Mobil

Spesifikasi Lengkap dan Harga Toyota Avanza 2008 Bekas

Toyota Avanza paling laris di pasar mobil bekas. (Foto: Ilustrasi)

Jakarta – Sebagian besar orang memilih untuk membeli mobil bekas dibandingkan versi barunya di tengah pandemi virus covid-19 saat ini. Bagi yang memiliki bujet terbatas, disarankan untuk membeli Toyota Avanza 2008 bekas yang memiliki harga terjangkau.

Jika melihat spesifikasinya, Avanza 2008 ini seakan menjawab kebutuhan para konsumen yang menginginkan sebuah mobil keluarga dengan spesifikasi mumpuni.

Tidak hanya memiliki tampilan gagah, mobil tersebut juga mempunyai kapasitas penumpang yang banyak hingga 7 orang. Bahkan, kursi Avanza 2008 baris ketiga bisa menampung tiga penumpang dewasa. Hal ini tidak dimiliki kebanyakan mobil MPV lainnya.

Selain itu, Avanza 2008 bekas memiliki fitur canggih berupa AC dual blower dan sudah dilengkapi evaporator, sehingga mobil tersebut menjadi salah satu mobil paling sejuk di Indonesia.

Jika dibandingkan dengan Avanza keluaran 2010, tidak memiliki perbedaan spesifikasi terlalu signifikan. Keduanya mengusung desain dasbor yang mirip serta sama-sama memiliki ruang bagasi berukuran luas.

Dengan demikian, disarankan membeli Toyota Avanza 2008 bekas yang tentunya memiliki harga lebih murah. Antara Avanza keluaran 2008 dan 2010, perbedaan harga keduanya mencapai sekitar 10 jutaan, di mana harga Avanza 2010 seharga Rp70 hingga 120 jutaan berdasarkan situs jual mobil bekas Carmudi Indonesia.

Sebagai informasi, Toyota Avanza pertama kali diluncurkan di Tanah Air pada Desember 2003. Mobil ini dijuluki sebagai ‘mobil sejuta umat’. Meski bertambah banyak kompetitor di segmen MPV, posisi Avanza belum tergoyahkan.

Di sepanjang tahun 2019 lalu, penjualan Toyota Avanza naik sebesar 6,9 persen dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

Seiring semakin bertambahnnya konsumen yang memilih Avanza, pihak Toyota terus melakukan peningkatan pada mobil ini, mulai dari tampilan, performa, desain, hingga fiturnya.

Hal ini bertujuan untuk mengikuti dinamika perubahan kebutuhan para konsumen.

Baca Juga:

Spesifikasi Toyota Avanza 2008 Bekas

perjalanan toyota avanza

Toyota Avanza keluaran pertama desainnya agak mirip Toyota Kijang Kapsul. (Foto: Ilustrasi)

Pada tahun 2008, Toyota Avanza sempat mendapatkan beberapa pembaruan pada bagian eksterior dan interiornya. Salah satunya, di bagian gril yang didesain lebih gagah dibandingkan model sebelumnya.

Sebelum mengetahui harga Toyota Avanza 2008 bekas, tidak ada salahnya untuk ketahui dulu spesifikasi mobil ini secara lebih detail sebagai berikut.

Mesin

Toyota Avanza 2008 bekas dibenamkan mesin tipe K3-VE, DOHC, VVT-I berkapasitas 1.298 cc yang dapat mengeluarkan tenaga sebesar 86 hp pada putaran mesin 6.000 rpm serta torsi maksimal 120 Nm pada putaran 4.400 rpm.

Untuk transmisinya sendiri, ditawarkan dalam dua pilihan, yaitu manual 5 percepatan dan otomatis 4 percepatan.

Eksterior

Eksterior Toyota Avanza 2008. (Foto: Carmudi)

Dari segi dimensi, mobil ini memiliki ukuran panjang 4.120 mm, lebar 1.630 mm, dan tinggi 1.695 mm.

Jika melihat tampilan luar Toyota Avanza 2008 ini, terlihat adanya beberapa perbedaan yang cukup signifikan jika dibandingkan dengan model sebelumnya.

Mulai dari bagian depan, dimana terdapat gril dan bumper depan mobil yang mendapatkan penyegaran. Grilnya sudah menggunakan plastik serta kelir krom berkualitas yang terkesan modern.

Meski bahannya plastik, warna gril tersebut diklaim tidak cepat menguning dalam waktu lama. Selain itu, bagian bumpernya memiliki beberapa lekukan yang terlihat elegan dan menawan.

Beralih ke bagian samping, terlihat tidak ada perbedaan dengan model sebelumnya. Tampilannya bahkan masih mirip seperti Avanza generasi pertama tahun 2003.

Namun, pihak Toyota tetap melakukan pembaruan pada bagian samping mobil buatannya ini. Pelek mobilnya terlihat lebih elegan, dimana sudah tidak ada lagi lesung pipit di tiap ujung spoke-nya.

Tidak hanya itu, ban Avanza 2008 sudah mengandalkan Dunlop SP10 berukuran 14 inci yang terkenal handal serta mumpuni.

Di sisi lain, masih ada yang menggunakan ban Bridgestone dengan grip yang berkualitas baik. Pada bagian belakang, terlihat adanya perbedaan di bagian stop lamp atau lampu remnya.

Lampu rem pada mobil tersebut sudah menggunakan model kristal multireflektor. Sebagai informasi, lampu bohlam berjenis LED (Light Emitting Diode) belum populer pada saat itu.

Namun, lampu bohlam ini memiliki kemampuan yang kuat meskipun Avanza 2008 dibawa berkendara di jalanan rusak sekali pun. Selain itu, ada beberapa Toyota Avanza 2008 yang diberikan tambahan tanduk di bumper belakang berwarna hitam dan dinilai memiliki kualitas bagus.

Interior

Interior Toyota Avanza 2008. (Foto: Carmudi)

Berbeda dengan eksteriornya, interior Toyota Avanza 2008 ini tidak memiliki perbedaan apapun dibandingkan interior generasi sebelumnya. Bahkan, dasbor mobil tersebut masih mengusung desain yang sama dan terus dipertahankan hingga Avanza keluaran tahun 2010.

Selain itu, fitur-fitur yang disematkan pada dasbornya juga masih dipertahankan dari model sebelumnya, seperti radio tape, slot penyimpanan kartu, serta pengatur AC (Air Conditioning).

Meski demikian, setir kemudi Avanza 2008 dinilai menggunakan bahan yang empuk dan nyaman digenggam oleh pengemudi saat berkendara. Di sisi lain, mobil tersebut mempunyai busa jok lebih tebal dibandingkan dengan Avanza generasi kedua yang diluncurkan pada 2011.

Namun sayangnya, jok kursi pada Avanza 2008 ini kurang bisa menopang badan pengemudi dan penumpangnya dengan baik. Saat mobil tersebut dibawa berkendara dalam jarak jauh, badan mereka akan terasa lelah.

Ini berlaku pada kursi Avanza 2008 baris kedua. Namun, masalah ini bisa teratasi berkat suspensi yang disematkan pada mobil ini.

Keunggulan pada Avanza 2008 selain mempunyai kapasitas penumpang hingga 7 orang adalah memiliki ruang bagasi berukuran luas sehingga bisa menaruh barang dalam jumlah cukup banyak. Keunggulan ini pun masih dipertahankan pada Avanza 2010.

Dengan demikian, Toyota Avanza 2008 dapat diandalkan untuk dibawa berkendara dalam perjalanan di dalam maupun luar kota yang jaraknya jauh.

Fitur

Toyota Avanza 2008 dinilai memiliki berbagai fitur yang sederhana dan cukup lengkap di masanya. Pada kursi mobil baris ketiga, disematkan headrest atau sandaran kepala untuk memberikan kenyamanan bagi penumpang selama perjalanan.

Ketinggian sandaran kepala ini dapat diatur sesuai dengan tinggi penumpang yang duduk di kursi baris ketiga. Namun, fitur tersebut tidak disematkan pada semua Avanza tahun 2008 ataupun 2009.

Bagi Carmudian yang lahir di tahun 90-an, mungkin pernah merasakan sulit saat masuk ke ruang kabin Toyota Kijang generasi kapsul atau masih full pressed body dan mencoba ke bangku baris ketiga karena akses masuknya tidak luas.

Namun, sejak Toyota Avanza generasi pertama lahir, akses ke bangku baris ketiga mobil Toyota jadi mudah karena mekanisme pelipatan kursinya sudah dibuat dengan baik.

Hal ini bertujuan untuk memberikan kenyamanan secara maksimal bagi penumpang meski belum sepraktis Avanza 2011 yang sudah disematkan fitur one touch tumble.

Tidak hanya itu, seperti yang sudah dijelaskan di atas, pihak Toyota juga sudah menyematkan AC dual blower berkualitas bagus pada Avanza 2008 agar pengemudi dan para penumpang tidak merasa panas selama perjalanan.

AC tersebut telah dilengkapi dengan evaporator yang memang dikenal dapat mendinginkan udara secara benar, bukan hanya blower seperti milik Toyota Calya.

Dengan demikian, Toyota Avanza 2008 menjadi salah satu mobil yang memiliki hembusan angin paling dingin di Indonesia, selain Toyota kijang dan Daihatsu Xenia.

Harga Toyota Avanza 2008 Bekas

Avanza dan Xpander menjadi dua model laris di Yogyakarta. (Foto: Gogo Mobilindo)

Toyota Avanza 2008 bekas masih banyak yang dijual dengan harga terjangkau. Berdasarkan situs jual mobil bekas Carmudi Indonesia, Avanza 2008 dijual seharga berkisar Rp60 sampai 100 jutaan.

Harga ini juga tidak berbeda jauh dengan harga Toyota Avanza 2008 di situs jual mobil bekas lainnya.

 

Penulis: Nadya Andari

Editor: Dimas

Nadya Andari

Memulai karir sebagai Content Writer di Carmudi Indonesia sejak awal tahun 2019. Lulusan Desain Komunikasi Visual yang suka sekali menulis, seperti cerpen, artikel, dan sebagainya.
Follow Me:

Related Posts