Mobil

Spesifikasi dan Harga Daihatsu Ayla Matic 2021

spesifikasi daihatsu ayla 2021

Desain New Ayla Mengadopsi Gaya Ayla Turbo. (Foto: Istimewa)

Jakarta – Daihatsu Ayla matic di tahun 2021 tetap menjadi salah satu mobil yang dicari. Dimensi yang kecil, harga terjangkau serta konsumsi bbm yang irit jadi salah satu alasannya.

Selain itu, biaya perawatan Daihatsu Ayla matic juga termasuk yang irit dan murah. Karena Ayla termasuk ke dalam mobil yang ada di dalam skema low cost green car (LCGC) di Indonesia.

Jadi gak heran kalau harga baru dan perawatannya enggak mencekik sang pemilik mobil. Karena inilah Daihatsu Ayla matic tetap punya daya tariknya sendiri.

Bagaimana spesifikasi Daihatsu Ayla matic di tahun 2021? Sebenarnya secara spesifikasi tidak terlalu berbeda. Bahkan masih sama dengan tahun lalu.

spesifikasi daihatsu ayla 2021

Tampilan belakang New Daihatsu Ayla yang baru meluncur. (Foto: Istimewa)

Karena PT Astra Daihatsu Motor (ADM) merilis versi facelift Ayla ini di bulan Maret 2020. Alias sudah hampir setahun ke belakang model ini mendapatkan penyegaran.

  • Harga Daihatsu Ayla 2021

Karena masuk ke dalam skema LCGC, Ayla punya banderol yang cukup murah. Harga termurah dari Ayla berada di Rp103 juta sedangkan termahal Rp161 jutaan.

Kalau dilihat dari harga hatchback lainnya, jelas Ayla punya harga murah. Lalu, bagaimana harga lengkap dari seluruh variannya?

Harga Daihatsu Ayla MT 2021

1.0 D MTRp103,3 juta
1.0 D+ MTRp115,5 juta
1.0 X MTRp126,3 juta
1.0 X Deluxe MTRp133,6 juta
1.2 R Deluxe MTRp148,5 juta
1.2 R MTRp144,5 juta
1.2 X MTRp137,6 juta

spesifikasi daihatsu ayla 2021

Harga Daihatsu Ayla AT 2021

1.0 X ATRp135,5 juta
1.0 X Deluxe ATRp142,7 juta
1.2 X ATRp147,6 juta
1.2 R ATRp157 juta
1.2 R Deluxe ATRp161 juta

Harga bisa berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan terlebih dahulu, harga OTR DKI Jakarta*

  • Dimensi

Tak salah dengan spesifikasi ini, Daihatsu Ayla matic 2021 cocok dijadikan mobil harian di ibukota. Dimensinya benar-benar memudahkan saat selap-selip di kemacetan dan saat parkir.

Daihatsu Ayla

Daihatsu Ayla (Foto: ADM)

Panjang mobil ini mencapai 3.640 mm, dengan lebar 1.600 mm dan tinggi 1.520 mm. Sedangkan wheelbasenya mencapai 2.455 mm.

  • Spesifikasi Mesin Daihatsu Ayla Matic

Karena mobil ini ditawarkan dalam 2 pilihan mesin, maka spesifikasi mesin Daihatsu Ayla juga berbeda. Yang pertama adalah mesin dengan kapasitas 998 cc, 3 silinder, DOHC.

Mesin ini mampu mengeluarkan tenaga 64 hp @6.000 rpm dengan torsi 71 Nm @3.600 rpm. Sedangkan mesin kedua berkapasitas 1.197 cc, 4 silinder, DOHC, Dual VVT-i. Tenaganya mencapai 86 hp @6.000 rpm dengan torsi 108 Nm @4.200 rpm.

Performa Mesin Daihatsu Ayla Matic

998 cc, 3 silinder, DOHC1.197 cc, 4 silinder, DOHC, Dual VVT-i
64 hp @6.000 rpm86 hp @6.000
71 Nm @3.600 rpm108 Nm @4.200 rpm
Kapasitas tangki 33 literKapasitas tangki 33 liter
Transmisi otomatis 4 percepatanTransmisi otomatis 4 percepatan

Karena saat ini kami hanya membahas yang varian otomatis saja, maka transmisi manual tak kami sebutkan. Untuk transmisi otomatis menggunakan 4 percepatan.

Sedangkan yang manual menggunakan transmisi 5 percepatan. Buat ukuran mobil kecil seperti Ayla ini, memang lebih enak menggunakan transmisi otomatis.

  • Fitur Daihatsu Ayla Matic 2021

Fitur pertama yang bisa dilihat adalah aerokit pada tipe 1.2 R Deluxe. Lalu ada desain bumper baru, pelek 14 inci, dan spion yang bisa dilipat elektronis.

Desain bumper baru New Daihatsu Ayla

Desain bumper baru New Daihatsu Ayla

Di bagian dalam terdapat kunci integrated yang bisa didapatkan di tipe 1.2. Lalu ada AC digital, glove box, console tray, cup holder jok belakang, kamera mundur dan sporty interior color dan pattern seat yang baru.

Karena sasaran mobil ini adalah keluarga muda dan anak muda, maka pilihan warnanya juga banyak. Ada 7 warna yang bisa dipilih mulai dari yellow metallic, glittering silver, ici white solid, red solid, orange metallic, dark grey metallic dan ultra black solid.

Namun warna hero color pada generasi terbaru ini ada pada yellow metallic dan orange metallic. Kedua warna ini cukup ngejreng saat melintas di jalanan.

  • Fitur Keselamatan dan Keamanan

Walaupun remnya belum ABS, tapi mobil ini memiliki sensor parkir, kamera mundur, dual airbag di depan dan kunci immobilizer.

Mobil Baru Daihatsu

Daihatsu Ayla dan Sirion terbaru meluncur Maret 2020 (Foto: Daihatsu)

Walaupun kesannya hanya itu saja perangkat keselamatan dan keamanannya, tapi masih ada yang bisa mengobati. Daihatsu memberikan lampu penerangan malam hari dengan projector headlamp dan LED.

Sedangkan lampu belakangnya juga sudah menggunakan LED. Jadi lampu depan dan belakang lumayan terang saat malam hari.

  • Perangkat Hiburan

Ada apa saja perangkat hiburannya? Di bagian tengah ada head unit double DIN yang bisa digunakan memakai bluetooth, CD, DVD, MP3, AUX, radio dan USB.

spesifikasi daihatsu ayla 2021

Dashboard New Ayla (foto: Carmudi)

Head unit ini juga sudah touch screen, jadi lumayan kekinian lah. Walaupun bentuknya seadanya, malah cenderung jelek setidaknya head unit ini sudah lebih baik dibanding generasi sebelumnya.

Baca juga:

Di bagian depan, spesifikasi rem Daihatsu Ayla matic 2021 menggunakan rem cakram. Sayang di bagian belakang remnya masih menggunakan tromol.

Tapi kemampuan rem ini rasanya masih cukup buat mengimbangi mesin yang tenaganya juga enggak seberapa. Apalagi juga memakai ban ukuran 14 inci dengan ban 175/65.

Makanya harus dijaga sekali mengemudikan mobil ini. Karena remnya juga belum ABS, sebisa mungkin jaga jarak dengan kendaraan di depannya.

spesifikasi daihatsu ayla 2021

Desain lampu belakang New Ayla (foto: Carmudi)

Sedangkan suspensinya di depan memakai MacPherson struts, dan di belakang memakai semi independent dengan torsion axle beam. Di bagian depan dan belakang juga ada per keong.

Di depan memakai per keong dengan tambahan stabilizer. Di belakang juga memakai per keong buat menambah kenyamanan berkendara.

Memang adanya per keong ini bisa menambah kestabilan berkendara. Tapi saat melewati jalan gelombang, rasanya mobil ini benar-benar bukan seperti mobil.

  • Kekurangan

Namanya mobil LCGC, pasti dibuat sedemikian rupa untuk mengejar harga yang terjangkau. Banyak bagian harus dikorbankan, termasuk kualitas material yang tidak sebaik mobil non LCGC.

Bagian kabin misalnya, terlalu banyak aksen plastik termasuk trim yang tidak ada hiasan door trim dari bahan soft touch atau fabric sekalipun.

Busa jok juga tidak tebal dan ukuran empuknya biasa saja. Selain itu, sandaran belakang juga tidak bisa diatur lebih merebah dari posisinya sekarang. Efeknya, dibuat untuk perjalanan jauh jelas bisa, tapi kenyamanan bakal sangat berkurang.

Dari spesifikasi Daihatsu Ayla matic 2021 di atas, setidaknya mereka yang belum membeli bisa melihat gambarannya terlebih dahulu.

 

Penulis: Rizen

Editor: Lesmana

 

Rizen Panji

Hobinya jelas, menghabiskan bahan bakar mesin 6 silinder di akhir pekan. Seleranya juga sudah jelas, mobil tua yang pintunya cuma dua. Oh iya, dirinya sangat mencintai interior mobil yang bersih dan simpel. Kalau ada yang mau ngasih mobil dengan ciri tersebut, akan diterima dengan senang hati..

Related Posts