Mobil

Spesifikasi dan Harga Toyota Rush 2020, Mulai Rp250 Jutaan

All new Rush

Toyota All New Rush. (Foto: Carmudi)

JakartaToyota Rush mendapatkan pembaruan pada 2017 lalu. Mobil SUV (Sport Utility Vehicle) generasi kedua ini banyak diminati oleh konsumen di Indonesia. Harga Toyota Rush terbaru dinilai cukup terjangkau, yaitu di bawah 300 juta untuk semua varian.

Toyota Rush terbaru sudah mengusung desain eksterior yang lebih sporty dan stylish. Selain itu, mobil ini juga memiliki desain interior yang mewah dengan dibekali berbagai fitur cukup lengkap dan canggih.

Sebagai informasi, Toyota Rush dan Daihatsu Terios dikembangkan oleh engineer serta desainer asal Indonesia dan Jepang yang dikomandoi Eiji Fujibayashi selaku Chief Engineer Toyota Rush.

Pada generasi pertama, Toyota Rush menggendong ban serep di pintu belakang atau sering disebut konde. Desain ini dinilai menjadi salah satu ciri khas mobil SUV yang tren di tahun 80 hingga 2000-an.

Rush kini tidak lagi menggunakan ban serep di pintu belakang. Ban tersebut dipindahkan ke kolong belakang mobil untuk memperluas ruang kabin. Carmudi rangkum spesifikasi lengkap dan harga Toyota Rush Terbaru 2020 sebagai berikut.

Spesifikasi Toyota Rush 2020

Mesin

Toyota Rush terbaru diklaim menggunakan mesin yang handal dan mumpuni. Mobil ini memiliki mesin 2NR-VE 4 berkapasitas 1.496cc, silinder 16 katup, DOHC Dual VVT-i.

Mampu mengeluarkan tenaga maksimal sebesar 102,5 Hp pada 6.000 Rpm dan torsi maksimum 136,3 Nm pada 4.200 Rpm. Di sisi lain, Rush terbaru memiliki dua tipe transmisi, yaitu transmisi manual 5 percepatan dan 4 percepatan otomatis.

Untuk membuat konsumsi bahan bakarnya jadi lebih irit dan efisien, pihak Toyota telah membenamkan sistem electronic fuel injection pada mobil ini.

Dengan adanya sistem tersebut, mesin Toyota Rush terbaru tidak hanya handal dan irit konsumsi bahan bakar, tetapi juga ramah lingkungan.

Tidak ketinggalan, Rush terbaru sudah menggunakan suspensi mumpuni. Mobil tersebut mengandalkan suspensi MacPherson Strut with Coil Spring and Stabilizer pada bagian depan, serta suspensi 5 Link Lateral Rod with Coil Spring and Stabilizer di bagian belakang.

Eksterior

Toyota Rush

Toyota Rush generasi baru meluncur. (Foto: Carmudi)

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, Toyota Rush terbaru memiliki tampilan atau eksterior yang terlihat stylish, sporty, serta elegan.

Dari segi dimensi, mobil SUV ini memiliki ukuran panjang 4.435 mm, lebar 1.695 mm, tinggi 1.705 mm, serta wheelbase atau jarak poros roda 2.685 mm.

Pada bagian depan, terdapat headlamp berbentuk sipit dan menyudut runcing yang terkesan modern. Turut disematkan teknologi Advanced Tech LED Headlamp yang dapat memberikan penerangan cahaya maksimal saat melalui jalanan yang gelap ataupun berkabut.

Di sisi lain, terdapat gril yang mengusung desain dashing dark berlapis krom sehingga tampilan wajah Rush terbaru semakin terlihat garang.

Selain itu, terdapat juga Tough Front TRD Underguard dengan fog lamp atau lampu kabut di bagian atasnya untuk melindungi pengemudi secara maksimal selama berkendara.

Pada bagian samping, Rush terbaru memiliki lekukan atau garis cukup tegas berupa Striking Side Moulding yang memberikan kesan ‘berotot’.

Tidak hanya itu, terdapat handle door yang sudah mengusung smart entry sehingga pengguna mobil ini bisa membuka dan mengunci mobilnya secara lebih mudah.

Tidak ingin kalah dengan lampu depan, bagian belakang Rush terbaru sudah dilengkapi dengan lampu Integrated LED Rear Combination berdesain cutting edge, serta stop lamp atau lampu rem.

Kedua lampu tersebut diklaim dapat memberikan penerangan yang maksimal seperti lampu depan. Tidak ketinggalan, disematkan fitur Sturdy Rear TRD Underguard untuk memberikan perlindungan pada bodi mobil bagian belakang.

Secara keseluruhan, Toyota Rush terbaru memang memiliki desain eksterior yang sporty dan stylish, sehingga tidak heran jika mobil ini termasuk salah satu mobil SUV yang banyak diincar di Indonesia.

Interior

Interior Toyota Rush terbaru memiliki desain yang juga terlihat stylish dan modern. Pada bagian depan, dasbor mobil sudah mengusung konsep ‘Distinctive Soft Touch’, dimana konsep tersebut mengedepankan desain mobil yang premium, modern, serta dinamis.

Selain itu, dasbor mobil ini sudah dilengkapi dengan fitur cukup canggih, seperti salah satunya adalah head unit seluas 7 inci dengan berbagai fitur hiburan cukup lengkap.

Terdapat DVD AVX with internet, Multitasking Support (Miracast/Weblink with Radio/USB/CD), Ipod and iPhone Connectivity, Smartphone Remote App, Waze Support, serta Bluetooth.

Di sisi lain, pada bagian bawah head unit terdapat fitur Auto A/C with Digital Display yang dapat membuat ruang kabin Rush terbaru ini jadi sejuk dan dingin secara stabil.

Tidak hanya itu saja, Rush terbaru juga sudah dilengkapi dengan Stunning Combination Meter pada bagian speedometer. Berbagai informasi yang berkaitan dengan kondisi mobil ini ditampilkan dalam bentuk digital dengan tatanan rapi dan menarik.

Informasi-informasi yang ditampilkan seperti rpm meter, tachometer, jarak tempuh, kapasitas bahan bakar, serta beberapa lampu indikator.

Ini tentunya sangat membantu pengemudi untuk mengetahui kondisi mobilnya selama berkendara. Di sisi lain, untuk memberikan kenyamanan bagi pengemudi dan para penumpang, Rush terbaru disematkan speaker 8 Surround Sound.

Speaker tersebut diklaim dapat mengeluarkan suara dengan dentuman yang sangat keras, sehingga pengemudi serta penumpang mobil ini tidak akan merasa bosan selama perjalanan.

Untuk bagian kursi, ukuran jok Rush terbaru sudah diperkecil dengan penempatan yang diatur ulang. Ruang kaki baris kedua jadi bertambah 45 mm dan bisa mengakomodir ruang tambahan pada baris ketiga.

Dengan pengaturan yang pas, penumpang baris ketiga jadi lebih merasa nyaman saat duduk. Untuk menambah kenyamanan bagi penumpang, pengguna mobil ini bisa mengatur sandaran kursi baris kedua agar bisa lebih rebahan.

Sebagai informasi, bahan busa jok kursi Rush terbaru terasa cukup keras dan bisa membuat pegal jika dibuat tegak.

Fitur

Memiliki desain eksterior dan interior yang stylish, tentunya Toyota Rush terbaru juga sudah dibekali dengan berbagai fitur cukup lengkap dan canggih.

Untuk fitur hiburan, Rush terbaru disematkan head unit dengan touch screen atau layar sentuh yang bisa dikoneksikan dengan smartphone melalui Bluetooth.

Selain itu, mobil ini juga sudah disematkan berbagai fitur kenyamanan seperti AC dengan climate control dan pengaturan suara di bagian kiri setir kemudi.

Tidak hanya itu saja, untuk menambah kenyamanan bagi pengemudi, Rush terbaru turut disematkan panel instrumen multi color LCD lengkap dengan MID (Multi Information Display) yang dapat menampilkan berbagai informasi mengenai mobil ini.

Setiap mobil pastinya memiliki fitur keamanan dan keselamatan yang wajib ada untuk mencegah hal-hal tidak diinginkan terjadi selama perjalanan, termasuk Toyota Rush terbaru.

Mobil ini telah disematkan pengereman ABS yang berguna jika terjadi pengereman secara mendadak. Terdapat juga fitur Secured Hill-Start Assist (HSA) untuk mencegah mobil mundur ketika melalui jalanan menanjak.

Tidak ketinggalan, terdapat fitur SRS Airbags sebanyak 6 buah untuk melindungi penumpang jika terjadi benturan keras.

Harga Toyota Rush 2020

Jika melihat spesifikasi di atas, tidak heran Toyota Rush menjadi salah satu mobil SUV yang populer di Indonesia.

Carmudi rangkum harga Toyota Rush 2020 sebagai berikut.

  • 1.5 G M/T Rp255,2 juta
  • 1.5 G A/T Rp265,2 juta
  • 1.5 S M/T TRD Rp266,6 juta
  • 1.5 S A/T TRD Rp276,6 juta

Keunggulan Toyota Rush Terbaru

All new Toyota Rush (Foto: Carmudi)

Fitur Keselamatan Memadai

Toyota Rush terbaru telah dibekali dengan berbagai fitur keselamatan yang memadai untuk mobil sekelasnya. Seperti yang sudah disebutkan di atas, mobil ini memiliki enam SRS Airbags sebagai fitur keselamatan wajib di setiap mobil.

Selain itu, Rush terbaru sudah mengusung teknologi Vehicle Stability Control (VSC) untuk menjaga stabilitas laju mobil sehingga aman dibawa berkendara di berbagai medan jalan.

Tidak hanya itu, Rush terbaru juga sudah dibekali 7 indikator seat belt untuk melindungi semua penumpang yang ada di mobil ini.

Terdapat fitur Anti-lock Braking System (ABS), Hill-Start Assist (HSA), serta ISOFIX untuk melindungi penumpang bayi agar aman selama perjalanan.

Ruang Bagasi Luas

Toyota Rush terbaru tidak hanya memiliki ruang kabin luas. Tetapi juga ruang bagasi yang lega sehingga pengguna mobil ini bisa membawa barang bawaan dalam jumlah banyak.

Sebagai informasi, Rush terbaru memiliki panjang mencapai 450 mm. Dibandingkan model sebelumnya, ukuran tersebut lebih panjang 150 mm.

Jika membutuhkan ruang bagasi yang lebih luas, pengguna mobil ini bisa melipat jok baris ketiga. Caranya dengan menekan maju tuas di sisi samping jok mobil.

Penulis: Nadya

Editor: Lesmana

Nadya Andari

Memulai karir sebagai Content Writer di Carmudi Indonesia sejak awal tahun 2019. Lulusan Desain Komunikasi Visual yang suka sekali menulis, seperti cerpen, artikel, dan sebagainya.
Follow Me:

Related Posts