Home » Mobil » Spesifikasi, Harga dan Review Toyota Camry, Sedan Mewah Khas Mobil Pejabat

Spesifikasi, Harga dan Review Toyota Camry, Sedan Mewah Khas Mobil Pejabat

Review Toyota Camry kali ini membahas soal kenyamanan dari sang sedan medium

Jakarta – Salah satu sedan mewah yang kerap digunakan oleh kalangan kelas atas adalah Toyota Camry. Ya, mobil hasil racikan produsen asal Jepang ini kerap seliweran di beberapa tempat elit seperti Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) atau mall kelas atas. Maklum, mobil ini dinilai menjadi salah satu mobil mewah yang ada di Indonesia. Kali ini Carmudi akan menyuguhkan review Toyota Camry.

Membicarakan sebuah sedan mewah yang dibekali dengan berbagai fitur menarik dan kenyamanan kelas wahid tentunya menjadi perbincangan hangat bagi car enthusiast di seluruh dunia. Tak hanya itu saja, sedan mewah juga biasanya kerap menjadi alat transportasi yang digunakan oleh para pejabat.

Karena harga yang mahal, desain yang mewah dan elegan membuat sedan mewah ini menjadi gambaran kendaraan yang digunakan pejabat untuk membangun imej. Imej inilah yang biasanya terbentuk saat menaiki sedan mewah.

Carmudi Indonesia pun akan sedikit mencoba memberikan gambaran mengenai mobil ini secara lengkap lewat artikel review Toyota Camry berikut. Ada beberapa alasan mengapa kalangan orang berduit kerap memilih mobil ini dibanding mobil lain. Alasan pertama adalah reliability dalam hal harga.  Harga Toyota Camry baru dianggap memiliki nilai lebih baik dari mobil lain di kelasnya.

Sejarah Lahirnya Toyota Camry

Sebelum membahas lebih jauh, ada baiknya mengenal sedikit cerita mengenai Toyota Camry ini. Toyota Camry ini lahir pertama kali pada tahun 1979. Generasi pertama Camry ini lahir dengan nama Celica Camry yang dijual pada rentang tahun 1979-1982 silam. Mobil ini benar-benar dijual secara umum kepada masyarakat pada tahun 1980 di Toyota Corolla Store, Jepang. Mobil ini memang di desain sebagai salah satu mobil yang diklaim punya kenyamanan cukup bagus.

(Toyota Camry 3.5Q 2008)

Hingga saat ini, Toyota Camry telah lahir sebanyak 13 generasi. Di Indonesia, Toyota Camry ini sudah dikenalkan sebanyak 8 generasi sebagai model yang dikenalkan sebagai pengganti Toyota Corona. Model diperkenalkan di Tanah Air adalah Camry generasi V berkode XV20. Semenjak itu, popularitasnya terus melonjak, bahkan sempat menjadi kendaraan dinas menteri Kabinet Indonesia Bersatu. Maka tak heran jika nama Toyota Camry lekat dengan sebutan mobil pejabat.

Bicara Toyota Camry generasi terbaru, mobil ini sebenarnya sudah ada generasi terbaru yang diisukan akan hadir di akhir tahun lalu. Sayangnya, ketika ditunggu-tunggu mobil ini malah seakan hilang ditelan ombak mengenai kabar peluncurannya. Namun, pihak Toyota kabarnya akan meluncurkan model terbarunya di tahun 2019 ini.

Desain Eksterior Sporty

Karena Toyota Camry akan hadir generasi yang paling barunya, maka kami akan memberikan impresi mengenai tampilan saat kami review Toyota Camry generasi terbaru. Sejatinya Toyota Camry terbaru ini mengusung konsep Toyota New Global Architecture (TNGA) yang dimana konsep ini adalah sebuah konsep desain agresif yang akan digunakan pada model special Toyota.

Jika melihat bagian depannya, Toyota Camry terbaru ini terlihat lebih agresif lewat tarikan desain gril, lampu depan, bumper depan dan kap mesin. Lampu depan terlihat menyipit dengan menggunakan lampu LED DRL. Di bagian logo terdapat logo berwarna biru sebagai penguat nilai historis yang melekat pada tubuh Camry ini.  Jujur saja tampilan terbaru dari Toyota Camry ini sangatlah indah dan keren menurut kami.

Bagian kap mesin terdapat beberapa lekukan yang membuatnya terlihat kuat dan sangar. Unsur TNGA yang juga digunakan pada model C-HR ini juga diaplikasikan pada Camry. Di bagian samping, terdapat tarikan garis tegas yang membentuk bodi atletis khas sedan kelas atas. Paduan bodi ini juga diimbangi dengan penggunaan velg berukuran 17 inchi dengan desain sporty. Bingkai jendela diberikan aksen krom yang semakin memberikan kesan mewah dan elegan.

Desain Toyota Camry yang bakal masuk Indonesia

Berlanjut di bagian buritan, Toyota Camry terbaru ini memberikan kesan seperti sebuah mobil Eropa yang punya desain menawan. Lampu belakangnya menggunakan LED DRL memanjang dan pipih. Penghias lainnya bisa diamati pada knalpot yang dibalut krom. Di sisi lain, sebuah identitas Camry nampak tersemat apik yang diapit oleh kedua buah lampu belakangnya. Menjaga esensi historis dari generasi pertama Camry.

Interior Mewah dan Nyaman

Dalam review Toyota Camry kali ini, berlanjut ke ke bagian dalam dari mobil ini. Mobil sedan berpenumpang 5 orang ini punya desain yang lumayan mewah untuk ukuran sebuah mobil sedan. Camry menampilkan siluet yang cukup menawan lewat paduan warna hitam, aksen kayu dan silver pada bagian dashboardnya. Hal yang pertama kali akan keluar di benak Anda pada saat memasuki mobil ini adalah,”Mewah dan keren”.  Tatanan desain terbaru ini membuat mata pengemudi dan penumpangnya cukup dimanjakan.

Interior Camry yang canggih tapi tetap nyaman untuk pengemudi dan penumpang

Hampir seluruh fitur yang ada di mobil ini diposisikan di bagian tengah dashboard yang cukup mudah dijangkau. Head unit yang digunakan memakai ukuran 8 inci touchscreen yang dibekali dengan berbagai fitur entertainment yang bisa digunakan selama perjalanan. Setir dari mobil ini juga terdapat beberapa tombol multifungsi. Sebut saja konektivitas smartphone, cruise control, hingga paddle shift pun tersaji dengan lengkap.

Panel instrument yang disematkan oleh Toyota pada Camry generasi terbaru ini juga terlihat sangat modern dan mewah lewat panel digital di bagian MID dan jarum. Tatanan ini selaras dengan tema awalnya yakni ‘Sporty but Smart’. Soal ruang penyimpanan, mobil ini sebenarnya punya ruang penyimpanan yang cukup banyak. Di sisi pintu depan terdapat cup holder, di konsol tengah ada dua cupholder, hingga glove box.

Di sisi pintu belakang juga terdapat cupholder, ada juga ruang penyimpanan cup holder yang dapat dijadikan arm rest di bagian tengah kursi belakang. Arm rest ini merupakan salah satu ciri mobil sedan mewah yang ada.

Posisi duduk

Posisi duduk yang diberikan oleh Toyota Camry ini bisa dibilang sangat nyaman. Di bagian depan, terdapat pengaturan elektrikal pada jok penumpang dan pengemudi. Joknya seakan memeluk tubuh dengan sempurna dan membuat tubuh merasa lebih rileks. Ditambah lagi dengan penggunaan material kulit yang semakin membuat nyaman posisi duduk Anda.

Di bagian belakang, posisi duduk yang diberikan juga lebih nyaman. Mobil ini sebenarnya lebih mengacu kepada passenger oriented, alias beroriantasi kenyamanan kepada penumpang. Maklum, mereka yang membeli mobil ini biasanya berasal dari kalangan pejabat dan eksekutif yang membutuhkan mobil nyaman sebagai teman beraktifitas sehari-hari. Ruang kaki dan ruang kepala dari mobil ini tak perlu diragukan, sangat lega.

Setelah puas membahas sisi eksterior dan interiornya, kini tiba saatnya melirik lebih dalam tentang fitur Toyota Camry. Tentu kategorinya sebagai sedan dibekali dengan teknologi-teknologi mumpuni yang difokuskan untuk memberi kenyamanan berkendara lebih.

Fitur Berlimpah

Mobil ini dibekali dengan  teknologi yang mampu memberi notifikasi audio ketika sensor mencatat adanya potensi kecelakaan (Pre-Collision System), menjaga lajur berkendara di marka jalan (Lane Keeping Assist), melajukan kendaraan tanpa harus menginjak pedal gas (Dynamic Radar Cruise Control) serta mengaktifkan High Beams secara otomatis sesuai kondisi jalan (Automatic High Beams).

Seperti mobil pada umumnya, system pengeremannya sudah dibekali dengan ABS, EBD, dan Brake Assist. Dari aspek kestabilan, mobil ini mampu melakukan manuver dengan handal berkat terintegrasinya Vehicle Stability Control (VSC) dan Traction Control (TRC), Tak lupa tersedia fitur menarik seperti Emergency Stop Signal, Blind Spot Monitor, Rear Cross Traffic Alert dan Hill-Start Assist Control (HSA). Agar tak bosan selama di perjalanan, Toyota menanamkan beberapa fitur hiburan. Ada full panoramic sunroof, hingga sajian entertainment yang ada di dalam head unit. Kualitas suara yang dihasilkan dari 9 buah speaker JBL rasanya tak perlu diragukan lagi. Sudah pasti memanjakan telinga Anda.

Mesin

Karena belum benar-benar meluncur, kabarnya Toyota Camry ini menggunakan mesin berkode 6AR-FBS berkapasitas 1.998 cc, 4 silinder. Racikan tersebut, mampu membawa mobil berbodi TNGA ini dengan daya maksimum 157 PS setara 5.500 Rpm dan torsi puncak 199 Nm pada putaran 4.600 Rpm. Ada dua opsi mesin, 2.000 dan 2.500 cc. Untuk mesin 2.500 cc, 4 silinder mampu mengeluarkan tenaga 209 hp dengan torsi maksimum 250 Nm.

all new camry masuk indonesia
All New Toyota Camry (Foto: Paultan)

Adapun pada varian 2.5 HV dan HV Premium, menggunakan kapasitas sama namun sudah menerapkan teknologi Hybrid. Berkapasitas 2.487 cc, mesinnya mampu menawarkan daya maksimum 178 PS setara 5.700 Rpm dengan torsi puncak sebesar 221 Nm di kisaran 3.600 hingga 5.200 Rpm. Meski sedikit kalah dalam hal kecepatan namun mesin Hybrid satu ini mampu menawarkan tingkat efisiensi lebih baik.

SPESIFIKASI TOYOTA CAMRY
Model2.5 HV dan 2.5 HV Premium2.5 G2.0 G
DIMENSI
Panjang x Lebar x Tinggi4.885 x 1.840 mm x 1.445 mm
Jarak Poros Roda2.825 mm
Jarak Pijak Terendah140 mm
MESIN
Tipe Mesin2.5 Liter A25A-FXS VVT-IE2.5 Liter A25A-FKB VVT-IE2.0 Liter 6AR-FBS VVT-IW
Kapasitas Silinder2.487 cc1.998 cc
Daya Maksimum178 PS / 5.700 Rpm (Mesin Utama)

211 PS (Motor Listrik)

209 PS / 6.600 Rpm157 PS / 6.500 Rpm
Torsi Maksimum221 Nm / 3.600 Rpm – 5.200 Rpm250 Nm / 5.000 Rpm199 Nm / 4.500 Rpm
Sistem TransmisiE-CVT8 Tingkat Percepatan Otomatis6 Tingkat Percepatan Otomatis
HANDLING
Suspensi DepanMacPherson Strut
Suspensi BelakangDouble Wishbone
Rem DepanVentilated Disc
Rem BelakangSolid Disc
Ukuran Ban215/55 R17235/45 R18205/65 R16

 

 

Previous post
Suzuki APV, Review dan Harga | Minibus Serba Guna Andalan Pengusaha
Next post
Infografis: Sebelum Beli, Cek Dulu Harga Mobil Baru Toyota