Mobil

Spesifikasi dan Harga Toyota Kijang Super Bekas, Mulai Rp35 Jutaan

Spesifikasi dan harga Toyota Kijang Super. (Foto: tribun)

Jakarta – Toyota Kijang merupakan salah satu mobil legenda yang sangat dicintai oleh para konsumen di Indonesia. Pada 1986, generasi ketiga mobil tersebut diperkenalkan dengan nama Kijang Super.

Mungkin ada yang penasaran, berapa harga Toyota Kijang Super bekas saat ini?

Toyota Kijang pertama kali diperkenalkan di Indonesia pada 1975 silam. Saat itu, mobil ini dikenal sebagai “Kijang Kotak” karena bentuk mobilnya yang boxy dan sederhana.

Selain itu, ada juga yang menyebutnya sebagai ‘Kijang Buaya’ atau ‘Bajul’, serta ‘Kijang Doyok’ karena bentuk moncongnya. Memasuki generasi ketiga, Toyota Kijang diperkenalkan dengan model short wheelbase (KF40 series) dan long wheelbase (KF50 series).

Toyota Kijang Super ini bisa dibilang merupakan titik balik perubahan konsep dasar Kijang, dimana awalnya adalah kendaraan niaga menjadi mobil penumpang.

Baca Juga:

Carmudi telah rangkum spesifikasi Toyota Kijang Super yang dilansir dari berbagai sumber serta harganya sebagai berikut.

Spesifikasi Toyota Kijang Super

Mesin Toyota Kijang Super

Mesin Kijang Super. (Foto: gridoto)

Toyota Kijang Super dibenamkan mesin tipe 5K berkapasitas 1.486 cc, 4 silinder, SOHC, Advance Super Response Engine, OHV. Mesin tersebut dapat mengeluarkan tenaga sebesar 61,5 hp pada putaran mesin 5.600 rpm dan torsi maksimal 110,8 Nm pada putaran 2.800 rpm.

Untuk transmisinya sendiri, mobil ini mengandalkan transmisi manual 5 percepatan. Sebagai informasi, Kijang Super menjadi mobil Kijang pertama yang menggunakan transmisi tersebut.

Hal ini bertujuan untuk memberikan kenyamanan secara maksimal bagi pengguna mobil ini. Kijang Super dapat dibawa berkendara dengan halus di jalan bebas hambatan, serta bertenaga di jalan tanjakan meski sedang mengangkut barang cukup banyak.

Mobil tersebut sudah disematkan suspensi-suspensi yang handal dan mumpuni, yakni suspensi Dual Wishbone pada bagian depan dan Leaf Spring di bagian belakang.

Eksterior Toyota Kijang Super

Eksterior Kijang Super. (Foto: tribun)

Dari segi dimensi, Toyota Kijang Super memiliki ukuran panjang 4.290 mm, lebar 1.620 mm, dan tinggi 1.775 mm, serta ground clearance atau jarak terendah ke tanah 165 mm.

Jika melihat tampilan depan mobil ini, terlihat adanya pembaruan yang terlihat signifikan dibandingkan dengan generasi sebelumnya.

Bentuknya sudah tidak lagi boxy ataupun kaku dengan adanya sudut-sudut yang terkesan menarik. Terlihat garis-garis bodi yang dibuat menyambung dari depan hingga belakang.

Selain itu, aerodinamika mobil ini diperbaiki. Nilai Cd (Coefficient of Drag) turun menjadi 0,45. Beralih ke bagian samping, Kijang Super berkode sasis KF50 memiliki bodi yang lebih panjang 20 cm jika dibandingkan Kijang Super dengan kode sasis KF 40.

Sebagai informasi, sasis mobil ini ditawarkan dalam model minibus atau pikap. Untuk pintu penumpang belakang, hanya disematkan di bagian kiri.

Pada bagian buritan, pintu belakang Kijang Super mengusung model swing yang berukuran tiga per empat dari lebar mobil tersebut.

Pintu belakang dengan model ini memang didesain membuka ke samping (swing). Namun, pintu tersebut memiliki kekurangan, yaitu akses masuk dan keluar yang kurang luas karena ukurannya tidak terlalu lebar.

Interior

Sama seperti eksteriornya, interior Toyota Kijang Super turut mengalami beberapa pembaruan. Kijang ini telah dilengkapi dasbor berbahan plastik dengan bentuk lebih baik jika dibandingkan model sebelumnya yang masih mengandalkan bahan besi.

Dasbor tersebut berwarna coklat dan sudah dilengkapi dengan laci tertutup. Pada bagian kursi, dua kursi di bagian depan dilengkapi dengan mekanisme pengaturan sliding serta reclining, sehingga pengemudi dan penumpang mobil ini bisa mendapatkan posisi berkendara yang nyaman.

Selain itu, kedua kursinya juga dapat digeser untuk mendapatkan akses ke bangku di baris kedua dengan mudah. Sebagai mobil MPV (Multi Purpose Vehicle), kursi pada baris tengah dan belakang Kijang Super bisa dilipat untuk memberikan kapasitas bagasi yang lebih luas.

Meski ruang gerak pada baris kedua leluasa, namun kursinya tidak dapat diatur kerebahan sandarannya. Hal ini juga berlaku pada kursi di baris ketiga yang masih mengandalkan model berhadapan atau commando seperti di kendaraan angkutan umum.

Kijang Super memang memiliki daya angkut penumpang yang cukup banyak, tapi untuk akses masuk ke baris ketiga, cukup sulit.

Di sisi lain, mobil ini memiliki kapasitas bagasi yang cukup luas. Pengguna Kijang Super dapat menaruh barang bawaan di bagasi mobilnya dalam jumlah banyak atau sesuai kebutuhan.

Namun, model pintunya yang mengusung model swing membuat akses untuk menaruh barang di bagasi mobil ini terbatas.

Fitur

Toyota Kijang Super tidak dibekali dengan berbagai fitur yang canggih. Bahkan, mobil ini belum dilengkapi dengan AC (Air Conditioner) sebagai fitur kenyamanan standar.

AC hanya sebagai opsional pada Kijang Super dan biasanya dipasang oleh diler jika ada konsumen yang memintanya.

Sebagai informasi, AC yang digunakan mobil tersebut menggunakan merek Thermo King atau Denso dengan blower utama dipasang di bagian bawah dasbor mobil.

Di sisi lain, beberapa posisi pada Kijang ini disesuaikan untuk mendapatkan distribusi bobot yang lebih baik. Misalnya, seperti tangki bahan bakarnya yang dipindahkan ke bagian belakang dan diapit kedua pegas daun.

Selain itu, untuk posisi ban serep Kijang Super, berada di bagian kiri di bawah bangku kursi penumpang depan.

Namun sayangnya, ban serep ini mudah kotor karena tidak ada cover pelindungnya. Perlu diketahui, Toyota Kijang Super merupakan mobil yang sangat jadul, sehingga jangan berharap terdapat fitur hiburan canggih di mobil ini seperti MID (Multi Information Display).

Di sisi lain, Kijang Super sudah dilengkapi dengan panel instrumen yang sangat berguna bagi pengemudi untuk mengetahui berbagai informasi penting, mulai dari informasi odometer, spidometer, serta temperatur dengan warna latar berwarna kuning.

Warna latar tersebut menjadi tren pada masanya. Tidak ketinggalan, Toyota Kijang ini sudah disematkan fitur keselamatan standar berupa seatbelt pada kursi depan.

Harga Toyota Kijang Super Bekas

Harga Kijang Super. (Foto: gridoto)

Jika melihat review spesifikasi Toyota Kijang Super di atas, tidak heran jika mobil tersebut memiliki harga yang sangat terjangkau saat ini.

Maklum, Kijang Super sudah ada di Indonesia sejak 1986. Mobil ini mempunyai desain yang sederhana serta belum dibekali berbagai fitur canggih dan lengkap.

Dilansir dari berbagai situs jual mobil bekas, harga Toyota Kijang Super Rp35 hingga 50 jutaan.

Kelebihan dan Kekurangan Toyota Kijang Super

Toyota Kijang

Kijang Super, mobil keluaga favorit. (Foto: Istimewa)

Bagi yang tertarik untuk membeli Toyota Kijang Super, tidak ada salahnya untuk mengetahui lebih dulu kelebihan serta kekurangan mobil tersebut.

Berikut ini adalah kelebihan dan kekurangan yang dimiliki Toyota Kijang Super.

Kelebihan

  • Konsumsi bahan bakar irit meski mesinnya karburator.
  • Ruang kabin berukuran cukup luas.
  • Mesin responsif pada putaran bawah.
  • Tampilan tangguh.
  • Sudah dilengkapi panel instrumen yang informatif.
  • Harga bekasnya sangat terjangkau.

Kekurangan

  • AC hanya menjadi opsional.
  • Suara mesin cukup bising.
  • Fitur keselamatan hanya seatbelt yang disematkan di kursi depan.
  • Peredam kabin cukup buruk.

 

Penulis: Nadya Andari

Editor: Dimas

Nadya Andari

Memulai karir sebagai Content Writer di Carmudi Indonesia sejak awal tahun 2019. Lulusan Desain Komunikasi Visual yang suka sekali menulis, seperti cerpen, artikel, dan sebagainya.
Follow Me:

Related Posts