Reviews

Spesifikasi Lengkap dan Harga Wuling Air EV 2022, Mulai Rp230 Jutaan

Wuling Air EV merupakan mobil listrik pertama besutan Wuling yang diluncurkan di Indonesia. Mobil ini ditawarkan dalam dua varian, yaitu Standard Range dan Long Range dengan rentang harga Rp238—311 juta.

Jika dibandingkan dengan harga mobil listrik lainnya seperti Hyundai Ioniq 5 dan Nissan Leaf, berbeda jauh. Harga kedua mobil ini mulai Rp700 jutaan.

Wuling Air ev

Tampilan Wuling Air EV di Indonesia. (Foto: Carmudi)

Meskipun harganya murah, Wuling Air EV tetap hadir dengan mengusung konsep desain futuristik dan telah dilengkapi fitur-fitur canggih.

Bagi yang berminat membeli Wuling Air EV, sudah bisa memesannya lewat diler Wuling ataupun situs web resmi Wuling.id.

Harga Wuling Air EV 2022

Wuling Air ev di PEVS 2022

Harga Air EV mulai Rp230 jutaan. (Foto: Carmudi)

Berdasarkan situs resmi Wuling, berikut ini adalah daftar harga Wuling Air EV pada September 2022 On The Road (OTR) DKI Jakarta.

  • Air EV Standard Range Rp238 juta
  • Air EV Long Range Rp295 juta
  • Air EV Long Range with Charging Pile Rp311 juta

Ada lima opsi warna ditawarkan untuk para calon pembeli Air EV, mulai dari pristine white, galaxy blue, peach pink, lemon yellow, dan avocado green.

Spesifikasi Baterai Wuling Air EV

Semua varian Air EV dilengkapi baterai Lithium Ferro-Phosphate, namun kapasitasnya berbeda satu sama lain. Untuk varian Standard Range, kapasitas baterainya sebesar 17,3 kWh, sedangkan Long Range 26,7 kWh.

Adanya perbedaan ini membuat jarak tembuh masing-masing varian Air EV berbeda. Apabila varian Standard Range punya jarak tempuh 200 km, Long Range mencatat jarak tempuh hingga 300 km.

Selain itu, daya baterai Air EV disalurkan ke motor listrik dengan daya maksimal 30 kW. Pihak Wuling mengklaim bahwa mobil listriknya ini dibuat dengan konsep Easy Home Charging yang berarti pengecasannya bisa dilakukan dengan dicolok ke listrik rumah.

Mengenai waktu pengecasan baterai Air EV, membutuhkan waktu sekitar 8,5-11 jam dengan daya 2.0 kW untuk mengisi dari 20-100 persen. Jika menggunakan daya 6.6 kW, waktu pengecasan baterai mobil tersebut hanya sekitar 4 jam dari 20-100 persen.

Perlu diketahui, baterai Air EV lolos dari 16 model tes guna lebih menjamin keamanan dan keselamatan setiap pengguna mobil tersebut.

Model tesnya seperti rotasi berulang, kebakaran, direndam air, hingga getaran di frekuensi tertentu. Baterainya juga dites jatuh dari ketinggian satu meter, percepatan sampai 28G, serta terguling seperti mobil yang terguling-guling.

Hasil dari tes ini yaitu komponen baterai Air EV tetap bisa bekerja normal. Tak hanya itu saja, baterai tersebut juga dilakukan pengetesan dengan pembakaran dan suhu tinggi. Hasilnya, baterai ini tidak meledak.

Saat direndam ke dalam air pun, baterai Air EV juga tidak mengalami kebocoran, sehingga diberikan sertifikasi IP67. Dengan demikian, Wuling Air EV aman dibawa berkendara di jalanan yang banjir.

Baterai Wuling Air EV
Tipe baterai Lithium Ferro-Phosphate
Kapasitas baterai 17,3 kWh (Standard Range)

26,7 kWh (Long Range)

Jarak tempuh 200 km (Standard Range)

300 km (Long Range)

Waktu pengecasan 8,5-11 jam dengan 2.0 kW AC (Standard Range)

4 jam dengan 6.6 kW AC (Long Range)

Transmisi Single reduction gear

Eksterior Wuling Air EV

wuling air ev thumb

Eksterior Air EV yang terlihat futuristik. (Foto: Carmudi)

Jika dilihat secara menyeluruh, tampilan luar Air EV memang terkesan futuristik serta modern meskipun harganya terbilang murah dibandingkan mobil-mobil listrik lain di Indonesia.

Dimensi

Secara dimensi, Air EV mempunyai panjang 2.974 mm, lebar 1.505 mm, tinggi 1.631 mm, serta jarak sumbu roda 2.010 mm.

Desain Bodi

Eksterior Air EV menggunakan konsep ‘futuristic tech’ sehingga mobil listrik tersebut terkesan seperti mobil dari masa depan.

Ini terlihat dari bagian depannya yang sudah dilengkapi Extended Horizon LED beserta aksen biru yang melintang dari spion kiri ke kanan pada varian Long Range.

Untuk varian Standard Range, garisnya digantikan dengan aksen krom. Tak hanya itu, lampu sein yang disematkan di spion samping Air EV juga sudah mengandalkan LED. Pada varian bawah mobil ini, lampu depan dan belakangnya memakai bohlam halogen, sedangkan varian atasnya sudah menggunakan LED.

Meski masih halogen, lampunya dapat mengeluarkan pencahayaan yang terang saat mobil dibawa berkendara di malam hari. Tak ketinggalan, disematkan pula logo khas Wuling di bagian depan yang berwarna perak dan akan menyala saat Air EV dalam keadaan aktif.

Pada bagian kaki-kaki mobil tersebut, terdapat pelek berukuran 12 inci dengan ban 145/70. Desain bagian belakang mobil ini sendiri terlihat sama dengan bagian depan. Namun, desainnya terkesan lebih mengotak untuk bagian belakang, sedangkan bagian depan lebih terkesan membulat.

Sementara itu, Air EV mengandalkan penggerak roda belakang dengan posisi baterai agak ke bawah yang membuat mobil tersebut bisa berkendara dengan stabil di jalan.

Interior Wuling Air EV

Ruang kabin Wuling Air ev

Interior Air EV. (Foto: Wuling)

Tak kalah dengan eksteriornya, interior Air EV juga terlihat modern meskipun mempunyai desain yang sederhana.

Konfigurasi Kabin

Meski mungil, Air EV dapat menampung hingga empat orang dengan pengaturan 50:50 untuk bangku baris kedua.

Fitur Hiburan

Air EV telah disematkan dengan beragam fitur hiburan yang handal. Terdapat head unit Integrated Floating Widescreen seluas 10,25 inci di bagian dasbor khusus varian Long Range yang membuat tampilan dalam Air EV semakin modern.

Ada pula AM/FM Radio, USB, serta bluetooth turut disematkan pada mobil ini.

Tak ketinggalan, head unit Air EV juga sudah dibekali konektivitas internet sehingga berkendara dengan Air EV bagi pengemudi dan penumpang terasa lebih menyenangkan.

Fitur Kenyamanan

Untuk fitur kenyamanan pada Air EV, terdapat pengaturan AC model putar, port USB Charging, serta power outlet di bawah head unit mobil tersebut yang berfungsi untuk mengisi daya ponsel pengguna.

Terdapat juga cup holder di depan kisi-kisi AC yang bisa membuat minuman pengguna tetap dingin selama perjalanan.

Tak ketinggalan, Air EV turut dilengkapi dengan beberapa kompartemen yang bisa dimanfaatkan penumpang mobil ini untuk menyimpan barang bawaannya.

Sama seperti Almaz RS dan Cortez terbaru, Air EV juga sudah disematkan fitur canggih berupa WIND (Wuling Indonesian Command) guna memberikan kemudahan bagi pengguna untuk mengoperasikan fitur-fitur di mobilnya seperti radio, musik, dan sebagainya dengan perintah suara dalam bahasa Indonesia.

Ada pula IoV (Internet of Vehicle) pada Air EV yang membuat pengguna dapat membuka dan menutup jendela, mendinginkan kabin, mengunci pintu, hingga mengetahui posisi mobilnya lewat aplikasi MyWuling+ di smartphone.

Pengguna juga dapat mengetahui informasi mengenai mobilnya ini lewat fitur tersebut.

Air EV turut dibekali dengan berbagai fitur keselamatan mumpuni, antara lain ABS (Anti-lock Braking System), EBS (Electronic Braking System), ESC (Electronic Stability Control), serta dua buah airbag di depan.

Desain Interior

Jok kursi pada Air EV punya palet warna yang berbeda berdasarkan tipenya. Untuk varian Standard Range, joknya berbahan kain dengan warna abu-abu, sedangkan Long Range memiliki jok bermaterial kulit sintetis dan berwarna carbon black.

Bahan-bahan jok ini juga sama dengan material yang membalut setir kemudi Air EV. Pada setir kemudi mobil ini, terdapat multifunction switch untuk mengatur beberapa fitur hiburan, meter cluster, hingga fitur WIND.

Di depan pengemudi, disematkan meter cluster full color dengan ukuran yang berbeda untuk kedua variannya. Meter cluster pada varian Standard Range berukuran 7 inci dan 10,25 inci untuk Long Range.

Pada sisi kiri pengemudi, ada knop bulat yang berguna untuk mengatur transmisi mobil. Ada juga tuas rem tangan elektrik serta pengaturan buka-tutup jendela pintu Air EV.

Tak ketinggalan, ada pula fitur one touch tumble yang disematkan di kursi penumpang untuk memudahkan pelipatan kursi depan agar akses masuk ke kursi belakang lebih mudah.

Khusus varian Long Range, terdapat beberapa fitur canggih seperti keyless entry untuk masuk ke mobil tanpa kunci manual dan Smart Start System yang membuat mobil dapat menyala secara lebih mudah.

Kelebihan dan Kekurangan Wuling Air EV

Berikut ini adalah beberapa kelebihan dan kekurangan yang dimiliki Wuling Air EV.

Kelebihan Wuling Air eV

  • Disematkan Keyless Entry

Seperti diketahui, Air EV sudah mengandalkan keyless entry yang berarti pemilik mobil ini tidak lagi menggunakan kunci manual untuk masuk ke dalam mobilnya.

Pemilik Air EV cukup mengantongi remote mobilnya di saku, kemudian memencet tombol hitam di gagang pintu, lalu tarik gagang pintunya.

  • Punya Fitur Hill Hold Control

Fitur Hill Hold Control sangat berguna bagi pengguna yang sering melewati jalan tanjakan ataupun turunan. Dengan adanya fitur ini, pengguna Air EV tidak perlu khawatir mobilnya merosot saat sedang berhenti di jalan tersebut.

Untuk menggunakan fitur Hill Hold Control, pengguna harus mengaktifkan Automatic Vehicle Holding terlebih dahulu di mana tombolnya berada di konsol tengah, tepatnya di belakang tombol rem parkir elektrik.

  • Memiliki fitur WIND dan IoV

Meski murah, Air EV telah disematkan fitur WIND dan IoV yang canggih. Seperti diketahui sebelumnya, IoV memudahkan pengguna untuk mengoperasikan mobilnya lewat smartphone.

Untuk WIND, pengguna dapat mengatur fitur-fitur di mobilnya lewat perintah suara Bahasa Indonesia.  Untuk mengaktifkan fitur ini, Carmudian hanya perlu menekan tombol voice command di sisi kiri setir kemudi, lalu ucapkan “Halo Wuling”.

Kekurangan Wuling Air EV

  • Dimensi Jok Kecil

Air EV diketahui memiliki dimensi jok depan yang terlalu kecil sehingga paha pengguna tidak bisa ditopang dengan baik. Mungkin bagi yang punya postur tubuh di bawah 170 cm, tidak akan bermasalah saat duduk di jok kursi tersebut.

FAQ

Wuling Air ev

Mobil listrik pertama Wuling di Indonesia. (Foto: Carmudi)

  1. Berapa harga Wuling Air EV?

Harga Wuling Air EV saat ini Rp238 juta untuk varian terendah dan Rp311 juta untuk varian tertinggi OTR DKI Jakarta.

  1. Apa saja varian yang ditawarkan untuk Wuling Air EV?

Wuling Air EV ditawarkan dalam dua varian, yaitu Standard Range dan Long Range.

  1. Apa saja opsi warna Wuling Air EV?

Wuling Air EV tersedia warna galaxy blue, pristine white, lemon yellow, peach pink, serta avocado green.

  1. Apakah Wuling Air EV punya fitur WIND dan IoV?

Iya, Wuling Air EV sudah memiliki fitur WIND dan IoV seperti Almaz RS dan Cortez terbaru.

  1. Apakah Wuling Air EV sudah disematkan keyless entry?

Iya, Wuling Air EV telah dilengkapi dengan keyless entry.

Penulis: Nadya Andari
Editor: Dimas

Nadya Andari

Memulai karir sebagai Content Writer di Carmudi Indonesia sejak awal tahun 2019. Lulusan Desain Komunikasi Visual yang suka sekali menulis, seperti cerpen, artikel, dan sebagainya.
Follow Me:

Related Posts