Home » Sample Blog » Spesifikasi MINI Cooper S 3-Doors Facelift Minor Perubahan, Sempat Laku Seharga Rp12 Ribu

Spesifikasi MINI Cooper S 3-Doors Facelift Minor Perubahan, Sempat Laku Seharga Rp12 Ribu

Review, Harga, dan Spesifikasi MINI Cooper S 3-Doors – Setelah terbaru MINI Cooper S 3-doors versi facelift diluncurkan pada Agustus 2018 lalu, review mobil kompak dan ikonik ini mulai bermunculan. Detailnya, review kali ini adalah seputar perubahan-perubahan yang terdapat di spesifikasi MINI Cooper S 3-doors yang mengaspal di Indonesia dengan status CBU alias full impor.

Mobil MINI Cooper S 3-doors di Indonesia dinilai sebagai mobil dengan predikat paling orisinal khas MINI. Selain itu juga MINI Cooper S dianggap paling menyenangkan untuk dikendarai.

Meskipun meluncur dengan status facelift, MINI Cooper S tetap mempertahankan desain yang kuat. Bagi orang awam, mungkin perubahan yang terjadi tidak mudah dapat dilihat.

Harga MINI Cooper S 3-Doors

Merujuk pada situs resminya, harga MINI Cooper S 3-doors kini dibanderol Rp720 juta. Ini artinya harga MINI Cooper S 3-doors versi facelift yang meluncur di 2018 kemarin naik sekitar Rp30 jutaan.

Uniknya, MINI Cooper S sempat viral di Harbolnas (Hari Belanja Nasional) akhir 2018 kemarin. Pasalnya, seorang driver ojek online bernama Dedi secara tidak sengaja menemukan sebuah unit MINI Cooper S dengan harga hanya Rp12 ribu di salah satu platform marketplace saat itu. Dedi yang iseng ketika itu mencoba membeli kupon seharga Rp12 ribu tidak menyangka pembeliannya berbuah hadiah utama MINI Cooper S 3-doors.

Harga MINI Cooper S 3-doors sendiri bukan lagi menjadi model termurah besutan karena masuk ke Indonesia sebagai unit CBU alias impor utuh. Justru, predikat mobil termurah jatuh kepada MINI Countryman lantaran telah dirakit penuh di dalam negeri.

Eksterior MINI Cooper S 3-Doors

Spesifikasi MINI Cooper S 3-doors

Mulai dari tampak muka depan, eksterior MINI Cooper S ditandai dengan emblem logo baru MINI di depan kap mesin. Untuk menunjang visibilitas di malam hari, lampu utama MINI Cooper S tetap menunjukan kelasnya dengan berbekal spesifikasi LED DRL.

Perubahan desain juga terjadi di sini, jika sebelumnya bentuk lampu utama MINI Cooper S sebelumnya hanya lingkaran 3/4 saja, kini sudah satu lingkaran penuh. Bukan cuma lampu utama, lampu sein juga membulat penuh dengan spesifikasi lampu LED. Lebih detail lagi, di dalamnya terdapat cover lampu pada MINI Cooper S ini yang menjadi lebih pipih.

Di bagian eksterior belakang MINI Cooper S sendiri, lampu belakang sudah menggunakan LED dengan motif bendera Inggris. Sementara itu, di bagian kaki-kaki MINI Cooper S menggunakan ban ukuran 205/45 R17.

Spesifikasi Mesin MINI Cooper S 3-Doors

spesifikasi MINI Cooper S

Di sektor dapur pacu, MINI Cooper S dibenamkan mesin 2.000cc 4 silinder turbo. Berkat mesin ini, MINI Cooper S mampu hasilkan tenaga maksimum hingga 192 hp dan torsi hingga 280 Nm. Kekuatan ini kemudian disandingkan dengan transmisi baru 7-speed dual clutch. Istimewanya, mesin MINI Cooper S menerima ubahan pada sistem NVH (Noise, Vibration and Harshness). Sistem ini menjadikan kinerja mesin lebih halus dari model sebelumnya.

  • Tipe Mesin 2.0L MINI TwinPower Turbo empat silinder
  • Isi Silinder 1.998 cc
  • Tenaga Maksimum 192 hp
  • Torsi Maksimum 280 Nm
  • Transmisi 7-percepatan Steptronic Sport Transmission

Dimensi MINI Cooper S 3-Doors

Berhubung cuma facelift, dimensi MINI Cooper S tidak berubah sama sekali lantaran masih menggunakan basis model sebelumnya. Kekurangan dari dimensi MINI Cooper S di sini masih pada kapasitas bagasi yang tetap kecil.

Di atas kertas, bagasi MINI Cooper S ini hanya mampu menampung hingga 211 liter. Agar mendapat dimensi bagasi yang lebih luas, Anda bisa melipat jok baris belakang ini. Meskipun alasnya tidak rata, tapi bisa menambah dimensi bagasinya.

Bicara soal jok belakang, penumpang dewasa di baris belakang akan mendapat leg room dan head room yang memadai. Ukuran ini dinilai cukup mengesankan mengingat MINI Cooper S tergolong mobil kecil.

Spesifikasi Body MINI Cooper S  3-Doors

  • Panjang: 3.850 mm
  • Lebar: 1.727 mm
  • Tinggi: 1.415 mm
  • Wheelbase: 2.495 mm

Interior dan Fitur Hiburan MINI Cooper S 3-Doors

Interior MINI Cooper S setelah facelift juga mendapat sentuhan perubahan di beberapa bagian. Pertama, yang paling mencolok adalah bentuk tuas transmisi yang sudah bukan tuas konvensional lagi, tapi pakai model joystick seperti yang digunakan BMW pada umumnya. Pada tuas transmisi juga terdapat tombol parkir di ujung tuas dan tombol release-nya juga sudah elektrik di sampingnya.

spesifikasi MINI Cooper S

 

Ubahan spesifikasi MINI Cooper S bagian interior juga terjadi pada mode driving. Pada model sebelumnya, kontrol driving mode ini ada di bawah tuas transmisi, namun sekarang pindah ke tengah dengan tombol yang lebih simpel.

Di bagian tengah dashboard, perubahan di sistem multimedia sangat jelas terlihat dengan ubahan desain dan software MINI terbaru. Layar head unit kini sudah touch screen atau bisa juga menggunakan kontrol di tengah bawah dekat transmisi.

Sayangnya, dari kecanggihan yang ditawarkan spesifikasi MINI Cooper S, belum tersematnya fitur Apple Car Play atau Android Oto. Tidak ketinggalan juga pada instrument cluster MINI Cooper S, desain meteran bahan bakar juga berubah jadi lebih simpel namun elegan.

Kekurangan lainnya pada interior MINI Cooper S yang sebetulnya diharapkan untuk diperbaiki adalah pada knop buka-tutup pintunya. Memang secara bentuk dan desain dinilai keren, tapi sangat tidak ergonomis.(dol)

Previous post
Review Toyota Voxy, Alphard Versi Murah Tapi Nyaman
Next post
Harga Bekas Honda Sonic, Berapa Kisarannya?

No Comment

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *