Mobil

Spesifikasi dan Beberapa Perbedaan pada Varian New Kia Carnival

New Kia Carnival hadir dengan spesifikasi yang berbeda dari model sebelumnya. Ada tiga varian New Carnival yang dihadirkan oleh PT Kreta Indo Artha (KIA). Di masing-masing varian pun terdapat beberapa perbedaan fitur yang cukup mencolok.

KIA selaku Agen Pemegang Merek (APM) Kia di Indonesia resmi meluncurkan New Carnival untuk konsumen di dalam negeri pada Rabu (29/5/2024).

Baca Juga: Kia Luncurkan New Carnival, Varian 11 Seater Lebih Murah

Spesifikasi New Kia Carnival

New Kia Carnival meluncur dengan harga mulai dari Rp960 juta (Foto: Santo/Carmudi)

New Carnival menjadi produk terbaru KIA yang kedua di tahun ini setelah sebelumnya mereka mendatangkan Kia Sonet Night Edition pada Maret 2024.

New Carnival merupakan versi teranyar dari generasi keempat yang sudah dirilis pada 2021 lalu.

Di versi terbaru, KIA menawarkan tiga pilihan varian dari sebelumnya hanya ada dua varian saja. Ketiga varian yang dijual saat ini punya dua pilihan konfigurasi jok, yakni 7 dan 11 seater.

Adapun nama variannya adalah Premiere 7-seater, Premiere 11-seater, dan Dynamic 11-seater. Harga yang ditawarkan mulai dari Rp960 juta sampai Rp1,155 miliar on the road Jakarta.

Berstatus sebagai model baru, tentu ada penyegaran dalam hal spesifikasi pada New Kia Carnival. Penyegaran yang dihadirkan mulai dari sektor eksterior, interior, dan fitur.

Spesifikasi New Kia Carnival

PT Kreta Indo Artha (KIA), selaku agen pemegang merek Kia di Indonesia meluncurkan New Carnival (Foto: Santo/Carmudi)

Spesifikasi New Kia Carnival

Mengusung konsep ‘Modern Boldness’ yang terinspirasi dari bahasa desain ‘Opposites United’, New Kia Carnival kini tampil dengan balutan eksterior yang lebih tegas, sporty, dan modern.

Sementara interiornya tampil lebih mewah dan modern, serta menghadirkan kenyamanan ekstra bagi pengemudi dan penumpang.

Eksterior New Carnival

Eksterior pada Carnival terbaru mendapat ubahan yang cukup signifikan terutama pada bagian depannya. Apabila dilihat sekilas desainnya terlihat mirip seperti kepunyaan mobil listrik Kia EV9.

Spesifikasi New Kia Carnival

Bagian depan New Kia Carnival (Foto: Santo/Carmudi)

Pada bagian depan mobil tersemat gril dengan desain khas Kia, yakni Tiger Nose atau hidung macan versi terbaru. Gril tersebut dikawal dengan lampu depan berbentuk vertikal menggantikan bentuk horizontal yang ditemukan pada model terdahulu.

Baca Juga: Harga dan Promo Pembelian Mobil Kia Selama Pameran Movement to Discover

Tak jauh dari lampu depan, tersemat pula lampu senja atau Daytime Running Light (DRL) dan lampu kabut atau fog lamp. Masing-masing memberikan pencahayaan yang maksimal serta memakai bola lampu hemat energi.

“Lampunya sekarang sudah LED untuk lampu depan serta untuk DRL jadi satu dengan lampu sein, jadi bergantian kerjanya. Lalu ada fog lamp sudah LED,” ungkap Muhammad Ikbal Product Planning KIA, di sela-sela acara peluncuran New Carnival di Jakarta.

Beralih ke bagian samping terdapat pintu geser atau sliding door di kanan maupun kiri bodi mobil. Pintu ini dilengkapi fitur Smart Power Sliding Door yang memungkin penumpang membuka pintu tanpa harus melakukan gerakan tubuh tambahan.

Bagian belakang New Kia Carnival (Foto: Santo/Carmudi)

“Fitur ini fungsinya adalah untuk memudahkan akses bagi penumpang ketika hendak masuk ke bangku baris kedua tanpa perlu membuka hendel pintu atau pencet tombol. Cukup dengan memegang kunci, mendekat ke pintu samping, nanti pintu samping akan terbuka secara otomatis. Jadi lebih memudahkan bagi penumpang atau pengemudi,” terang Ikbal.

Kemudian untuk peleknya tampil dengan desain baru yang hadir dalam dua ukuran.

Khusus New Carnival dengan konfigurasi jok 11 seater hadir dengan diameter pelek 18 inci dipadukan ban berukuran 235/60. Sementara di versi 7 seater peleknya sedikit lebih besar, yakni berdiameter 19 inci dengan ban berukuran 235/55.

Pindah ke bagian paling belakang dari mobil asal Korea Selatan ini, terlihat jelas ada pembaruan yang cukup signifikan bila dibandingkan dengan model terdahulu. Kini, pada Carnival terbaru lampu utama dan sein pindah dari yang sebelumnya di bawah sekarang posisinya berada di tengah pintu bagasi.

Lampunya pun sudah mengadopsi gaya Star Map Lamp LED, sama seperti lampu DRL di bagian depan.

Pintu geser Kia Carnival Terbaru (Foto: Santo/Carmudi)

Serupa seperti pintu samping, pintu bagian belakang juga bisa terbuka tanpa harus menekan tombol. Ini berkat penyematan fitur Smart Power Tailgate pada pintu bagasi.

“Jadi ketika bawa barang bawaan yang cukup banyak di tangan, pengguna cukup mendekat ke bagian pintu bagasi dengan memegang kunci tanpa memencet tombol, pintu bagasi akan terbuka secara otomatis,” tutur Ikbal.

Baca Juga: Kia EV3 Resmi Diperkenalkan, Berapa Harganya?

Sebagai pendukung penampilan luarnya, KIA menawarkan empat pilihan warna bodi, yakni Snow White Pearl, Aurora Black Pearl, Astra Blue, dan warna baru Ceramic Silver.

Menyoal dimensi kendaraan tidak mengalami perubahan sama sekali, panjang New Carnival masih di angka 5,1 meter sehingga menjadikannya sebagai salah satu model mobil terpanjang dikelasnya serta memiliki keunggulan dalam hal kelapangan di kabin.

Pelek New Kia Carnival Varian 11 Seater (Foto: Santo/Carmudi)

Untuk lebar mobil sekitar 1,9 meter, tingginya 1,7 meter dan ground clearance-nya 180 mm.

Interior

Tak cuma eksterior, interior Carnival teranyar ini juga mendapatkan perubahan yang cukup signifikan.

“Di interior juga ada banyak perubahan dan ini untuk desainnya sendiri ada beberapa fitur atau teknologi yang mengadopsi dari mobil listrik Kia, seperti EV9 dan EV6,” jelas dia.

Ubahan paling jelas kentara ada pada bagian dasbor yang kini hadir dengan desain lebih mewah dan modern mengadopsi dari perpaduan bahasa desain interior Kia EV6 dan Kia EV9.

Spesifikasi New Kia Carnival

Kabin Kia Carnival Facelift (Foto: Santo/Carmudi)

Di dasbornya terpasang Panoramic Curved Display yang merupakan perpaduan antara 12,3 inci Curved Display Premium Cluster dan 12,3 inci Infotainment Display with Wireless Connection Apple CarPlay & Android Auto.

Ada juga premium sound system dari Bose dengan 12 speaker yang bisa ditemukan hanya di varian Premiere.

Pada bagian pengaturan suhu kabin atau air conditioning, kini sudah mengadopsi tombol pengaturan Infotainment & Climate Switchable Control yang sama seperti tersemat pada Kia EV6.

Kabin New Carnival juga mengusung jok dengan fitur relaxation comfort seat pada bangku baris kedua di varian 7 seater. Terdapat pula fitur ventilated dan heated seat di bangku baris pertama dan kedua pada varian 7 seater, sedangkan di varian 11 seater fitur tersebut hanya ada di bangku pertama, sementara di baris kedua cuma fitur heated seat saja.

Panoramic Curved Display (Foto: Santo/Carmudi)

Demi mendapatkan kenyamanan lebih saat berkendara, jok mobil ini terutama di bagian depan sudah difasilitasi dengan pengaturan elektrik dan memory seat.

“Jadi kalau bicara kenyamanan di Kia Carnival ini memang sudah sangat diakomodasi, baik itu urusan fitur ventilated maupun pengaturan joknya sudah elektrik tentunya memudahkan pengoperasian,” terang Ikbal.

Baca Juga: Daftar Lokasi Diler Kia di Jabodetabek Terbaru 2024

Tidak cuma itu saja, tersedia juga berbagai fitur penunjang kenyamanan lainnya, seperti Wireless Charging, port USB type C, Digital Center Mirror yang diadopsi dari Kia EV9, serta Side Manual Sunshade Curtain pada baris kedua dan ketiga.

Fitur Keselamatan

Bicara soal fitur keselamatan, ada peningkatan yang Kia lakukan. Jika model sebelumnya hanya memiliki 7 airbag sekarang di model terbaru mendapatkan satu tambahan airbag di bagian tengah, sehingga totalnya menjadi 8 airbag. Hal ini tentunya akan meningkatkan rasa aman bagi pengemudi dan penumpang ketika bepergian dengan Kia Carnival.

Interior New Kia Carnival (Foto: Santo/Carmudi)

“Jadi enggak cuma desain dan fitur saja yang ditingkatkan, tapi juga urusan safety tetap ditingkatkan lagi di Kia Carnival facelift ini,” ujarnya.

Untuk meningkatkan keselamatan dan kenyamanan, mobil ini juga dilengkapi sistem Advanced Driving Assistant System (ADAS). Ada berbagai fitur keselamatan yang disematkan pada sistem ADAS di New Carnival, berikut ini daftarnya:

  • Smart Cruise Control with Auto Stop and Go
  • Lane Following Assist
  • Lane Keeping Assist
  • Forward Collision-avoidance Assist with Junction Turning
  • Blind Spot Collision-avoidance Assist
  • Blind Spot View Monitor
  • Rear Cross Collision-avoidance Assist
  • Driver Attention Warning.

Mesin

Untuk urusan performa, New Carnival masih mengadopsi mesin diesel berkapasitas 2.200 cc CRDi. Mesin tersebut diklaim mampu mengeluarkan tenaga 194 ps pada 3.800 rpm dan torsi puncak 441 Nm pada rentang 1.750 sampai 2.750 rpm.

Mesin New Kia Carnival (Foto: Santo/Carmudi)

Baca Juga: Sonet Night Edition Buka Jalan Enam Mobil Baru Kia 2024

Tenaga disalurkan ke roda depan melalui transmisi otomatis 8-percepatan. Tuas transmisinya sendiri berbentuk knob putar.

Untuk pengalaman berkendara yang menyenangkan New Carnival juga sudah dilengkapi dengan empat mode berkendara, yakni ECO, Comfort, Sport, dan Smart yang bisa dipilih oleh pengemudi sesuai dengan kebutuhan berkendara.

Demikian uraian mengenai spesifikasi dan beberapa perbedaan singkat pada setiap varian New Kia Carnival.

Tuas Transmisi Kia Carnival Terbaru (Foto: Santo/Carmudi)

Konsumen sudah bisa melakukan pemesanan New Carnival di diler resmi Kia yang tersebar di berbagai kota di Indonesia.

Penulis: Santo Sirait

Download Aplikasi Carmudi untuk Dapatkan Deretan Mobil Baru & Bekas Terbaik serta Informasi Otomotif Terkini! 

Download Carmudi di Google Play Store Download Carmudi di App Store

Santo Sirait

Santo Sirait sebelumnya Jurnalis di Okezone.com, pindah ke Carmudi.co.id sebagai Reporter pada November 2017. Fokus di sektor otomotif, terutama meliput tentang mobil, motor dan industri otomotif. Santo dapat dihubungi di santo.evren@icarasia.com

Related Posts