Reviews

Spesifikasi dan Harga Hyundai Tucson, SUV Diesel Kencang yang Terlupakan

Spesifikasi dan harga Hyundai Tucson mengalami sedikit perubahan setelah mobil ini mengalami facelift pada 2020 lalu.

Saat itu, Tucson mengalami penyegaran tampilan sekaligus penambahan fitur yang diharapkan mampu menambah daya pikatnya untuk bersaing di segmen medium SUV.

Spesifikasi dan Harga Hyundai Tucson

(Foto: Carmudi)

Tucson facelift hadir menyapa konsumen Tanah Air ketika brand asal Korea Selatan tersebut masih beroperasi di bawah naungan PT Hyundai Mobil Indonesia (HMI).

Model yang diperkenalkan sejatinya masih merupakan Tucson generasi ketiga yang pertama kali meluncur tahun 2016.

Nah, pada model facelift ini, varian yang ditawarkan untuk pasar Indonesia jadi berkurang.

Sebelumnya konsumen mengenal Tucson dengan varian GLS dan XG, tapi untuk Tucson facelift hanya diluncurkan satu pilihan varian, yaitu GLS.

Walau begitu, pilihan mesin tetap ada dua; bensin dan turbo diesel yang sama-sama memiliki kapasitas 2.000 cc.

Spesifikasi dan Harga Hyundai Tucson

Tucson memiliki posisi yang cukup unik di pasar Indonesia karena nyaris tak punya lawan sepadan terutama untuk varian bermesin diesel.

Untuk varian bensin, Carmudian bisa menyandingkannya dengan Honda CR-V 2.000 cc. Kedua mobil memiliki kapasitas mesin dan jumlah bangku yang sama.

Tapi untuk varian diesel, Tucson sepertinya juga ingin masuk ke segmen SUV ladder frame, tapi dimensi mobil ini masih kalah jika dibanding Toyota Fortuner atau Mitsubishi Pajero Sport.

Terlepas dari hal tersebut, Tucson tetap menjadi pilihan yang menarik dengan tampilan yang modern, interior luas, dan fitur yang makin pas untuk konsumen Indonesia.

Karena itu, mari simak ulasan spesifikasi dan harga Hyundai Tucson terutama untuk model yang mengalami facelift pada 2020.

Hyundai Tucson Facelift

(Foto: Carmudi)

Eksterior Hyundai Tucson

Tucson facelift masih memperlihatkan siluet bodi yang mirip dengan versi sebelumnya. Perbedaan baru bisa ditemukan jika menyimak detail-detail pada bodi mobil ini.

Ambil contoh untuk grilnya yang sekarang punya lis horizontal lebih banyak. Gril tersebut pun masih mempertahankan bentuk segi enam, tapi garis yang mengarah ke bawah dibuat lebih cekung.

Di samping itu Tucson facelift juga memiliki nyala lampu dengan bentuk yang berbeda. Desain pelek kini digunakan juga menjadi lebih sederhana.

Beranjak ke bagian buritan, Carmudian juga akan melihat lampu belakang yang lebih membulat dibanding sebelumnya. Lampu belakang itu sendiri kini sudah menggunakan LED dari yang sebelumnya halogen.

Kemudian, karena Tucson facelift hadir dalam varian GLS, artinya konsumen tidak mendapatkan panoramic sunroof seperti yang dulu bisa ditemukan pada varian XG

Begitu juga dengan nasib power tailgate yang tak bisa ditemui pada varian ini.

Hal baru lainnya yang bisa ditemui pada eksterior, kini varian GLS sudah dilengkapi dengan lampu sein di kaca spion dan varian ini juga sudah mendapat fitur passive keyless entry.

Panjang4.475 mm
Lebar1.850 mm
Tinggi1.660 mm
Wheelbase2.670 mm
Radius Putar5,3 m
Sistem KemudiMotor Driven Power Steering (MDPS)
Suspensi DepanMacPherson Strut
Suspensi BelakangMulti-link
Rem DepanCakram Ventilasi
Rem BelakangCakram
Sistem RemABS, EBD, DBC, ESP
Ukuran Ban225/60 R17
Interior Hyundai Tucson

(Foto: Carmudi)

Interior Hyundai Tucson

Bukan hanya bagian luar mobil, interior Tucson juga mendapat sedikit revisi desain. Hal ini bisa Carmudian lihat pada layout dasbornya yang makin modern.

Pada model facelift ini Tucson juga menggunakan head unit 7 inci model floating mengikuti tren yang berkembangan.

Terlepas dari hal tersebut, Tucson merupakan salah satu SUV yang menawarkan posisi berkendara cukup baik.

Hal ini ditunjang beberapa hal, misalnya pengaturan lingkar kemudi tilting dan telescopic hingga sandaran kepala yang bisa diatur naik turun serta maju mundur.

Belum lagi pada model facelift ini varian GLS sudah mendapat pengaturan jok elektris 8 arah untuk sisi pengemudi. Ditambah lagi dengan pengaturan lumbar support 2 arah.

Intinya, Carmudian akan dengan mudah mendapatkan posisi berkendara yang sesuai dengan postur tubuh.

Kemudian bangku belakang Tucson juga terkenal memiliki busa yang cukup empuk.

Penumpang yang berada di atasnya pun bisa merasakan posisi duduk yang rileks karena pengaturan reclining yang sangat rebah.

Tak kalah penting adalah ruang kaki dan ruang kepala masih tersisa cukup banyak bahkan ketika orang dewasa duduk di belakang.

Untuk aspek keselamatan, Tucson facelift sudah dilengkapi dengan vehicle stability control, hill start assist, dan hill descent control.

Seandainya saja mobil ini juga dilengkapi rem parkir elektris atau setidaknya kamera 360 derajat seperti pada varian XG sebelum facelift pasti akan lebih memikat.

Mesin Hyundai Tucson

(Foto: Carmudi)

Spesifikasi Mesin Hyundai Tucson

Dalam ulasan spesifikasi dan harga Hyundai Tucson ini tentunya juga akan dibahas mengenai detail sumber tenaga yang digunakan. Walaupun secara garis besar tidak ada perubahan pada sektor mesin.

Tucson versi bensin menggunakan mesin NU 2.0 MPI D-CVVT yang memiliki kapasitas 1.999 cc. Mesin dengan konfigurasi 4-silinder tersebut bisa menghasilkan tenaga maksimum 155 hp dan torsi puncak 192 Nm.

Sedangkan bagi konsumen yang menginginkan performa lebih tinggi maka bisa melirik versi mesin dieselnya.

Untuk varian tersebut pabrikan masih mempercayakan mesin CRDi R 2.0 berkapasitas 1.995 cc yang juga dilengkapi dengan turbo.

Walau mesin ini juga sama-sama memiliki konfigurasi 4-silinder, tapi tenaga dan torsinya jauh lebih tinggi, yaitu 176 hp dan 400 Nm.

Baik versi bensin atau diesel tersedia dalam pilihan transmisi otomatis 8-kecepatan torque converter. Sedangkan tenaga mesin disalurkan ke roda depan.

Nah, pada model facelift ini varian GLS sudah memiliki fitur mode berkendara untuk memaksimalkan potensi yang dimiliki oleh mesinnya.

Adapun pilihan berkendara yang tersedia, meliput Comfort, Eco, dan Sport.

Spesifikasi Hyundai Tucson Bensin

MesinNU 2.0 MPI D-CVVT
Kapasitas 1.999 cc 4-silinder segaris
Tenaga Maksimum155 hp @ 6.200 rpm
Torsi Maksimum192 Nm @ 4.000 rpm
Kapasitas Tangki 62 liter
Sistem Penggerak Roda depan
Transmisi Otomatis 6-kecepatan

Spesifikasi Hyundai Tucson Diesel

MesinCRDi R 2.0
Kapasitas 1.995 cc 4-silinder segaris
Tenaga Maksimum176 hp @ 4.000 rpm
Torsi Maksimum400 Nm @ 1.750-2.750 rpm
Kapasitas Tangki 62 liter
Sistem Penggerak Roda depan
Transmisi Otomatis 6-kecepatan
Hyundai Tucson

(Foto: Carmudi)

Harga Hyundai Tucson

Hal terakhir yang akan dibahas dalam ulasan spesifikasi dan harga Hyundai Tucson kali ini tentunya terkait banderolnya.

Pada saat model facelift meluncur tahun 2020, Hyundai Tucson dipasarkan mulai dari angka Rp464 juta untuk versi bensin dan Rp520 juta untuk versi mesin diesel.

  • Harga Hyundai Tucson GLS Bensin AT Rp464.000.000
  • Harga Hyundai Tucson GLS Diesel AT Rp520.000.000

Perlu diingat angka tersebut adalah harga yang berlaku pada Januari 2020. Namun, saat ulasan ini dibuat pada September 2022, Tucson sudah tak bisa lagi ditemui di situs web Hyundai.

Harga Hyundai Tucson Bekas

(Foto: Laman mobil bekas Carmudi)

Sementara itu kalau melirik ke pasar mobil bekas, Hyundai Tucson generasi ketiga sebelum facelift bisa didapat dengan harga mulai Rp300 jutaan.

Contohnya adalah Tucson XG diesel kelahiran tahun 2019 seperti foto di atas. Opsi ini cukup menarik terutama bagi konsumen yang menginginkan fitur kemewahan seperti halnya panoramic sunroof.

Tapi jika ingin pilihan yang lebih terjangkau lagi maka bisa melirik Tucson keluaran 2015 ke bawah yang harga jualnya sudah menyentuh Rp150 jutaan sampai Rp175 jutaan.

Simak juga video review lengkap Hyundai Tucson persembahan Carmudi berikut ini:

Baca Juga:

Penulis: Mada Prastya

Editor: Dimas

Mada Prastya

Bergabung sebagai penulis di Carmudi Indonesia sejak Februari 2021. Menyukai kendaraan roda dua karena simpel, cepat, dan memberi rasa kebebasan dalam berkendara. Email: [email protected]

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *