahun yang lebih muda, misalnya 2016 harganya terpantau juga relatif masih terjangkau di angka Rp10 jutaan. Bahkan untuk model yang tergolong keluaran baru seperti tahun 2019 ditawarkan dengan harga Rp18 jutaan.

  • Yamaha MX King 2006 – Rp4 jutaan
  • Yamaha MX King 2017 – Rp13 jutaan
  • Yamaha MX King 2016 – Rp10 jutaan
  • Yamaha MX King 2015 – Rp14 jutaan
  • Yamaha MX King 2019 – Rp18 jutaan

Harga yang tertera di atas hanya rata-rata karena bisa berbeda tergantung kondisi motor. Untuk lebih detailnya, Carmudian dapat mengunjungi halaman motor bekas Carmudi.

Setelah mengetahui spek MX King dan harga bekas motor ini tentunya akan lebih mudah untuk menjatuhkan pilihan.

Baca Juga:

Penulis: Mada Prastya

Editor: Dimas

Mada Prastya

Bergabung sebagai penulis di Carmudi Indonesia sejak Februari 2021. Menyukai kendaraan roda dua karena simpel, cepat, dan memberi rasa kebebasan dalam berkendara. Email: [email protected]

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *