Home » Berita » Spesifikasi Lengkap Suzuki Jimny, Sang Legenda yang Punya Brake LSD

Spesifikasi Lengkap Suzuki Jimny, Sang Legenda yang Punya Brake LSD

“Spesifikasi lengkap Suzuki Jimny yang hadir di GIIAS 2019”

Tangerang – Walaupun sudah melantai secara perdana pada 1 tahun silam, daya tarik Suzuki Jimny seakan tak pernah pudar. Pasalnya, banyak masyarakat yang sangat menanti-nanti kedatangan SUV buatan Jepang ini ke Indonesia. Di Indonesia, Suzuki Jimny bermain di segmen sendiri dan tak memiliki lawan di kelasnya. Lalu, faktor apakah yang membuat masyarakat Indonesia menantinya?

Nama besar Suzuki Jimny cukup erat kaitannya bagi masyarakat Indonesia. Mobil ini sudah seperti saudara kandung bagi masyarakat Indonesia. Hal tersebut dikarenakan banyak orang yang sudah melihat mobil ini sejak tahun 1980-an. Terlebih di tahun 1990-an, mobil ini diproduksi secara lokal dengan nama Suzuki Katana berpenggerak 2 roda.

Hal inilah yang membuat Suzuki Jimny memiliki nilai sejarah yang cukup dinantikan oleh para pecintanya. Suzuki Jimny generasi terbaru yang diluncurkan oleh PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) ini secara resmi dijual pada tahun 2019. Di ajang GIIAS 2019, SIS merilis harga jual dari mobil bertubuh kotak ini. Ada dua model yang ditawarkan, single tone dan dual tone.

spesifikasi suzuki jimny giias 2019
Tampilan belakang yang selaras gagah dengan fasia depan. Foto/Carmudi.

Untuk varian single tone, dijual mulai dari Rp 315,5 juta tipe transmisi manual dan Rp 328 juta tipe transmisi otomatis. Sedangkan untuk dual tone transmisi manual dibanderol Rp 317,5 juta transmisi manual dan Rp 330 juta transmisi otomatis.

Keduanya sudah dapat dipesan di dealer  Suzuki di setiap kota. Kendati bisa dipesan, sayangnya calon konsumen Suzuki Jimny yang memesan unitnya sekarang harus bersabar. Karena inden untuk mobil ini sudah mencapai 1 tahun. Wuih!

Pihak Suzuki mengatakan jika mereka hanya mendapatkan jatah unit sebanyak 50 unit per bulan. Jatah unit tersebut juga harus dibagi lagi ke 54 dealer  yang ada di Indonesia.

Pada hari pertama GIIAS, mobil ini sudah ludes terjual kepada para pecinta Jimny. Harga yang ditawarkan oleh Suzuki Indonesia ini diakui tak menjadi masalah bagi para pembeli Jimny. Pembeli Suzuki Jimny merupakan para pengguna mobil yang sebelumnya sudah memiliki lebih dari 2 mobil.

Jika mau lihat harga Suzuki Jimny 2019, silahkan klik di:

Promo Harga Suzuki Jimny 2019

Spesifikasi Mesin Suzuki Jimny 2019

Bagaimana dengan mesinnya? Spesifikasi lengkap Suzuki Jimny 2019 ini mengusung mesin berkode K15B. Mesin yang digunakan pada Jimny ini serupa dengan Suzuki Ertiga yang juga menggendong mesin K15B. Namun, pihak Suzuki mengklaim jika komponen mesin yang digunakan antara Jimny dan Ertiga berbeda.

“Hanya beberapa komponen di mesin yang sama antara Jimny dengan produk Suzuki lainnya. Apabila komponen tersebut memiliki kesamaan part number maka bisa saling ditukarkan. Sementara dengan All New Ertiga, hanya 7% part engine yang sama,” tegas Riecky Patrayudha, Service Dept Head 2W, 4W, and Marine PT Suzuki Indomobil Sales.

Lebih lanjut diriya menambahkan,”Sebelum meluncurkan produk, kami telah melakukan berbagai persiapan termasuk dalam hal service dan spare part. Saat ini, Technical Advisor di seluruh bengkel resmi Suzuki di Indonesia telah siap 100% untuk melakukan perawatan Jimny”.

spesifikasi suzuki jimny giias 2019

Dari sisi spesifikasi lengkap Suzuki Jimny ini membawa mesin berkapasitas 1.462 cc, 4 silinder ini mampu mengeluarkan tenaga hingga 102 hp dengan torsi maksimal 130 Nm. Tenaga tersebut disalurkan ke roda bagian belakang dengan dua pilihan transmisi.

Transmisi manual dibekali dengan 5 speed, sedangkan otomatis memakai 4 speed. Mobil SUV legendaris ini dibekali dengan transmisi 4×4 dengan mode 2H, 4H dan 4L. Tuas perpindahan 4×4 dapat dioperasikan dengan mudah melalui tuas di dekat rem tangan.

Pihak Suzuki mengklaim jika mengendarai Suzuki Jimny generasi baru ini sangat berbeda dibandingkan dengan Jimny generasi-generasi sebelumnya.

Suspensi Suzuki Jimny

Walaupun memiliki dimensi yang cukup kecil, Suzuki Jimny 2019 ini ternyata memakai rangka ladder frame. Rangka ini merupakan rangka yang juga digunakan oleh model-model SUV besar yang ada di Indonesia.

Untuk menopang rangka tersebut, Suzuki Jimny ini dibekali dengan suspensi 3 Link Rigid Axle dengan coil spring. Suspensi yang ditanamkan di roda depan dan belakang menggunakan suspensi yang sama.

kaki-kaki suzuki jimny

Soal ukuran velg, mobil ini menggunakan velg berukuran 15 inci. Velg tersebut dibalut dengan ban berukuran 195/80. Bagi pecinta offroad, ban ukuran ini rasanya kurang menarik perhatian. Biasanya para pengguna Jimny akan mengganti ban standardnya dengan menggunakan ban MT dengan ukuran yang jauh lebih besar. Soal kapasitas tangki, Jimny dibekali dengan tangki berukuran 40 liter.

Fitur Keamanan Suzuki Jimny 2019

Soal keamanan, Suzuki Jimny terbaru ini juga didukung oleh berbagai fitur keamanan dan keselamatan yang cukup baik. Mobil ini sudah menggunakan dua buah airbag yang akan memberikan keamanan bagi pengendara di bagian depan.

Struktur body menggunakan TECT Body diklaim lebih efisien dalam menyerap energi saat terjadi benturan. Tak hanya itu, mobil ini juga dilengkapi dengan brake LSD traction control. Fitur ini memungkinkan respon rem menjadi lebih cepat dengan penambahan tekanan.

Kinerja pengereman yang diberikan juga menjadi lebih baik pada saat tergelincir di jalan licin. Agar lebih nyaman, Suzuki Jimny 2019 ini juga dibekali dengan electronic stability programme. Fitur ini memungkinkan Jimny lebih stabil melakukan pengereman dan mencegah mobil over steer dan under steer. Selain fitur utama di atas, beberapa fitur keamanan juga disematkan sebagai salah satu standard keamanan yang ditanamkan Suzuki.

Mulai dari hill descent control, hill hold control, rem ABS, hingga jok dengan pengait ISOFIX di bagian belakang.

Suzuki Jimny 2019 Kaya Fitur

Sebagai mobil yang dibanderol Rp 315-330 jutaan, mobil ini termasuk mobil yang kaya akan fitur dan miliki spesifikasi lengkap Suzuki Jimny. Selain fitur yang sudah disebutkan di atas, mobil ini memiliki fitur yang cukup oke. Di bagian lampu depan, mobil ini mendapatkan LED projector yang bisa diatur naik turunnya pencahayaan. Selain itu, ada juga washer yang terdapat di bagian bawah lampu depan. Washer ini berguna untuk menyapu air saat lampu depan tertutup lumpur atau kotoran.

Bumper depan dari Suzuki Jimny ini juga dibuat dengan teknologi scratch-resistance bumper with wheel arch extention. Bumper ini merupakan bumper anti gores yang mampu melindungi mobil dari gesekan. Di bagian samping, terdapat over fender yang menggunakan bahan yang sama dengan bumper depan dan belakang. Bagian ini merupakan bagian yang tahan goresan, semakin menegaskan kesan kuat dan tangguh pada Suzuki Jimny.

Suzuki Jimny 2019 makin gagah tampilan eksteriornya. Foto/Carmudi.

Kaca spion pada Jimny 2019 ini juga sudah bisa dilipat dan diatur secara elektrikal. Di bagian pintu belakang, terdapat kaca belakang yang ditanamkan defogger. Bagaimana dengan ground clearance dari mobil ini? Suzuki Jimny 2019 memiliki ground clearance mencapai 210 mm dengan radius putar 4,9 meter.

Desain baru Suzuki Jimny makin memancing konsumen untuk memiliki. Foto/Carmudi.

Interior Suzuki Jimny 2019

Beralih ke bagian dalam. Interior Suzuki Jimny 2019 memiliki desain yang cukup oke. Dashboardnya di desain dengan warna hitam yang ditambah dengan material yang mudah digenggam. Untuk memanjakan pengemudi, Suzuki Jimny dibekali head unit berukuran 6,8 inci. Bahkan telah dilengkapi dengan fitur USB, bluetooth dan juga smartphone connection. AC pada mobil juga sudah dapat diatur menggunakan Auto Climate dengan heater.

Suzuki Jimny
Head unit Suzuki Jimny 2019. Foto/Carmudi.

Di bagian lingkar kemudi, terdapat beberapa tombol yang bisa digunakan untuk melakukan pengaturan. Pengaturan ini bisa digunakan untuk melakukan panggilan telepon dan pengaturan audio hingga menu.

Tak lupa, setir juga sudah dibungkus menggunakan bahan kulit yang membuat setir ini semakin nyaman digenggam. Belum selesai sampai disitu, Suzuki Jimny juga dibekali dengan fitur cruise control.

Suzuki Jimny
Beberapa fitur yang melekat di lingkar kemudi Suzuki Jimny memudahkan dan membuat nyaman pengendara. Foto/Carmudi.

Suzuki Jimny Punya Aksesoris Menarik

Bagi sebagian orang, mobil ini dirasa sudah memiliki tampilan yang sangat oke. Namun, PT SIS rupanya juga menyediakan perangkat aksesoris yang bisa membuat Jimny ini semakin keren.

Aksesoris yang disiapkan berupa cover spion berwarna krom, handle berwarna hitam doff, spatbor berwarna hitam, garnish bagasi, side body moulding, talang air hingga floor mat. Seluruh aksesoris ini ditawarkan secara terpisah dan dapat dibeli langsung di dealer resmi Suzuki.

Konsumen juga dapat memilih 8 warna yang disediakan. Mulai dari Kinetic Yellow, Brisk Blue Metallic, Chiffon Ivory Metallic, Superior White, Silky Silver Metallic, Medium Grey, Bluish Black Pearl 3, dan Jungle Green.(dol)

Previous post
Hadir di GIIAS 2019, Asuka Car TV Meluncurkan Dua Produk Terbaru
Nissan X-Trail di GIIAS 2019
Next post
Apa Alasan Nissan X-Trail Kini Hanya Satu Varian? Ini Spesifikasi Lengkapnya