BeritaEventMobilSumber informasi

Sederhana & Fungsional, WAPRODES Juara Lomba Desain Kendaraan Pedesaan

Jakarta – Kontes desain kendaraan pedesaan yang digelar oleh Institut Otomotif Indonesia (IOI) bersama Kementerian Perindustrian Republik Indonesia (Kemenperin) berakhir setelah hasil penjurian diumumkan di Ekspo Industri Kreatif Mobil dan Motor Seni di Bali, (11/3).

Dari 21 konsep desain yang didaftarkan, terpilih 5 desain yang dianggap layak untuk masuk ke babak final.

Dan setelah melalui proses penilaian yang melibatkan tujuh juri seperti Yan Tandiele, Direktur IMATAP Ditjen ILMATE Kemenperin, Director Strategic, Technology and Engineering Development IOI Jaka Purwanto, Kepala BP2D Jawa Barat Dr. Lukman Shalahudin M.Sc, Sekjen Gaikindo Kukuh Kumara, Wakil Ketua Bidang Otomotif Persatuan Insinyur Indonesia (PII), Dewa Yunaidi dan Direktur Inovasi Kemenristek dan Perguruan Tinggi, Santosa, serta Octo Budhiarto mewakili jurnalis otomotif senior, desain kendaraan pedesaan buatan Institut Teknologi Surabaya (ITS), WAPRODES keluar sebagai juara pertama.

Berturut turut sebagai juara kedua, ketiga dan harapan adalah UNNES Team 1, Universitas Diponegoro, UNNES Team 2 dan terakhir STT Telkom.

Selamat kepada WAPRODES, kendaraan pedesaan yang didesain oleh team mahasiswa ITS.

Spesifikasi Pemenang Desain Kendaraan Pedesaan

Juara 1 : WAPRODES (Team ITS)

Kendaraan Pedesaan

Juara pertama lomba desain kendaraan pedesaan/Foto Carmudi /Zie

Mengambil konsep bentuk wagon, WAPRODES karya ITS memang didesain menjadi kendaraan yang multi fungsi. Bisa untuk jadi kendaraan pengangkut penumpang maupun kendaraan pengangkut mesin atau alat pertanian dengan volume yang cukup besar.

Multi fungsi inilah jadi kekuatan nilai WAPRODES di mata juri sehingga berhasil menjadi juara pertama dalam kontes desain kendaraan pedesaan.

Spesifikasi :

BAHAN BODIAbs Plasc with Portable Knock Down Wagon
BERAT KENDARAAN900 Kg
SUMBU RODA2200 mm
PANJANG3200 mm
GROUND CLEARANCE200 mm
KAPASITAS TANGKI20 Liter
MESINKUBOTA
TIPEVercal 4-Cycle Liquid Cooled Diesel Engine

 

Juara 2 : MODENA (Team UNNES 1)

Kendaraan Pedesaan

Juara 2 lomba desain kendaraan pedesaan/Foto Carmudi Indonesia/Zie

Sebagai juara kedua kontes desain kendaraan pedesaan berasal dari team UNNES 1 dengan mobil bernama MODENA (Mobil Desa Nasional).

Sebagai kendaraan pedesaan, MODENA berkekuatan tenaga 1.000 cc yang mampu diandalkan untuk melibas jalur pedesaan. MODENA memiliki berbagai unggulan untuk membantu penduduk desa dalam proses pertanian.

MODENA bisa menjadi sumber enerfi listrik saat mengangkut generator, dan dilengkapi dengan portable roof, towing hook bahkan fasilitas wi-fi.

Spesifikasi :

DIMENSI3200 x 1500 x 1800
GROUND CLEARANCE380 mm
BERAT KENDARAAN800 Kg
KAPSITAS TANGKI36 liter
TIPE MESINDDiS 125
TENAGA MAKSIMAL47dk/3500rpm
TORSI MAKSIMAL125 Nm/2000rpm
REM BELAKANGVentilated Disc
REM DEPANDrum, Leading & Trailing
SUSPENSI DEPANMacPherson Strut & Coil Spring
SUSPENSI BELAKANGLeaf Spring

 

Juara 3 : GENTAYU (UNDIP)

Kendaraan Pedesaan

Juara 3 lomba desain kendaraan pedesaan/Fot Carmudi Indonesia/Zie

Hadir sebagai juara ketiga, GENTAYU yang merupakan hasil desain mahasiswa dari Universitas Diponegoro. Melihat dari bentuk eksterior, jelas kalau kendaraan pedesaan ini menawarkan ketangguhan dengan desain rangka yang bisa disesuaikan untuk melewati berbagai medan, off road dan on road.

Nama GENTAYU sendiri terinspirasi dari nama kuda kesayangan Pangeran Diponegoro.

Spesifikasi :

DIMENSI3.200 x 1.500 x 1.800 meter
PENGGERAK4×2
BAHAN BAKARBiodiesel
KAPASITAS MESIN608 CC
SUMBU RODA1,9 meter
KAPASITAS TANGKI50 liter
GROUND CLEARANCE250 mm
MESINKubota D1803-CR-E4B

Tutus Subronto

Tutus Subronto memulai karirnya di dunia otomotif sebagai jurnalis di Media Indonesia. Sejak 2008, telah meliput beragam kegiatan otomotif nasional. Terhitung Januari 2014 masuk sebagai tim Content Writer di Carmudi Indonesia. Kini terlibat di tim editorial Journal Carmudi Indonesia untuk mengulas dan publikasikan berita-berita otomotif terbaru. Email: [email protected]

Related Posts