Mobil

Spesifikasi dan Harga Honda Freed, Justru Banyak Dicari Setelah Stop Produksi

Spesifikasi dan harga Honda Freed adalah dua hal yang cukup menarik untuk dibahas. Karena walaupun mobil ini sudah berhenti dijual dalam kondisi baru, tetapi peminatnya di pasar mobil bekas tetap tinggi.

Spesifikasi dan Harga Honda Freed

(Foto: Honda)

Sosok Honda Freed bisa dibilang sebagai pioner Multi Purpose Vehicle (MPV) pintu geser di Indonesia.

Mobil ini menyapa konsumen Tanah Air pada Maret 2009. Pada saat itu Honda Freed berhasil menarik perhatian dengan desainnya yang cukup modern untuk ukuran MPV.

Tak sedikit orang yang bilang mobil ini memiliki desain seperti mobil-mobil Japanese Domestic Market (JDM).

Hal itu bukan tanpa alasan. Awalnya, Honda memang memasarkan mobil ini di Negeri Matahari Terbit. Indonesia sendiri menjadi negara kedua yang menjual Honda Freed.

Namun, sayangnya ketika Honda Freed generasi berikutnya meluncur di Jepang, pemasaran mobil ini di Indonesia justru dihentikan.

Pabrikan memiliki beberapa alasan. Pertama, harga Honda Freed di Indonesia akan terlalu tinggi jika harus mengejar spesifikasi generasi terbaru versi Jepang.

Sebagai gambaran, pada saat itu Honda Freed generasi terbaru dijual dengan harga nyaris Rp400 juta di negara asalnya.

Terlebih lagi penjualan Honda Freed di Indonesia tergolong biasa-biasa saja. Jadi walaupun mobil ini dibuat di pabrik Honda di Karawang, ongkos produksinya terlalu tinggi.

Di sisi lain, pada saat Honda Freed berhenti dijual, pabrikan tengah fokus memasarkan Mobilio, BR-V, dan HR-V.

Dari segi harga dan produk, mobil-mobil ini memiliki prospek penjualan yang lebih menjanjikan.

Spesifikasi dan Harga Honda Freed

Uniknya setelah penjualan unit barunya dihentikan, nama Honda Freed justru kembali melambung. Orang-orang mulai mencari mobil ini di pasar mobil bekas.

Oleh karena itu, mari simak ulasan spesifikasi dan harga Honda Freed agar Carmudian lebih mengenal mobil ini jika tertarik untuk memilikinya.

Spesifikasi Honda Freed

(Foto: Carmudi)

Spesifikasi Honda Freed

Pertama-tama mari lihat spesifikasi teknis terkait sumber tenaga yang digunakan mobil ini.

Honda Freed menggendong mesin L15A yang berarti sama dengan sumber tenaga Honda Jazz. Namun, pada Honda Jazz mesin tersebut punya tenaga sampai 118 hp, sedangkan pada Honda Freed cukup 116 hp saja.

Perbedaan ini tak lepas dari karakter masing-masing mobil.

Honda Freed yang pada dasarnya adalah MPV tak membutuhkan tenaga sebesar Honda Jazz sebagai hatchback yang mengedepankan rasa berkendara sporty.

Sebagai gantinya, Honda Freed punya torsi yang lebih besar, yakni 146 Nm sementara Honda Jazz hanya 143 Nm.

Sebagai informasi, mesin L15A sendiri memiliki konfigurasi 4-silinder segaris dengan 16 katup. Mesin dengan kapasitas 1.497 cc tersebut masih menggunakan teknologi SOHC.

Untuk pasar Indonesia, Honda Freed menggunakan transmisi otomatis konvensional (torque converter). Hal ini sedikit berbeda dengan versi Jepang yang menggunakan teknologi CVT.

Lebih lengkap mengenai spesifikasi Honda Freed bisa Carmudian lihat pada tabel di bawah ini.

Tipe MesinSOHC, 4-silinder, 16 katup, i-VTEC
Suplai Bahan BakarPGM-FI
Diameter x Langkah 73,0 x 89,4 mm
Isi Silinder 1.497 cc
Perbandingan Kompresi10,4:1
Daya Maksimum116,3 hp @ 6.600 rpm
Torsi Maksimum146 Nm @ 4.800 rpm
Panjang x Lebar x Tinggi4.215 x 1.700 x 1.740 mm
Jarak Sumbu Roda2.740 mm
Ground Clearance170 mm
Kapasitas Tangki Bensin42 Liter
Transmisi Otomatis 5 kecepatan
Sistem KemudiRack & pinion, tilt steering, power steering
Suspensi DepanMcPherson strut with stabilizer
Suspensi BelakangH-shape torsion beam
Rem DepanVentilated disc
Rem BelakangDrum
Fitur PengeremanABS, EBD
Ukuran Ban185/65 R15

Spesifikasi di atas berlaku untuk semua varian Honda Freed yang dijual di Indonesia, meliputi Freed A, Freed S, dan Freed E sebagai opsi paling tinggi.

Perbedaan Honda Freed A, Freed S, dan Freed E

Interior Honda Freed E

Interior Honda Freed E (Foto: Carmudi)

Perbedaan masing-masing varian baru bisa ditemui jika melihat fitur atau kelengkapannya.

Dimulai dari bagian eksterior. Honda Freed S dan Freed E menggunakan pelek yang terbuat dari bahan alloy. Sementara untuk Freed A menggunakan pelek berbahan besi.

Kemudian pada Freed S dan Freed E konsumen juga mendapatkan kaca spion yang dilengkapi dengan lampu sein. Meski demikian, spion dengan pelipatan elektris hanya bisa ditemui pada Honda Freed E.

Honda Freed E pun menjadi satu-satunya varian yang dilengkapi power sliding door di kedua sisi. Honda Freed S sebenarnya juga memiliki pintu geser yang bisa dioperasikan secara elektris, tapi hanya untuk sisi kiri.

Sementara itu varian paling bawah, Honda Freed A, pintu gesernya hanya bisa dioperasikan secara manual di kedua sisi.

Perbedaan penting lainnya terdapat pada sistem hiburan. Head unit Honda Freed E memiliki fitur paling lengkap.

Dengan dimensi 6,1 inci, head unit tersebut sudah mendukung pengoperasian layar sentuh, Bluetooth, USB, bahkan pabrikan mengatakan perangkat tersebut “Made for iPod & iPhone”.

Honda Freed E juga punya fitur AC otomatis dan heater yang eksklusif hanya tersedia di varian ini.

Oiya, warna interior juga sedikit berbeda. Honda Freed E menggunakan material berwarna hitam sedangkan dua varian di bawahnya menggunakan warna ivory two tone.

Selebihnya, semua varian sudah dilengkapi sabuk pengaman tiga titik di setiap baris bangku, immobilizer, dan auto lock system dengan sensor kecepatan.

Dengan berbagai kelebihan yang dimilikinya, wajar jika Honda Freed E menjadi varian yang cukup banyak dicari. Walaupun dari segi harga jual angkanya lebih tinggi dibanding varian lain.

Harga Honda Freed

Tampilan Honda Freed S

Tampilan Honda Freed S (Foto: Laman Mobil Bekas Carmudi)

Menjelang akhir masa penjualannya, harga Honda Freed baru berada di angka Rp226,5 jutaan sampai 284,5 jutaan.

Di bawah ini Carmudian bisa melihat daftar harga baru Honda Freed ketika meluncur dengan status facelift pada pameran IIMS 2014:

  • Harga Honda Freed A – Rp226,5 juta
  • Harga Honda Freed S – Rp262,5 juta
  • Harga Honda Freed E – Rp284,5 juta

Tapi untuk saat ini jangan harap bisa membeli mobil ini di diler mobil baru Honda. Satu-satunya cara untuk memilikinya ialah lewat pasar mobil bekas.

Menengok laman mobil bekas Carmudi, jumlah Honda Freed bekas yang ditawarkan mencapai 200 unit lebih. Carmudian bisa mencari model yang harganya pas di kantong.

Tak ada salahnya melirik model tahun 2015 ke atas karena sudah mengalami perubahan kosmetik menjadi lebih modern.

Honda Freed E atau tipe tertinggi keluaran akhir masa produksi bisa ditemui dengan harga Rp170 jutaan sampai Rp180 jutaan untuk daerah Jabodetabek.

Jika bujet kurang mencukupi maka bisa menengok varian setingkat di bawahnya, yakni Honda Freed S. Di Jabodetabek varian ini terpantau memiliki harga pasaran Rp165 jutaan sampai Rp170 jutaan.

Sebelum membelinya, pastikan juga Carmudian memeriksa beberapa bagian mobil ini yang kerap bermasalah.

Dikutip dari salah satu forum pengguna, pada kondisi tertentu pintu geser Honda Freed suka menimbulkan bunyi. Baik untuk varian yang menggunakan pintu geser elektris atau manual.

Hal ini biasanya dikarenakan pinlock yang menempel di bodi atau pintu butuh penyetelan ulang agar posisinya kembali center. Selain itu, bisa juga karena karet-karet di pintu sudah tidak elastis lagi.

Demikian ulasan spesifikasi dan harga Honda Freed yang sampai saat ini masih menjadi MPV idola, walaupun unit barunya sudah tak dipasarkan lagi.

Baca Juga:

Penulis: Mada Prastya

Editor: Dimas

Mada Prastya

Bergabung sebagai penulis di Carmudi Indonesia sejak Februari 2021. Menyukai kendaraan roda dua karena simpel, cepat, dan memberi rasa kebebasan dalam berkendara. Email: [email protected]

Related Posts