Home » Sample Blog » Spesifikasi Mercedes-Benz B-Class, MPV Eropa Canggih dan Murah

Spesifikasi Mercedes-Benz B-Class, MPV Eropa Canggih dan Murah

Mercedes-Benz B-Class
Mercedes-Benz B-Class. (Foto: Carmudi)

Jakarta – Ini adalah salah satu mobil Mercedes-Benz termurah di Indonesia. Meskipun hadir sebagai mobil keluarga dengan desain kompak, namun kabin dalamnya justru terasa sangat lega. Bukan hanya itu saja mobil besutan Mercedes-Benz ini juga mobil tercanggih di kelasnya. Ya, mobil ini bisa diajak ngobrol!

Inilah Mercedes-Benz B-Class!

Spesifikasi Mercedes-Benz B-Class –  Eksterior

Mercedes-Benz alias Mercy B-Class ini menggunakan platform yang full baru dibanding generasi sebelumnya. Platform ini merupakan platform yang sama seperti yang dipakai A-Class bernama MFA2 atau Modular Front Architecture. Sekarang, kode bodi B-Class sudah jadi W247 dari yang sebelumnya W246.

Lantaran menggunakan platform yang sama, dimensi B-Class pun mirip dengan A-Class. Hanya saja dibuat lebih tinggi sehingga memperkuat kesan MPV dibandingkan hatchback A-Class. Kalau dibandingkan lagi, B-Class justru masih lebih kecil dibanding C-Class. Oleh karena itu, B-Class bisa disebut punya bodi relatif lebih mungil dan sangat memudahkan pengemudian di dalam kota.

Belakang Mercedes-Benz B-Class
Desain belakang Mercedes-Benz B-Class. (Foto: Carmudi)

Masih soal eksterior Mercedes-Benz B-Class yang juga agak-agak mirip A-Class. Dilihat dari depan dan belakang, ciri-ciri hatchback pun masih terlihat. Mungkin tepatnya, A-Class lebih ditujukan untuk konsumen yang berjiwa lebih muda karena tampilan lebih sipit dan lebih rendah, sedangkan B-Class ditujukan untuk konsumen berjiwa muda dan keinginan berkeluarganya sudah mulai muncul. Oya, sama persis dengan A-Class yang masuk sini adalah A200, sedangkan B-Class juga B200.

Dari bagian depan lampunya menyipit, sedangkan grille melebar dengan background honeycomb plus emblem Mercedes-Benz raksasa. Masih di depan, grille radiator honeycomb memanjang didukung housing foglamp jelas mirip A-Class, tapi dibuat sedikit lebih besar. Kap mesin B-Class terlihat lebih pendek dan kacanya menekuk lebih tinggi ke atas. Desain ini diusung agar ruang di dalam bisa lebih luar dibanding A-Class, meski panjang keseluruhannya sama persis.

Detail lampu depannya udah full LED dengan DRL yang punya dua strip. Lampu besar projector LED dengan auto levelling, lampu jauh LED non projector dan lampu sein LED yang menggantikan DRL-nya.

Menuju ke belakang, berkat jendela yang bagian bawahnya lebih membulat dan menekuk, sekarang jadi tidak terlihat ala MPV B-Class versi sebelumnya. Di sektor penerangan, lampu belakang full LED serta terdapat parking lights. Lampu malamnya LED bar yang nyala mengitari lampu hingga bagian dalam. Lampu remya LED yang menyala bagian luarnya, lampu sein LED dan foglamp belakang LED di sebelah kanan saja.

Detail Dimensi Mercedes-Benz B-Class

  • Panjang: 4.419 mm
  • Lebar: 1.796 mm
  • Tinggi: 1.562 mm
  • Wheelbase: 2.729 mm
  • Radius Putar: 5,5 meter
  • Sistem Kemudi: Electric Power Steering
  • Suspensi Depan: McPherson Strut dengan Coil Spring
  • Suspensi Belakang: Torsion Beam dengan Coil Spring
  • Damper: Static Lowered 15 mm

Spesifikasi Mercedes-Benz B-Class – Interior

Interior Mercedes-Benz B-Class
Interior Mercedes-Benz B-Class. (Foto: Carmudi)

Masuk ke dalam kabin, interior B-Class sudah jauh berbeda dengan generasi sebelumnya. Jika interior B-Class generasi sebelumnya yang beredar antara tahun 2011 sampai 2017 tampak sangat membosankan, kini bisa dibilang berubah sangat drastis.

Perubahan pertama dan paling terlihat adalah dua layar berukuran 10,25 inci yang menyatu jadi satu layar panjang. Desain ventilasi AC yang elegan berbentuk layaknya baling-baling pesawat dilapisi satin krom. Ambient Lighting dimana-mana, konsol tengah yang lebih mewah karena sudah layar sentuh dan segala tombol di sekitarnya.

Sementara pada joknya, Mercedes-Benz B-Class menggunakan material artico leather dengan format luxury seats. Jok mewah ini pun tentunya sudah dilengkapi dengan pengaturan elektrik serta memory seat.

Menuju ke belakang pada bagasinya, dalam kondisi biasa Mercedes-Benz B-Class punya kapasitas bagasi cukup besar, yakni 455 liter. Kapasitas bagasi bisa diperbesar hingga 1.540 liter jika jok baris ke dua dilipat dengan format 40:20:40.

Spesifikasi Mercedes-Benz B-Class – Mesin

Mesin Mercedes-Benz B-Class
Mesin Mercedes-Benz B-Class. (Foto: Carmudi)

Nah, soal dapur pacu, Mercedes-Benz B-Class yang sebelumnya menggendong mesin berkapasitas 1.600 cc kini harus dibekali mesin baru yang hanya berkapasitas 1.300 cc. Mesin yang sama dengan A200. Tapi jangan salah, walaupun kapasitas mesinnya turun tapi tenaganya justru naik 5 HP jadi 161 HP serta torsi maksimal hingga 250 Nm.

Kapasitas yang kecil ini sebenarnya juga didorong teknologi canggih. Turbocharger dan Gasoline Direct Injection jelas ada, dan paling keren adalah Cylinder Deactivation yang bisa menonaktifkan silinder dua dan tiga saat tidak dibutuhkan sehingga bisa menambah efisiensi bahan bakar.

Mercedes-Benz juga dilengkapi dengan beberapa mode berkendara yang bisa diganti-ganti. Mode berkendaranya adalah Eco, Comfort, Sport, dan Individual yang akan mengubah karakter throttle, stability control, dan setirnya.

Spesifikasi Mesin Mercedes-Benz B-Class

  • Mesin: M282
  • Jumlah Silinder: 4, Segaris
  • Teknologi Mesin: DOHC, Gasoline Direct Injection, Turbocharger, Cylinder Deactivation
  • Kapasitas Mesin: 1.332 cc
  • Tenaga Maksimum: 161 hp (163 ps) @ 5.500 rpm
  • Torsi Maksimum: 250 Nm @ 1.620 rpm
  • Transmisi: Otomatis 7-percepatan Dual Clutch
  • Layout Mesin: Mesin Depan Penggerak Roda Depan
  • Kapasitas Tangki: 43 liter
Previous post
Ini Sebab Suzuki Carry Pick-up Melegenda dan Banjir Peminat
Next post
Punya Warna Baru, Yamaha NMax Dijual Rp27 Jutaan

No Comment

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *