HomeSepeda motorSpesifikasi dan Skema Kredit Yamaha Lexi 2020, Cicilan Mulai Rp1 Jutaan

Spesifikasi dan Skema Kredit Yamaha Lexi 2020, Cicilan Mulai Rp1 Jutaan

Desain Yamaha Lexi yang terkesan stylish. (Foto: Carmudi)

Jakarta – Yamaha Lexi merupakan salah satu skutik dari keluarga Maxi Yamaha yang cukup populer di Indonesia. Memiliki harga berkisar Rp21 jutaan, banyak konsumen tertarik untuk mencari tahu skema kredit Yamaha Lexi.

Jika melihat spesifikasinya, Lexi telah dibenamkan teknologi yang tidak kalah dengan saudaranya, Aerox dan NMax. Namun, Lexi memiliki kapasitas mesin yang lebih kecil.

Selain itu, skutik ini memiliki gaya desain Maxi dengan adanya flat deck atau dek rata. Lexi diklaim mumpuni untuk dibawa berkendara sehari-hari, termasuk perjalanan antar kota.

Dengan mengusung desain dek rata, Lexi bisa membawa banyak barang di dek depan. Bisa juga membawa galon air mineral hingga 25 kg karena ukurannya yang cukup lebar.

Di sisi lain, Yamaha Lexi memiliki desain cukup menonjol, dimana terdapat tameng angin berukuran kecil, serta lampu utama yang kini berukuran besar dan dibuat menyatu dengan lampu sein.

Sebagai informasi, PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing selaku produsen turut menyediakan berbagai macam aksesoris untuk membuat tampilan Lexi semakin menarik.

Aksesorisnya pun juga fungsional, seperti cover front fork untuk melindungi front fork dari serpihan batu.

Spesifikasi Yamaha Lexi 

Mesin

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, Yamaha Lexi memiliki mesin yang tidak kalah dengan NMax ataupun Aeorox. Meskipun kapasitas mesinnya lebih kecil, Lexi tetap memilki mesin yang andal dan mumpuni di kelasnya.

Lexi telah dibenamkan mesin tipe Liquid Cooled 4-stroke, SOHC. Mesin ini diklaim dapat mengeluarkan tenaga sebesar 11,7 Hp pada 8.000 Rpm, serta torsi maksimal 11,3 Nm pada 7.000 Rpm.

Selain itu, mesin Lexi sudah dilengkapi teknologi blue core 125 cc dengan Liquid Cooled. Dengan adanya teknologi tersebut, konsumsi bahan bakarnya jadi irit dan efisien, namun tetap mengeluarkan tenaga andal.

Ditambah, sistem bahan bakar Lexi mengandalkan fuel injection, sehingga konsumsi bahan bakarnya bisa lebih irit.

Tidak hanya itu, mesin skutik ini telah disematkan fitur katup variabel (VVA). Fungsi dari fitur tersebut adalah untuk menjaga performa mesin di rentang putaran yang lebih luas.

Fitur VVA ini diturunkan secara langsung dari Aerox. Pihak Yamaha Indonesia mengaku bahwa mesin Lexi mirip seperti Aerox 125 yang dipasarkan di Vietnam.

Di sisi lain, mesin Yamaha Lexi sudah memiliki supensi yang mumpuni juga, yaitu suspensi tipe Telescopic Fork pada bagian depan dan suspensi Unit Swing di bagian belakang.

Desain

Yamaha Lexi
Desain Yamaha Lexi. (Foto: Pertamax)

Jika melihat tampilannya, Yamaha Lexi memiliki desain yang terkesan stylish dan menarik. Dengan mengusung gaya desain Maxi Series, skutik ini dibuat minimalis, namun tetap memiliki karakter yang kuat dan maskulin.

Dari segi dimensi, Yamaha Lexi memiliki ukuran panjang 1.970 mm, lebar 720 mm, dan tinggi 1.135 mm, serta ground clearance (jarak bodi bagian bawah ke tanah) setinggi 133 mm.

Pada bagian depan, terdapat headlamp yang berukuran besar dan dibuat menyatu dengan kedua lampu sein.

Selain itu, lampu depan Lexi sudah dilengkapi dengan lampu berteknologi hazard. Ini berfungsi untuk memberikan peringatan jika terjadi keadaan darurat seperti mesin tiba-tiba mogok atau ban bocor di jalan.

Pada bagian samping, terdapat pijakan kaki yang didesain cukup minimalis dan memiliki ukuran cukup luas agar pengemudi dapat menaruh kakinya dengan nyaman selama berkendara.

Di sisi lain, jok Lexi dibuat mengikuti alur desain bodi skutik tersebut agar pengemudi dan penumpang bisa duduk dengan nyaman di joknya.

Tidak ketinggalan, Lexi memiliki dek cukup lebar, sehingga skutik ini dinilai cocok dengan karakter orang Indonesia yang suka membawa banyak barang.

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, dek skutik ini bisa membawa berbagai barang yang berat seperti galon air mineral seberat 25 kg, karung beras, dan lainnya.

Pada bagian belakang Lexi, disematkan stop lamp atau lampu rem yang didesain modern dan futuristik ala skutik kekinian.

Namun sayangnya, Yamaha Lexi memiliki volume bagasi yang kalah besar jika dibandingkan dengan NMax atau Freego. Kapasitas bagasi yang dimiliki Lexi hanya 12,8 liter. Bagasinya berada di bawah jok yang berdampingan dengan tangki bensin.

Sebagai informasi, tangki bahan bakar Lexi berkapasitas 4,2 L. Dengan demikian, bagasi skutik ini hanya bisa menyimpan sedikit barang seperti satu helm half face atau setengah muka dan jas hujan.

Hal ini tentunya kurang menguntungkan bagi yang membawa penumpang karena bagasinya tidak dapat menyimpan helm half face lebih dari satu, sehingga perlu digantung di dek.

Selain jadi kurang aman di parkiran, pengguna Lexi akan mengalami kerepotan saat mengisi bensin.

Pengguna harus membuka jok dan turun dari skutiknya. Berbeda dengan NMax, pengguna motor tersebut bisa langsung mengisi bensin karena tangki dan lubang pengisian berada di dek tengah.

Spidometer

Speedometer Yamaha Lexi. (Foto: Carmudi)

Tidak kalah dengan desainnya, Yamaha Lexi juga memiliki panel indikator yang didesain modern dan informatif. Panel indikator skutik ini telah mengusung desain panel full digital yang mirip seperti punya Aerox 155.

Terdapat beberapa informasi cukup penting pada panel tersebut, seperti indikator bahan bakar, kecepatan, rpm, indikator VVA, serta jam digital.

Dengan adanya panel indikator ini, dinilai dapat membantu para pengguna Yamaha Lexi untuk mengetahui kondisi skutiknya secara mudah selama berkendara.

Fitur

Memiliki desain dan panel indikator modern, Yamaha Lexi juga telah dibekali dengan berbagai fitur yang cukup lengkap dan canggih.

Skutik ini disematkan fitur Stop and Start System (SSS) sebagai fitur untuk mengurangi konsumsi bahan bakar yang tidak perlu saat Lexi berhenti atau sedang diparkir.

Jika skutik tersebut berhenti lebih dari 5 detik, mesinnya akan diberhentikan oleh fitur SSS secara otomatis.

Saat pengemudi memutar tuas gas, mesin Lexi akan nyala kembali secara otomatis. Di sisi lain, terdapat panel indikator full digital yang memberikan kemudahan bagi pengemudi saat berkendara.

Panel tersebut menampilkan berbagai informasi penting dengan desain tampilan yang modern.

Tidak hanya itu, pihak Yamaha juga sudah menyematkan fitur kekinian pada Lexi berupa Immobilizer dan Answer Back System yang berguna bagi pengemudi saat mencari skutiknya di parkiran.

Selain itu, terdapat juga fitur electronic power socket jika pengguna ingin mengisi baterai ponselnya.

Untuk fitur keamanan dan keselamatan, Lexi memiliki fitur ABS yang disematkan di roda depan. Fitur tersebut bermanfaat untuk menghindari roda terkunci jika terjadi pengereman secara mendadak.

Ini membuat Yamaha Lexi dinilai lebih unggul jika dibandingkan skutik lain di kelasnya yang masih menggunakan rem cakram biasa dan belum mengandalkan fitur ABS.

Tidak ketinggalan, Lexi disematkan Smart Motor Generator (SMG), dimana cara kerjanya menggabungkan dynamo starter dan generator pengisian.

Sistem tersebut menambah kenyamanan pengemudi karena tidak ada lagi suara bising saat skutiknya dinyalakan. Dengan demikian, Yamaha Lexi tidak lagi menggunakan dynamo starter konvensional.

Secara keseluruhan, Yamaha Lexi memang memiliki berbagai fitur cukup lengkap dan canggih sehingga wajar jika skutik ini banyak diminati oleh para konsumen di Indonesia.

Harga Yamaha Lexi 2020

Yamaha Lexi
Harga Yamaha Lexi. (Foto: Istimewa)

Berdasarkan situs web resmi Yamaha Indonesia, Yamaha Lexi dijual seharga Rp21,355 juta On The Road (OTR) Jakarta. Ada juga Yamaha Lexi S seharga Rp24,345 juta dan Lexi S – ABS Rp26,96 juta OTR Jakarta.

Kredit Yamaha Lexi 2020

Bagi yang tinggal di Jakarta dan tertarik membeli Yamaha Lexi, terdapat skema perhitungan kredit yang langsung mengacu pada harga OTR Lexi di situs web resmi Yamaha Indonesia.

Uang muka atau DP (Down Payment) Lexi paling minimal Rp2,135 juta (10 persen dari harga Lexi OTR Jakarta).

Untuk tenor 1 tahun atau 12 bulan, cicilan per bulan Rp2,189 juta, sedangkan tenor 24 bulan dikenai cicilan Rp1,307 juta per bulan dan tenor 36 bulan, cicilan Rp1,028 juta per bulan.

Sebagai informasi, tenor maksimal untuk kredit Yamaha Lexi adalah 36 bulan atau 3 tahun.

Persyaratan Kredit Yamaha Lexi

Bagi yang ingin mengajukan kredit Yamaha Lexi, terdapat beberapa persyaratan yang harus dipenuhi. Berikut persyaratan kredit perorangan:

  • Fotocopy KTP suami dan istri (sudah menikah)
  • Fotocopy KTP pemohon & orang tua (belum menikah)
  • Fotocopy Kartu Keluarga
  • Data lain jika diperlukan (Rek.Listrik/PBB/Slip Gaji)

Penyerahan data ini dilakukan saat surveyor datang ke rumah konsumen untuk melakukan survey. Persetujuan kredit dari leasing biasanya hanya 1-2 hari kerja.

 

Penulis: Nadya Andari

Editor: Dimas

Baca Juga: Simak Spesifikasi Lengkap, Harga, dan Skema Kredit Yamaha XMAX Terbaru 2020

Harga Toyota Fortuner Terbaru
Previous post
6 Hal yang Wajib Kamu Ketahui dari Mobil Toyota Fortuner 2020
Pelabuhan Patimban
Next post
Akan Diresmikan Jokowi, Pelabuhan Patimban Dongkrak Produktivitas Otomotif