Home » Carmudi Jurnal » Spesifikasi Isuzu MU-X 2018, SUV Sejati Hasil Kolaborasi

Spesifikasi Isuzu MU-X 2018, SUV Sejati Hasil Kolaborasi

Isuzu mu-X
New Isuzu mu-X kini mengalami penyegaran luar dalam. Foto/Carmudi Indonesia.

Mobil berjenis Multi Purpose Vehicle atau MPV memang menjadi primadona di Indonesia. Karena Indonesia masih menganut faham kekeluargaan dengan filosofi membawa penumpang banyak akan semakin seru.

Selain itu, orang Indonesia yang juga masih menganut system kekeluargaan yang tinggi juga menjadi salah satu faktor suksesnya MPV di Indonesia.

Tetapi, akhir-akhir ini mobil berjenis Sport Utility Vehicle atau SUV juga tengah digandrungi. Mengapa? SUV dinilai memiliki banyak sekali kelebihan dibanding dengan MPV yang ada di pasaran.

Salah satu faktornya adalah kekuatan yang dimiliki oleh SUV menjadi salah satu daya tarik yang cukup menggoda.

Jika Anda memiliki SUV, tentu Anda tidak akan khawatir dengan medan yang akan dilalui. Ground clearance yang tinggi dengan dimensi yang besar membuat Anda akan merasa nyaman menjelajah bersama SUV. Ngomong-ngomong soal SUV, ada salah satu SUV asal Jepang yang cukup menarik untuk dibahas kiprahnya.

Ia adalah Isuzu MU-X atau yang memiliki nama lengkap Multi Utility. SUV buatan Isuzu ini merupakan hasil kerjasama dengan pabrikan asal Amerika Serikat, General Motors. Penasaran dengan sejarahnya? Kami akan membahasnya secara singkat. Isuzu MU-X ini pertama kali diperkanalkan 5 tahun silam, atau tepatnya pada 2013.

Isuzu MU-X
Lampu depan baru The new Isuzu MU-X. Foto/Dok Isuzu.

Sejarah Isuzu MU-X 2018

Mobil yang mampu mengangkut 7 penumpang ini lahir sebagai hasil kolaborasi Isuzu bersama dengan General Motors. Kala itu Isuzu memberikan gambaran mengenai desain, dan juga mesin yang akan dipakai. Sementara General Motors yang sudah terkenal dengan kepiawaiannya membuat SUV mencoba memberikan banyak masukan kepada Isuzu untuk membuat SUV yang handal, tangguh dan berbahan bakar irit sebagai imej dari kendaraan asal Jepang.

Hasilnya? Lahirlah Isuzu MU-X. Sebenarnya mobil ini bukanlah mobil dengan status All New atau mobil baru, melainkan ia hadir sebagai penerus dari generasi MU-7 yang pertama kali dibuat pada tahun 2004 silam. Umurnya lumayan jauh kan dari Isuzu MU-X.

Pada saat pertama kali meluncur, Isuzu MU-X ini lahir dengan dua varian mesin yang bisa dipilih oleh konsumen. Mulai dari mesin berkode 4JK1-TCX berkapasitas 2.500 cc, 4 silinder turbo dan mesin berkode 4JJ1-TCX berkapasitas 3.000 cc, 4 silinder turbo. Keduanya ditawarkan dengan pilihan transmisi manual 5 percepatan dan otomatis 5 percepatan.

Isuzu MU-X ini juga bisa dibilang sebagai cikal bakal lahirnya Chevrolet Trailblazer dan Holden Colorado. Untuk dimensinya sendiri, mobil ini memiliki panjang 4.845 mm, lebar 1.860 mm, dan tinggi 1.840 mm. Karena ia adalah sebuah SUV dengan dimensi yang cukup besar, maka sumbu rodanya pun cukup panjang, mencapai 2.845 mm.

Review Singkat Isuzu MU-X 2018

SUV yang satu ini sebenarnya mengusung desain yang cukup menarik. Bisa dibilang sih cukup gagah tongkrongannya. Isuzu MU-X ini mengusung tampilan eksterior yang menegaskan kesan SUV yang sangat tangguh dan berotot. Hal tersebut dapat dilihat dari tarikan garis yang terbentang dari bagian depan hingga buritan.

Melihat wajah bagian depannya, cukup menimbulkan pro dan kontra. Ada yang menyukai desain gril bertumpuk yang diusungnya, namun tak sedikit juga yang mencibir desain dari Isuzu MU-X ini. Lampu depan sudah menggunakan projector headlamp yang  ukurannya cukup besar dan menyipit di bagian ujungnya.

Eksterior

Di bagian samping, terdapat side body molding dengan fender yang sedikit menggembung yang seakan menegaskan kesan tangguh. Kalau dilihat sepintas, mirip otot dari pegulat gitu deh. Beralih ke bagian samping, ada juga footstep yang tertanam agar membantu penumpang untuk naik ke dalam kabin. Soalnya mobil ini lumayan tinggi, maka dari itu Isuzu memberikan footstep sebagai aksesoris standard.

Kaki-kakinya sudah menggunakan velg berukuran 17 inchi yang dibalut dengan ban berukuran 255/65 AT. Tak suka dengan ban AT? Ganti saja dengan ban berukuran 285/85 MT, dijamin Isuzu MU-X kamu akan menjadi jauh lebih kekar dibandingkan dengan ban standardnya. Tetapi harus ingat, penggantian suspensi sebaiknya juga diimbangi pada saat hendak mengganti ban ya.

Nah, bagian belakangnya ini juga bisa menimbulkan pro dan kontra lagi. Kenapa? Banyak yang mengatakan jika desain dari buritan Isuzu MU-X ini cukup membosankan. Desainnya biasa saja, standard dan dinilai tak memiliki estetika. Tapi, kami sebenarnya cukup menyukai desain bagian belakang dari MU-X ini. Menurut kami bagian belakangnya cukup oke, benar-benar mirip Trailblazer generasi terbaru. Maklum, masih satu generasi.

Di bumper depan sudah terdapat fog lamp agar menambah visibilitas berkendara di malam hari. Bumper bagian belakangnya juga sudah dilengkapi dengan mata kucing dan lampu belakang berukuran besar. Penasaran bagian dalamnya seperti apa? Interior dari Isuzu MU-X ini sebenarnya menjadi salah satu SUV yang punya fitur cukup banyak di zamannya.

Interior

Kala itu ia sudah menggunakan head unit dengan layar sentuh LCD 7 inci Monitor True Mirroring yang sudah diintegrasikan dengan Smartphone HDMI, USB, CD, dan Bluetooth. Dengar musik kesayangan di mobil sudah lumayan asyik, fiturnya cukup banyak. Pengaturan AC otomatis juga sudah tersedia di Isuzu MU-X ini.

Sayangnya, hal tersebut tidak diimbangi dengan desain dashboard yang sedap dipandang mata. Kami menilai desain dashboard dari Isuzu MU-X ini cukup membosankan. Mengendalikan SUV berbadan bongsor ini juga cukup mudah, karena ia sudah dibekali dengan fitur steering wheel control dan cruise control yang melekat di bagian setir.

Tak hanya itu saja, Isuzu MU-X juga sudah memiliki Passive Entry Start System (PESS). Fitur ini memungkinkan penumpang pada saat akan membuka kaca pintu atau menyalakan mesin menggunakan hanya dari kuncinya saja. Duduk di bagian jok, cukup terasa nyaman. Isuzu MU-X ini juga sudah dilengkapi dengan system bantalan wrap around yang membuat pengemudi tidak cepat merasa lelah.

Pengaturan joknya sudah menggunakan model elektrik di bagian pengemudinya saja. Beralih ke baris kedua, Isuzu MU-X ini juga punya ruang kaki dan kepala yang cukup lega. Posisi duduk dari jok tengah juga memungkinkan penumpang untuk memposisikan diri agar menjadi lebih rileks pada saat menempuh perjalanan jauh.

Bicara ruang penyimpanan yang ada, Isuzu seakan tahu betul dengan kebutuhan orang Indonesia yang gemar membawa berbagai peralatan seperti botol minum. Karena Isuzu MU-X ini memiliki 19 ruang penyimpanan yang ada di seluruh bagian mobil dari depan hingga baris ketiga. Wah, asyik juga kan buat diajak jalan-jalan jauh.

Lanjut ke baris ketiga. Di baris ketiga, posisi duduknya kurang nyaman untuk ukuran orang dewasa karena ruang kakinya cukup sempit dan ruang kepala cukup sempit. Untuk anak-anak duduk di baris ketiga ini rasanya masih memungkinkan. Tetapi, untuk orang dewasa yang ingin duduk di baris ketiga sebaiknya harus memajukan jok baris kedua hingga paling depan.

Fitur Isuzu MU-X 2018

Sebuah SUV seharusnya sudah pasti memberikan rasa aman bagi setiap penumpangnya. Maka dari itu, fitur keamanan yang ada di mobil ini kami nilai sudah cukup baik. Terbukti dengan adanya sistem pengereman Anti-lock Brake System, Electronic Stability Control, Brake Assist dan Electronic Brakeforce Distribution menjadi perangkat wajib yang ditanamkan oleh Isuzu kepada MU-X ini. Selain itu, Isuzu MU-X juga sudah dilengkapi dengan adanya traction control guna mengurangi bahaya oversteer dan understeer saat melaju di jalan yang licin maupun pada saat diajak offroad. Oiya, Isuzu MU-X ini juga hadir dengan perangkat penggerak 4 roda. Nggak ragu saat diajak bermain offroad ringan dan adventure.

Ada juga Dual SRS Airbag yang membuat setiap pengendara dan penunggang di sampingnya merasa aman saat terjadi benturan keras dari depan. Di Indonesia, Isuzu MU-X ini dijual dengan mesin 2.500 cc, 4 silinder, commonrail, turbo dengan tenaga 136 hp dan torsi maksimal 320 Nm. Mesin tersebut dikawinkan dengan transmisi 5 percepatan otomatis yang diintegrasikan dengan dukungan teknologi Adaptive Gradient Logic Control.

Teknologi ini membuat transmisi lebih terjaga dan lebih stabil. Selain itu, Isuzu MU-X ini dilengkapi sistem injeksi Diamond Like Carbon (DLC) Coated Fuel Injection yang akan membuatnya lebih irit bahan bakar. Masih ada lagi fitur seperti hill start assist, keyless entry, anti theft alarm, tilt steering, electric side view mirror, hingga parking camera.

Harga Isuzu MU-X 2018

Sayangnya, mobil SUV yang satu ini kami nilai punya harga jual yang cukup overprice dibandingkan dengan competitor di kelasnya. Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI) menjual MU-X ini dengan banderol Rp 468-498 jutaan. Harga tersebut kami nilai cukup mahal untuk sebuah MU-X.

Dengan harga tersebut, konsumen lain biasanya akan mengincar Toyota Fortuner yang punya harga Rp 475-667 jutaan atau Mitsubishi Pajero Sport yang punya bandeol di kisaran Rp 452-660 jutaan. Tetapi, bagi Anda yang menginginkan SUV yang punya nilai value for money, Isuzu MU-X tentu bisa dijadikan andalan untuk berkeliling di jalanan ibukota Jakarta maupun diajak bermain offroad di jalur pegunungan di pinggiran Jakarta.

Kesimpulan

Bagi pecinta SUV sejati, Isuzu MU-X ini sebenarnya sangat cocok untuk dijadikan teman berkendara. Apalagi bagi Anda yang menyukai karakter mesin Isuzu yang punya tenaga besar dan bandel dalam soal perawatan.

Salah satu kelebihan yang ditawarkan oleh Isuzu adalah aftersales yang cukup terjangkau. Walaupun jaringan dilernya tidak sebanyak Toyota dan Mitsubishi, tetapi Isuzu menjamin daya tahan terhadap mobil buatannya. Bisa dibilang mobil buatan Isuzu sudah terkenal akan ketangguhannya. Biaya perawatan yang ringan juga menjadi nilai lebih bagi calon konsumen Isuzu MU-X ini. Hal tersebut dapat dilihat dari harga spare part yang lebih terjangkau dibandingkan dengan Toyota Fortuner dan Mitsubishi Pajero Sport yang punya harga spare part lebih mahal.

Sekadar informasi, mobil ini dijual dengan beberapa warna seperti osmic Black, Titanium Silver, Brown Metallic, Splash White, dan Osybian Black.

Jika Anda tertarik untuk mencari Isuzu MU-X, maka Anda sebaiknya memantau dan mencari tahu lebih banyak lagi mengenai informasi atau spesfikasi Isuzu MU-X lihat di sini.

Selain itu, di dalam link ini ada daftar harga Isuzu MU-X.

Previous post
Yamaha FreeGo, Bagasinya Lebih Besar dari Nmax
pcx electric
Next post
PCX Electric, Motor Listrik Honda Muncul di IMOS 2018