Home » Sepeda motor » Spesifikasi dan Harga Motor Off Road Kawasaki KLX 150 Terbaru

Spesifikasi dan Harga Motor Off Road Kawasaki KLX 150 Terbaru

Kawasaki KLX 150
Tampilan Kawasaki KLX 150 BF . Foto/ KMI

Jakarta – Setelah merilis Kawasaki Athlete Pro secara diam-diam, PT Kawasaki Motor Indonesia (KMI) kembali meluncurkan unit sepeda motor yang dikenal sebagai ‘raja’ motor adventure di Tanah Air, yaitu Kawasaki KLX 150 generasi terbaru. Ini merupakan versi facelift dari generasi sebelumnya. Mendapatkan pembaruan yang lebih segar, KLX 150 ini terlihat lebih agresif dan gagah jika dibandingkan dengan model sebelumnya.

Seperti diketahui, Kawasaki KLX terkenal dengan ketangguhannya dalam melalui berbagai medan jalan, baik on road maupun off road. Motor ini pun didatangkan secara utuh alias CBU (Completely Built Up) dari negara asalnya, Jepang. Ini yang menjadi alasan harga Kawasaki KLX 150 termasuk cukup mahal. Untuk mesinnya sendiri, KLX 150 masih mengandalkan mesin SOHC 2 katup dengan kubikasi 150 cc.

Salah satu pembaruan pada motor besutan Kawasaki tersebut adalah terdapat headlamp baru. Sehingga tidak hanya terlihat semakin stylish, tampilan KLX 150 terbaru ini juga terlihat semakin gahar. Tidak hanya itu saja, motor tersebut juga sudah memiliki bentuk muffler atau knalpot baru. Sehingga, kesan adventure pada Kawasaki KLX 150 terbaru semakin terlihat.

Spesifikasi Kawasaki KLX 150 Terbaru

Dimensi Kawasaki KLX 150 terbaru. Foto/Kawasaki

Dimensi Kawasaki KLX 150

Pada bagian dimensi, Kawasaki KLX 150 terbaru memiliki ukuran panjang 2080 mm, lebar 770 mm, dan tinggi 1145 mm, serta bobot sebesar 115 kg dan jarak antar sumbu roda sepanjang 1340 mm. Pihak Kawasaki masih mempertahankan basis KLX generasi lama pada bentuk rangka KLX 150 terbaru ini.

Di sisi lain, ukuran motor tersebut merupakan dimensi standar untuk sebuah sepeda motor tipe off road. Sehingga, KLX 150 ini dapat melewati berbagai medan jalan off road dengan nyaman dari medan tanah hingga bebatuan. Selain itu, dimensi sepeda motor tersebut masih menggunakan bentuk tangki tipis yang menjadi ciri khas motor trail pada umumnya. Tangki pada KLX 150 dapat menampung bahan bakar sebesar 7 liter.

Mesin Kawasaki KLX 150

Pada bagian mesin, pihak Kawasaki masih mengandalkan basis mesin KLX 150 generasi sebelumnya pada model terbarunya. Yaitu, mesin SOHC 2 katup berkapasitas 150 cc. Selain itu, sepeda motor ini juga masih mengandalkan karburator Keihin CV24 dan sistem pengapian Digital DC-CDI, serta pendingin udara pada mesinnya.

Di sisi lain, mesin yang dibenamkan pada KLX 150 terbaru dapat mengeluarkan daya maksimal hingga 8,6 Kw. Ini setara dengan 11,7 Ps pada putaran mesin 8000 Rpm. Tidak hanya itu saja, komposisi mesin pada sepeda motor Kawasaki ini juga dapat mengeluarkan torsi maksimal hingga 12 Nm pada 6.500 Rpm.

Meski dapur pacunya masih mengandalkan karburator, Kawasaki KLX 150 sudah menggunakan mesin yang memenuhi standar Euro 3.

Speedometer Kawasaki KLX 150

Selain mesin,  pihak Kawasaki tetap mempertahankan bentuk speedometer yang sederhana namun tetap fungsional untuk mengetahui kondisi KLX 150 ini. Terdapat berbagai panel indikator yang cukup lengkap. Antara lain, indikator lampu, indikator kecepatan, dan indikator penunjuk jarak tempuh.

Dibandingkan dengan model sebelumnya, bentuk speedometer pada KLX 150 terbaru sedikit lebih sempit. Namun, tidak berpengaruh pada fungsi utamanya.

Di sisi lain, juga terdapat tambahan berupa indikator penunjuk bahan bakar minyak (BBM). Indikator tersebut pastinya sangat berguna saat motor ini dibawa berkendara. Sebagai informasi, model lawas Kawasaki KLX 150 tidak disematkan panel indikator BBM.

Suspensi Kawasaki KLX 150

Perlu diketahui, hal yang membedakan masing-masing varian Kawasaki KLX 150 terbaru adalah bagian kaki-kakinya. Untuk KLX 150 varian standar, pihak Kawasaki menyematkan suspensi teleskopik standar di bagian depan. Sedangkan pada bagian belakang, disematkan suspensi unitrack swing-arm.

Di bagian rodanya sendiri, KLX 150 varian ini mengandalkan velg berukuran 19 inci di bagian depan dan velg 16 inci di bagian belakang. Di sisi lain, KLX 150 varian BF memiliki ukuran kaki-kaki lebih lebar yang memang dibuat khusus untuk melalui medan jalan berat.

Varian Kawasaki ini telah dibekali dengan kaki-kaki depan yang mengandalkan velg berukuran 21 inci. Serta, velg berukuran 18 inci untuk kaki-kaki belakang yang dibalut dengan ban berukuran lebih lebar dibandingkan dengan KLX 150 versi standar.

Selain itu, untuk Kawasaki KLX 150 varian Special Edition (SE), sudah menggunakan upside down. Sehingga, motor tersebut terlihat gahar dan memiliki handling yang handal.

Di bagian pengereman, masing-masing varian KLX 150 terbaru ini telah dibekali dengan sistem pengereman yang sama. Yaitu, rem cakram berukuran 240 mm di bagian depan. Sedangkan pada bagian belakang, mengandalkan rem cakram 190 mm.

Desain Kawasaki KLX150

Dari segi desain, Kawasaki KLX 150 terbaru telah mengusung desain terbaru yang membuat sepeda motor tersebut terlihat semakin gahar. Ini bisa dilihat pada headlamp-nya yang berbentuk lebih sipit dibandingkan dengan model sebelumnya. Selain itu, headlamp-nya yang berbentuk lebih kecil dan visor sedikit lebar membuat tampang KLX 150 terbaru juga terlihat lebih stylish untuk ukuran sepeda motor off road.

Di sisi lain, pembaruan yang dilakukan pada KLX 150 terbaru ini terlihat pada bagian shroud-nya yang runcing. Dengan adanya pembaruan tersebut, motor ini terlihat semakin agresif. Selain itu, pihak Kawasaki telah mengubah tampilan tail dan lampu sein pada bagian belakang KLX 150 baru. Keduanya memiliki bentuk yang lebih sederhana dibandingkan dengan bentuk sebelumnya pada KLX 150 model lawas.

Tidak ketinggalan, pembaruan juga terlihat pada bagian muffler atau knalpot yang didesain baru. Sehingga, Kawasaki KL 150 terbaru ini terlihat benar-benar gahar untuk ukuran motor off road.

Fitur Kawasaki KLX 150

Untuk bagian fitur, pihak Kawasaki sebenarnya tidak menyematkan banyak fitur baru dan canggih pada KLX 150 terbaru. Hal ini mengingat motor tersebut merupakan sepeda motor tipe off road yang lebih mementingkan performa mesin dan daya tahan rangkanya.

Namun, KLX 150 baru tetap mendapatkan beberapa komponen tambahan untuk memberikan kenyamanan dan keamanan yang sempurna bagi pengguna motor ini. Indikator bahan bakar menjadi fitur tambahan yang sangat bermanfaat. Seperti dijelaskan sebelumnya, fitur tersebut belum disematkan pada model lama KLX 150.

Dengan adanya fitur tersebut, Carmudian bisa membawa motor ini dengan nyaman dan aman karena dapat mengetahui sisa bahan bakar yang ada di dalam tangki motor. Tidak hanya itu saja, terdapat fitur baru yang turut disematkan pada KLX 150 terbaru, yaitu suspensi Upside Down. Fitur tersebut diklaim dapat memberikan handling yang handal saat menerjang medan jalan yang penuh bebatuan sekali pun. Namun sayangnya, fitur ini hanya ada ada pada KLX 150 terbaru varian SE.

Harga Kawasaki KLX 150 Baru

Harga Kawasaki KLX 150 baru. Foto/Kawasaki

Pihak Kawasaki telah merilis beberapa varian pada KLX 150 terbaru ini, yaitu KLX 150 varian standar, KLX 150 varian BF, KLX 150 BF SE, dan KLX 150 BF SE (X-TREME) sebagai varian termahal. Harga jual sepeda motor ini berkisar mulai dari Rp 30,7 juta hingga Rp 37,3 juta.

Berikut daftar harga Kawasaki KLX 150 baru on the road (OTR) Jakarta :

  • KLX 150 Rp 30.700.000
  • KLX 150 BF Rp 34.600.000
  • KLX150 BF SE Rp 36.800.000
  • KLX150 BF SE (X-TREME) Rp 37.300.000

Penulis: Nadya

Editor: Lesmana

Previous post
Virus Corona Belum Juga Reda, Ferrari Perpanjang Masa Penutupan Pabrik
sim keliling
Next post
Layanan SIM di Surabaya Juga Dihentikan Mulai 31 Maret 2020