Reviews

Spesifikasi Honda Civic Type R 2023 Jauh Lebih Ganas

Pabrikan otomotif asal Jepang, Honda resmi meluncurkan Civic Type R dengan spesifikasi terbaru untuk tahun 2023. Mobil sedan sport tersebut diklaim menjadi Civic terbuas dan terganas yang pernah dibuat oleh Honda.

Ada dua alasan Honda merilis Civic Type R 2023; ingin memberikan sensasi kesenangan berkendara mobil sport yang saat ini sudah jarang didapatkan.

Sementara alasan kedua adalah Honda ingin membuktikan bahwa mobil sport juga bisa memiliki kenyamanan mumpuni ketika digunakan.

Kedua poin inilah yang menjadi fokus Honda dalam menciptakan Civic Type R generasi terbaru untuk tahuun 2023.

civic type r

Walaupun sudah diluncurkan, sayangnya Honda masih menutup informasi mengenai spesifikasi mesin Civic Type R terbaru ini. Namun, informasi lengkapnya sudah dibeberkan secara detail pada laman resmi Honda Jepang.

Spesifikasi Honda Civic Type R 2023

Eksterior Sporty dan Elegan

Secara tampilan harus diakui jika mobil berperforma tinggi ini punya desain yang sporty dan juga elegan. Jika dilihat sekilas, tampilannya seperti gabungan antara Honda Civic dan Accord generasi terbaru.

Di bagian gril depan terdapat logo H berukuran besar dengan warna merah. Sementara jika dilihat dari arah depan, sisi kiri gril tersebut juga terdapat emblem Type R yang dipasang dekat lampu.

Pada bagian bawah gril, terdapat lubang ventilasi dengan desain honeycomb yang menutupi intercooler turbo. Lampu depannya juga sudah mengadopsi LED yang digabungkan dengan projector dengan pendaran sinar berwarna putih.

Bagian kap mesin juga terdapat lubang agar angin bisa memberikan suplai pendinginan maksimal untuk mesin. Adanya aksen lubang ini juga membuat mobil terlihat sporty dan gahar secara tampilan.

Beralih ke sisi samping, Honda Civic Type R 2023 dibekali dengan pelek racing dengan warna hitam. Bagian palang pada pelek didesain punya ukuran besar, sehingga kaliper rem berukuran besar berwarna merah menjadi sangat terlihat.civic type r

Cover spion juga dibuat warna hitam untuk memberi kesan gahar. Lekuk bodi di sisi samping yang menjulur ke belakang juga menegaskan kesan sporty dari mobil ini.

Sementara di bagian buritan, desainnya mirip dengan Honda Civic hatchback. Adanya knalpot yang dipadukan dengan diffuser pada bumper belakang juga sukses memberikan kesan gahar. 

Di bumper belakang terdapat knalpot yang dibuat dengan 3 lubang, 1 ukuran di tengah dibuat besar dan dua sisanya berukuran kecil yang diposisikan mengapit.

Lampu belakang juga sudah dibekali dengan LED model garis. Ada juga emblem Type R di sisi kanan, dan Civic di sisi kiri.

Sementara di bagian atas bagasi terdapat rear spoiler berukuran besar yang berfungsi menambah aerodinamis. Naik ke atas sedikit, ada juga antena sirip hiu berwarna hitam yang menambah estetika.

Basis Hatchback

Sekadar informasi, Honda Civic Type R 2023 mengambil basis dari Civic Hatchback generasi terbaru. Hanya saja ada beberapa ubahan yang membedakan agar Type R memiliki pengendalian mumpuni.

type r 2023

Misalnya, sasis Type R terbaru dimensinya dibuat lebih lebar dan didesain agar punya ground clearance rendah. Tujuannya agar pengendalian ketika berbelok jauh lebih baik dibandingkan Civic versi biasa.

Selain itu kaca depan didesain lebih lebar guna memberikan visibilitas yang lebih baik di kecepatan tinggi. Tidak jelas berapa ukuran kaca depan Type R ini, namun Honda hanya mengatakan jika kaca tersebut memang dibuat lebih lebar.

Kaki-kaki pada Type R juga dibuat rigid, dengan pelek tapak lebar 9,5 inci berdiameter 19 inci yang dibalut ban Michelin Pilot Sport 4. Hal tersebut bertujuan agar grip yang dihasilkan menjadi lebih baik.

Hideki Kakinuma, All New Honda Civic Type R Development Leader dalam kanal YouTube Honda mengatakan kalau mobil ini merupakan mobil sport dengan penggerak roda depan terbaik.

“Kami (Honda) menciptakan mobil dengan penggerak roda depan terbaik yang sejalan dengan insting pengemudi itu sendiri. Kami coba mengejar kecepatan, kenikmatan tak tertandingi, serta kombinasi teknologi dan desain canggih,” ujarnya.

Interior Sporty

Ketika pertama kali membuka pintu, kesan pertama yang akan didapat adalah rasa sporty yang tinggi. Nuansa mewah akan menyambut setiap orang yang membuka pintu.

Aksen merah tersebut bertabur di beberapa bagian seperti jok, door trim, logo H di setir, dan benang jahit di bagian persneling. Sementara dasbornya memakai warna hitam yang desainnya seperti Civic pada umumnya.

Jok depan menggunakan model bucket seat yang dilapisi kulit Alcantara dan fabric di bagian tengah. Selebihnya material kulit bisa dipastikan terpasang melapisi bagian interior mobil.

Di bagian dasbor sebelah kiri terdapat emblem serial number yang bisa memberitahukan kode produksi mobil tersebut. Tidak jelas apakah Honda membuat Civic Type R terbaru ini dalam jumlah terbatas atau tidak.

Performa Honda Civic Type R Lebih Buas

Dibalik kap mesin tertanam mesin berkapasitas 2.000 cc, 4 silinder, VTEC, turbo yang bisa menghasilkan tenaga 326 hp dengan torsi maksimum 420 Nm. Tenaga tersebut disalurkan ke roda depan menggunakan transmisi manual 6 percepatan.

Salah satu pembaruan pada mesin yakni di bagian turbo. Bilah yang ada di dalam turbo kini didesain agar bisa menghasilkan aliran udara yang jauh lebih baik. 

Hal inilah yang membuat tenaganya terdongkrak menjadi lebih besar.

Kaya Fitur

Dalam laman resmi Honda Jepang, Civic Type R 2023 dibekali dengan fitur berlimpah. Salah satunya adanya Honda Connect display.

Lalu ada juga AC dual zone, 3 mode berkendara (individual, sport, dan comfort), +R switch, rev match system, Type R data logger, kaliper rem Brembo berukuran 350 mm, helical limited slip differential (LSD), navigasi, dan aplikasi Honda LogR.

Aplikasi Honda LogR sendiri mampu menampilkan berbagai data mengenai informasi mobil. Misalnya suhu radiator, suhu oli mesin, suhu luar, G-Force, tekanan boost pada turbo, dan informasi lainnya seputar kebutuhan mesin.

Aplikasi tersebut bisa tersambung melalui perangkat smartphone milik pengemudi. Di luar dari fitur yang sudah disebutkan, Honda masih memberikan speed limiter release function.

Fitur tersebut memungkinkan pengemudi bisa memaksimalkan kemampuan mesin hingga batas maksimal. Fitur tersebut bisa diaktifkan ketika pengemudi hendak masuk ke 13 sirkuit yang ada di Jepang dengan kualifikasi JAF dan FIA.

Maklum, jika digunakan di jalan raya Honda membatasi kecepatannya hanya di angka 180 km/jam. Jika limiter dibuka, mobil diklaim bisa melaju hingga lebih dari 240 km/jam.

Di Jepang, Honda menawarkan Civic Type R 2023 dengan 5 pilihan warna yang terdiri dari championship white, sonic gray pearl, crystal black pearl, frame red, dan racing blue pearl. Sayangnya PT Honda Prospect Motor (HPM) belum membeberkan informasi apakah Civic Type R terbuas ini akan melantai ke Indonesia.

 

Rizen Panji

Hobinya jelas, menghabiskan bahan bakar mesin 6 silinder di akhir pekan. Seleranya juga sudah jelas, mobil tua yang pintunya cuma dua. Oh iya, dirinya sangat mencintai interior mobil yang bersih dan simpel. Kalau ada yang mau ngasih mobil dengan ciri tersebut, akan diterima dengan senang hati..

Related Posts

/