Sepeda motor

Spesifikasi dan Harga Kawasaki H2, Motor Sport Sangar dengan Supercharger

Dilengkapi supercharger , spesifikasi Kawasaki H2 jelas sangat spesial, maka tak heran harga yang ditawarkan oleh produsen ke konsumen cukup tinggi.

Tenaga sepeda motor ini berani diadu dengan tunggangan para pembalap MotoGP. Tentu Kawasaki H2 sangat menggiurkan bagi bikers yang haus kecepatan dan berkantong tebal.

Spesifikasi dan Harga Kawasaki H2

(Foto: Kawasaki)

Kawasaki dikenal sebagai brand otomotif yang sangat berorientasi pada performa. Ada kalanya pabrikan yang bermarkas di Tokyo ini berkeinginan membuat sepeda motor dengan mesin 1.000cc yang bisa menghasilkan tenaga hingga 300 Hp.

Sebagai pembanding, mayoritas sepeda motor yang digunakan dalam balap MotoGP punya tenaga 250 Hp.

Tak kalah penting adalah sepeda motor tersebut harus bisa meminum bahan bakar yang tersedia di pasaran, sehingga bisa digunakan oleh banyak orang.

Dari situlah kemudian lahir Kawasaki H2R, sepeda motor hypersport dengan superchargeryang bisa diajak berlari hingga tembus kecepatan 400 Km/jam.

Punya tenaga sangat besar, penggunaannya hanya terbatas di lintasan sirkuit saja.

Tapi tenang, karena selain itu Kawasaki juga membuat versi road legal dari sepeda motor ini yang diberi nama, Kawasaki H2.

Varian inilah yang akan kita kupas lebih dalam.

Spesifikasi Mesin Kawasaki H2

(Foto: Kawasaki)

Spesifikasi dan Harga Kawasaki H2

Kawasaki H2 dan Kawasaki H2R pertama kali menampakkan diri ke hadapan publik pada 2014. Para penggemar Kawasaki pasti sudah tahu bahwa ini bukanlah pertama nama H2 digunakan.

Pada 1972, Kawasaki Heavy Industries pernah meluncurkan sepeda motor bermesin 750cc, 3 silinder dengan nama Kawasaki H2 Mach IV.

Mesin 2-tak tersebut bisa menghasilkan tenaga 74 Hp yang mampu membawa sepeda motor ini melaju dari posisi diam hingga 100 Km/jam dalam waktu 12 detik. Sedangkan kecepatan puncak mencapai 190 Km/jam.

Sejumlah publikasi menyebut, Kawasaki H2 Mach IV adalah sepeda motor dengan akselerasi paling kencang saat itu.

Hal ini tentunya mengukuhkan reputasi Kawasaki sebagai brand Jepang yang memang jago bikin motor-motor kencang.

Dari segi teknis, Kawasaki H2 Mach IV memang tak ada hubungan dengan Kawasaki H2 yang saat ini beredar.

Walau begitu para teknisi Kawasaki berusaha mempertahankan karakteristiknya.

Satoaki Ichi, Project Leader Kawasaki H2/H2R mengatakan dirinya menemui langsung beberapa pemilik Kawasaki H2 Mach IV.

Ia menggali hal apa saja yang disukai oleh para pemilik sepeda motor tersebut klasik tersebut, untuk selanjutnya diracik ulang agar bisa menjadi jauh lebih baik pada model yang dikembangkannya.

Spesifikasi Mesin Kawasaki H2

Keberadaan komponen superchargermenjadi kunci utama performa Kawasaki H2 dan Kawasaki H2R.

Kedua model ini sama-sama menggunakan mesin 4 silinder dengan kapasitas 998cc. Tetapi, khusus Kawasaki H2R, output yang bisa dihasilkannya memang lebih tinggi, yakni 326 Hp dan 165 Nm. Sementara pada Kawasaki H2 tenaganya dibatasi hanya sekuat 240 Hp dan 141,7 Nm.

Hal tersebut dilakukan lewat ECU mapping yang berbeda. Selain itu, keduanya juga memiliki perbedaan pada beberapa komponennya.

Menurut sejumlah sumber, Kawasaki memastikan ECU mapping Kawasaki H2R tidak bisa diterapkan pada Kawasaki H2.

Selain itu Kawasaki juga sangat berhati-hati menjual komponen suku cadang Kawasaki H2R untuk menghindari konversi dari varian road legal menjadi versi track use only tersebut.

Supercharge Kawasaki H2

(Foto: Wikimedia)

Mengenai perangkat supercharger itu sendiri, perusahaan yang indentik dengan warna hijau ini melakukan pengembangannya secara in-house atas bantuan divisi aerospace yang mereka miliki.

Pada dasarnya, fungsi supercharger untuk memasok udara dalam jumlah banyak ke mesin lewat bantuan turbin.

Berbeda dengan turbin pada turbocharger yang bekerja berdasarkan tekanan pada saluran pembuangan, turbin supercharger bekerja atas putaran mesin.

Oleh karena itu perangkat supercharger Kawasaki H2 terhubung ke kruk as lewat sebuah rantai dan step up gear.

Di sini step up gear bertugas melipatgandakan putaran kruk as menjadi lebih tinggi. Pada putaran mesin 14.000 rpm, misalnya, Step up gear bisa berputar sekira 2.000 rpm lebih cepat.

Hasilnya turbin bisa berputar hingga 130.000 rpm yang pada akhirnya menciptakan tekanan udara sangat besar masuk ke dalam mesin.

Harga Kawasaki H2 Indonesia

(Foto: Kawasaki)

Rangka dan Bodi

Diiposisikan sebagai sepeda motor road legal, maka bodi Kawasaki H2 memiliki kelengkapan berkendara yang sama dengan sepeda motor pada umumnya.

Di bagian depan H2 masih menggunakan kaca spion yang bentuknya sedikit mirip dengan winglet yang terdapat pada Kawasaki H2R.

Tapi sayangnya, Kawasaki H2 tidak menggunakan bodi atau fairing berbahan serat karbon seperti yang dimiliki varian track use only tersebut.

Bentuk fairing Kawasaki H2 sangat agresif dari depan sampai belakang.

Untuk rangkanya, Kawasaki menggunakan jenis teralis yang dibuat lebih ringan sekaligus tetap rigid.

Fakta menariknya, setiap pipa tabung yang digunakan pada rangka tersebut memiliki diameter yang berbeda-beda, untuk mencari karakteristik terbaik.

Bagian kaki-kaki sepeda motor ini juga terbilang unik. Kawasaki H2 menjadi salah satu motor yang menggunakan single sided swingarm.

(Foto: Kawasaki)

Jangan samakan single sided swingarm dengan swingarm skutik. Sebab, pada skutik komponen tersebut juga sekaligus berfungsi sebagai rumah transmisi.

Penggunaan single sided swingarm punya beberapa keuntungan, utamanya terkait perawatan, karena proses bongkar pasang roda belakang jadi lebih mudah.

Selain itu, swingarm semacam ini juga unggul dalam hal estetika, karena bikin tampilan motor jadi lebih sporty. Benar-benar sesuai dengan konsep Kawasaki H2 secara keseluruhannya.

Fitur Kawasaki H2

(Foto: Kawasaki)

Kawasaki H2 memiliki sederet fitur canggih yang mendefinisikannya sebagai sepeda motor super sport modern.

Sistem ABS, assist slipper clutch, dan quick shifter sudah menjadi standar pada sepeda motor sekelas Kawasaki H2.

Selain itu, pabrikan juga menghadirkan sejumlah fitur tambahan agar sepeda motor ini bisa dikendarai dengan lebih baik dan maksimal.

Contohnya adalah launch control yang berfungsi untuk membuat akselerasi lebih mulus dengan tenaga penuh. Kemudian, ada pengaturan traction control dan engine brake control yang mengatur seberapa kuat pengereman dari mesin.

Kawasaki H2 juga memiliki pengaturan seberapa besar boost yang dihasilkan supercharge-nya.

Tak cuma itu, H2 juga dibekali komponen-komponen kelas atas. Misalnya saja pada sektor kaki-kaki, di mana Kawasaki H2 mengandalkan suspensi belakang Ohlins yang full adjustable dan pengereman dari Brembo.

Kesimpulan Spesifikasi dan Harga Kawasaki H2

Berdasarkan informasi di laman web Kawasaki Indonesia, Juli 2021, H2 keluaran 2020 ditawarkan dengan harga Rp760 juta on the road (OTR) DKI Jakarta.

H2 tidak sendirian di kelas super sport 1.000cc. Salah satu rivalnya yang ada di Indonesia adalah Yamaha R1 yang dijual lebih murah, yakni Rp605 juta OTR Jakarta.

Melihat keunikan Kawasaki H2 sebagai salah sepeda motor yang menggunakan supercharger membuatnya pantas mendapat pertimbangan lebih besar.

Daftar Spesifikasi dan Harga Kawasaki H2

HargaRp760.000.000 (on the road DKI Jakarta)
Jenis mesin4 silinder, pendingin udara
Kapasitas mesin998 cc
Tenaga maksimum240 Hp @ 11.500 rpm
Torsi maksimum141,7 Nm @ 11.000 rpm
Diameter x langkah 76.0 x 55.0 mm
Perbandingan kompresi8.5:1
Pengapian Fuel injection: ø50 mm x4 with dual injection
Transmisi 6 kecepatan
Kopling Wet multi-disc, manual
Tipe rangka Teralis, high tensile steel
Suspensi depanTeleskopik inverted
Suspensi belakang Uni trak swingarm
Wheel travel depan120 mm
Wheel travel belakang 135 mm
Sudut putar 24.5° / 103 mm
Ukuran ban depan120/70ZR17M/C (58W)
Ukuran roda belakang200/55ZR17M/C (78W)
Rem depanCakram ganda
Rem belakangCakram tunggal
P x L X T2.085 x 770 x 1.125 mm
Wheelbase1.445 mm
Ground clearance130 mm
Tinggi tempat duduk825 mm
Bobot 238 kg
Kapasitas tangki17 liter

Baca Juga:

 

Penulis: Mada Prastya

Editor: Santo Sirait

Mada Prastya

Bergabung sebagai penulis di Carmudi Indonesia sejak Februari 2021. Menyukai kendaraan roda dua karena simpel, cepat, dan memberi rasa kebebasan dalam berkendara. Email: [email protected]

Related Posts