Reviews

Spesifikasi dan Harga Kijang Innova, MPV Idola dari Masa ke Masa

Spesifikasi dan harga Kijang Innova pastinya menjadi sejumlah faktor yang diperhatikan calon konsumen sebelum membelinya.

Terkait hal itu, Kijang Innova terbaru dipasarkan dengan banderol mulai dari Rp331,8 juta sampai Rp484,5 juta dengan pilihan mesin bensin 2.000 cc dan diesel 2.400 cc.

Spesifikasi dan Harga Kijang Innova

(Foto: Carmudi)

Di tengah makin banyaknya pilihan mobil Multi Purpose Vehicle (MPV), Kijang Innova tetap menjadi salah satu model favorit.

Wajar, namanya sudah cukup melekat di hati mayoritas orang Indonesia setelah lebih dari 40 tahun mengaspal sejak masih menggunakan nama Kijang saja.

Nama Innova itu sendiri baru muncul tahun 2004 ketika Toyota memasuki era Innovative International Multi-Purpose Vehicle (IMV). Lewat proyek ini pabrikan merancang Kijang Innova sebagai mobil penumpang sesungguhnya.

Bukan lagi menggunakan basis mobil komersial seperti halnya yang berlaku pada generasi-generasi sebelumnya. Hal ini otomatis membuat faktor kenyamanan Kijang Innova naik menuju kelas yang lebih tinggi.

Kijang Innova yang beredar saat ini telah memasuki generasi keenam. Pada akhir tahun 2020 lalu pabrikan melakukan penyegaran agar mobil ini tak kehilangan daya pikatnya.

Kemudian pada awal tahun 2021 sempat muncul model Limited Edition 50th Anniversary yang dibuat menggunakan basis Innova V Luxury bensin dan Venturer diesel.

Eksterior Belakang Toyota Kijang Innova

(Foto: Carmudi)

Carmudi sempat mencoba varian diesel model edisi terbatas ini dan mendapat impresi yang mengesankan.

Terlepas dari statusnya sebagai edisi terbatas yang hanya dibuat 50 unit, mobil ini memberi rasa mantap ketika dikendarai.

Kepuasan tak berhenti sampai di situ saja, melainkan juga saat memposisikan diri sebagai penumpang di bangku tengah.

Beberapa model Kijang Innova termasuk Venturer dibekali jok captain seat yang keberadaannya dapat memanjakan penumpang di baris kedua.

Belum lagi ditambah fitur-fitur hiburan, seperti halnya layar monitor untuk penumpang belakang dan ambient light yang bikin kabin terasa roomy.

Faktor akomodasinya masih ditunjang area kargo yang luas karena bangku baris ketiga bisa dilipat ke atas. Dan secara keseluruhan ruang kabinnya pun terasa lega.

Spesifikasi Kijang Innova Bensin dan Diesel

Mesin 2GD Toyota Kijang Innova

(Foto: Carmudi)

Seperti itulah sekilas impresi mengendarai mobil ini, tapi sekarang kami akan menjabarkan spesifikasi Kijang Innova yang dapat dibagi menjadi dua jenis mesin.

Sejak lama Toyota Innova tersedia dalam pilihan mesin bensin dan diesel.

Sudah bukan rahasia lagi, varian mesin diesel adalah pilihan favorit karena tenaga dan tingkat konsumsi bahan bakarnya yang lebih irit.

Untuk generasi yang sekarang beredar menggunakan mesin diesel 2GD-FTV. Mesin tersebut memiliki kapasitas 2.393 cc 4-silinder DOHC. Mesin dengan teknologi VNT Intercooler tersebut memiliki tenaga puncak 146,9 hp dan torsi puncak 359,9 Nm.

Torsi tersebut cukup besar jika dibandingkan dengan varian mesin bensin. Hal tersebut menjadi salah satu alasan varian diesel terasa sangat unggul dalam hal performa. Bukan hanya di atas kertas, tapi juga ketika digunakan.

Performa Toyota Kijang Innova

(Foto: Carmudi)

Adapun spesifikasi varian bensin dilengkapi mesin 1TR-FTV 4-silinder DOHC yang memiliki kapasitas 1.998 cc. Mesin ini sudah digunakan sejak awal kali Kijang Innova hadir tahun 2004.

Pabrikan sempat melakukan penyempurnaan melalui penyematan teknologi Dual VVT-i demi membantu konsumsi bahan bakarnya menjadi lebih baik. Adapun tenaga tertinggi dari mesin bensin ini adalah 137 hp dengan torsi puncak 183,3 Nm.

Baik mesin diesel atau bensin tersedia dalam pilihan transmisi otomatis 6-kecepatan yang turut dilengkapi dengan Sport Sequential Switchmatic sebagai simulasi perpindahan gigi selayaknya transmisi manual.

Di samping itu, kedua varian mesin tentunya juga tersedia dalam pilihan transmisi manual 5-kecepatan.

Spesifikasi Mesin Kijang Innova Diesel

Mesin2GD FTV 4-silinder DOHC VNT Intercooler
Kapasitas 2.393 cc
Diameter x langkah92.0 x 90.0 mm
Tenaga maksimum146,9 hp @ 3.400 rpm
Torsi maksimum 359,9 Nm @ 1.200-2.600 rpm
Sistem bahan bakarInjeksi common rail
TransmisiAT 6-kecepatan / MT 5-kecepatan

Spesifikasi Mesin Kijang Innova Bensin

Mesin1TR-FTV 4-silinder DOHC Dual VVT-i
Kapasitas 1.998 cc
Diameter x langkah86,0 x 86,0 mm
Tenaga maksimum137 hp @ 5.600 rpm
Torsi maksimum 183,3 Nm
Sistem bahan bakarInjeksi
TransmisiAT 6-kecepatan / MT 5-kecepatan

Fitur Toyota Innova

Interior Toyota Kijang Innova

(Foto: Carmudi)

Belum lengkap rasanya jika ulasan mengenai spesifikasi dan harga Kijang Innova ini tak sekaligus membahas fitur-fiturnya.

Mulai dari sisi keselamatan terlebih dahulu. Semua bangku sudah dilengkapi dengan sabuk pengaman tiga titik.

Kijang Innova pun memiliki dual airbag ditambah knee air bag. Namun, kalau Carmudian ingin tingkat keselamatan lebih tinggi maka bisa memilih tipe Venturer.

Pasalnya, Venturer juga dilengkapi dengan side airbag dan curtain shield airbag selain dua jenis airbag seperti yang terdapat pada Kijang Innova.

Sementara itu, Vehicle Stability Control (VSC), Hill Start Assist (HSA), ABS + EBD, dan Isofix bisa ditemui pada Kijang Innova ataupun Venturer.

Di dalam kabinnya sendiri Carmudian akan menjumpai head unit berukuran 9 inci untuk Kijang Innova varian V, V Luxury, dan Vaneturer.

Pada facelift tahun 2020, head unit ini mendapat penambahan fitur berupa sistem koneksi Near Field Communication (NFC) yang dapat digunakan untuk membaca sisa saldo pada kartu e-Money Mandiri.

Kemudian khusus Kijang Innova varian V, V Luxury, dan Venturer pun sudah dilengkapi dengan AC auto. Begitu juga dengan integrated air purifier, ambient light, dan rear seat entertainment berupa layar lipat yang berada di konsol tengah.

Seandainya Carmudian mengincar keberadaan jok model captain seat maka pastikan untuk memilih varian Luxury atau Venturer. Di luar varian ini jok yang digunakan pada baris bangku kedua adalah model biasa.

Captain Seat Toyota Innova Venturer

(Foto: Carmudi)

Terakhir untuk sisi eksterior. Di bagian ini ada beberapa kesamaan antara Kijang Innova V, V Luxury, dan Venturer. Misalnya lampu depan LED proyektor dan garnish plat nomor belakang,

Namun, seluruh varian Kijang Innova menggunakan pelek berukuran 16 inci. Sedikit lebih kecil jika dibandingkan dengan milik Venturer yang menggunakan pelek 17 inci.

Varian ini memang diposisikan sebagai Kijang Innova versi lebih tangguh. Hal itu juga divisualisasikan melalui desain body kit yang lebih terasa seperti mobil Sport Utility Vehicle (SUV).

Harga Toyota Innova dan Venturer

Harga Toyota Innova

(Foto: Carmudi)

Poin terakhir pada ulasan spesifikasi dan harga Kijang Innova ini tentunya adalah banderol mobil itu sendiri.

Informasi di situs web PT Toyota Astra Motor (TAM) per September 2021 menunjukkan Toyota Innova dipasarkan mulai dari angka Rp331,8 juta sampai Rp431,4 juta. Kemudian untuk Venturer memiliki rentang harga Rp426,6 juta sampai Rp484,5 juta.

Tak sedikit konsumen yang masih terjebak pemikiran kuno bahwa Kijang adalah mobil murah dulunya. Maka itu ketika dihadapkan pada harga Kijang Innova saat ini yang tembus di atas Rp400 juta berpikir terlampau tinggi.

Padahal mobil ini sudah berevolusi secara total menjadi MPV yang jauh lebih baik. Bukan hanya pada segi kenyamanan, tapi juga platform yang digunakan dan tentu performanya.

Informasi selengkapnya mengenai daftar harga Kijang Innova sekaligus Venturer bisa Carmudian simak pada tabel di bawah ini.

Harga Toyota Kijang Innova

Kijang Innova 2.0 G MT BensinRp331,8 juta
Kijang Innova 2.0 G MT Bensin LuxuryRp337,8 juta
Kijang Innova 2.0 G AT BensinRp350,9 juta
Kijang Innova 2.0 G AT Bensin LuxuryRp356,9 juta
Kijang Innova 2.0 V MT BensinRp378,9 juta
Kijang Innova 2.0 V MT Bensin LuxuryRp384,9 juta
Kijang Innova 2.0 V AT BensinRp397,6 juta
Kijang Innova 2.0 V AT Bensin LuxuryRp403,6 juta
Kijang Innova 2.4 G MT DieselRp361,6 juta
Kijang Innova 2.4 G AT DieselRp382 juta
Kijang Innova 2.4 V MT DieselRp412,5 juta
Kijang Innova 2.4 V AT DieselRp431,4 juta

Harga Toyota Kijang Innova Venturer

Venturer 2.0 MT BensinRp426,6 juta
Venturer 2.0 AT BensinRp445,8 juta
Venturer 2.4 MT DieselRp463,9 juta
Venturer 2.4 AT DieselRp484,5 juta

Harga berlaku on the road DKI Jakarta dan dapat berubah sewaktu-waktu.

Baca Juga:

Penulis: Mada Prastya

Editor: Dimas

Mada Prastya

Bergabung sebagai penulis di Carmudi Indonesia sejak Februari 2021. Menyukai kendaraan roda dua karena simpel, cepat, dan memberi rasa kebebasan dalam berkendara. Email: [email protected]

Related Posts