HomeReviewsSpesifikasi Toyota GR Supra, Reinkarnasi Sang Mobil Legenda

Spesifikasi Toyota GR Supra, Reinkarnasi Sang Mobil Legenda

spesifikasi toyota gr supra
Toyota GR Supra, test drive di Sirkuit Sentul (Foto: Toyota)

Jakarta – Menyebut nama Toyota Supra, mungkin banyak orang akan langsung membayangkan sebuah mobil bermesin kencang. Mobil pintu dua ini memang selalu mampu menarik minat para pecinta otomotif. Bahkan tak hanya di Indonesia, pecinta otomotif di berbagai dunia pun juga membicarakan spesifikasi Toyota GR Supra ini. 

Jika sebelumnya kami pernah membahas mengenai impresi berkendara Toyota GR Supra, maka kami kali ini akan menyajikan spesifikasi lengkap Toyota GR Supra. Bagi kamu yang penasaran, simak review lengkap spesifikasi Toyota GR Supra berikut ini. 

Eksterior Toyota GR Supra

Jika dilihat secara langsung, Toyota GR Supra ini memiliki dimensi yang cukup besar. Kap mesinnya panjang dan lebar, sedangkan bagian belakangnya kecil. Hal ini bertujuan untuk memberikan distribusi bobot yang baik pada saat melaju kencang.

Di atas kertas, mobil ini memiliki dimensi panjang 4.380 mm, lebar 1.855 mm, dan tinggi 1.290 mm, serta jarak sumbu roda 2.470 mm. Jarak terendahnya sendiri dengan tanah hanya 114 mm.

Pada bagian lampu depan, mobil ini memakai LED dengan 6 lens auto leveling. Keenam LED itu terbagi menjadi 3 low beam dan 3 high beam. Sehingga intensitas cahaya pada malam hari akan cukup baik saat lampunya menyala. Di bagian bawah lampu terdapat DRL berwarna putih.

spesifikasi toyota gr supra
Toyota GR Supra tampak samping

Lalu pada bagian bumper, terdapat lubang-lubang yang berguna untuk mendistribusikan angin. Di bagian bawah lampu juga terdapat lubang yang diklaim mampu memberikan pasokan angin untuk pendinginan untuk kaliper. Lubang seperti ini juga terdapat pada bagian samping mobil tepat di bawah handle pintu.

Lubang tersebut berguna untuk mengalirkan angin ke roda bagian belakang dan dibuang melalui saluran angin pada bumper belakang. Desain ini diklaim guna menunjang kemampuan aerodinamika yang baik saat mobil sedang melaju kencang.

Kaki-kaki Toyota GR Supra

Kaki-kaki pada mobil ini dibuat untuk serigid mungkin. Fungsinya untuk memberikan handling yang sangat baik pada saat bermanuver. Pada bagian depan, mobil sport ini menggunakan suspensi double joint dengan tipe MacPherson Strut. Sedangkan di bagian belakang memakai multi-Link. Remnya bagian depan memakai cakram 4 piston, sedangkan di bagian belakang memakai cakram 1 piston. 

spesifikasi toyota gr supra

Agar menapak dengan sempurna, Toyota memberikan pelek berukuran 19 inci dengan dibalut ban ukuran 255/35 di bagian depan. Sedangkan dibagian belakang, memakai ban ukuran 275/35. Profil bannya tipis dan lebar, menggunakan Michelin Pilot Sport yang memang dikhususkan untuk performa. 

Mesin Toyota GR Supra

Sudah menjadi rahasia umum jika Toyota bekerja sama dengan BMW untuk menciptakan Supra dan Z4. Jadi, Toyota Supra yang meluncur 2019 silam menggunakan mesin berkode B58 yang digunakan pada beberapa model BMW. Model BMW yang menggunakan mesin tersebut adalah Seri 3, Seri 4, Seri 5, Seri 7, M140, M240, X3, X4, X5, X6 xDrive40i, dan Seri 8. Sebenarnya masih ada beberapa model BMW yang menggunakan mesin ini. 

Mesin tersebut berkapasitas 2.998 cc, 6 silinder segaris, 24 valve, DOHC, VVT, twin scroll turbo. Mesin tersebut mampu melontarkan tenaga hingga 335 hp @5.000 rpm dengan torsi 495 Nm @1.500-4.500 rpm. Tenaga buas tersebut disalurkan menggunakan transmisi otomatis 8 percepatan.

spesifikasi toyota gr supra
Mesin B58 yang ditanam pada Toyota GR Supra

Bagi sebagian orang, cukup disayangkan jika sebuah mobil sport menggunakan transmisi otomatis. Akan tetapi, walaupun memakai transmisi otomatis, lontaran tenaga dan torsinya tetaplah cukup besar untuk melaju di atas aspal. 

Fitur Toyota GR Supra

Soal fitur Toyota GR Supra, mobil yang dijual di Indonesia seharga Rp2,1 miliar ini terbilang cukup kaya fitur.

Mulai dari pengaturan jok. Jok pengemudi dan penumpang dapat diatur menggunakan elektronik dengan pengaturan 8 arah. Tentunya dilengkapi dengan memory seat pada kedua joknya. Setirnya juga dibekali dengan tombol pengaturan untuk memudahkan pengaturan saat berkendara. 

Di balik setir tentunya terdapat paddle shift, mengingat ini adalah mobil sport sejati. Pada layar instrumen, Toyota GR Supra memiliki MID dengan layar digital. Rpm, kecepatan mesin, bahkan navigasi dapat dilihat melalui MID ini.

Oiya, setir ini juga dapat diatur tilt dan teleskopik menggunakan metode elektronik. Belum selesai sampai di situ, ada juga fitur front and rear defogger, AC dual zone, dan alarm anti maling.

Toyota GR Supra
MID sudah memakai layar digital

Di bagian tengah, terdapat head unit berukuran 6,5 inci layar sentuh. Head unit ini dapat digunakan untuk menyetel radio, bluetooth, Android Auto, dan Apple Car Play. Kualitas suara dari mobil ini juga cukup baik. Karena di bagian interior terdapat 10 speaker yang tersebar di beberapa titik untuk memanjakan telinga penggunanya. 

Fitur lain yang terdapat di mobil ini adalah power window, head up display, keyless entry, cruise control, start/stop button, power outlet, jok kulit dan vanity mirror dengan lampu.

Fitur Keamanan Toyota GR Supra

Sebagai mobil sport dengan performa buas, sistem keamanannya pun harus dibuat seaman mungkin bagi konsumen. Maka dari itu Toyota memberikan fitur uphill & downhill assist control, vehicle stability control, kamera mundur, electronic brake distribution, brake assist, traction control, launch control, dan rem yang sudah disertai ABS. 

Di bagian dalam, terdapat airbag berjumlah 6 titik yang akan melindungi bagian depan, samping dan kaki dari pengemudi dan penumpangnya. Mobil ini juga memiliki beberapa mode untuk digunakan. Ada mode Normal, Efficient, dan Dynamic. 

Toyota GR Supra
Tampilan dasbor Toyota GR Supra cukup mewah dan elegan

Lonjakan tenaga pada mode Dynamic tentunya akan jauh lebih besar. Tombol sport atau dynamic ini terletak di konsol bagian tengah. Instrumen cluster pun juga akan berubah menjadi warna merah, pertanda mobil siap untuk berlari.

Untuk melakukan start dengan baik, ada juga launch control. Cara mengaktifkannya juga tak sulit. Cukup menginjak pedal rem yang dalam selama beberapa detik lalu diikuti dengan menginjak pedal gas yang dalam hingga rpm mesin di atas 2 ribu. Maka pada instrumen cluster akan muncul launch control active. Jika muncul tanda tersebut, maka kamu hanya perlu melepas rem saja. Mobil seketika akan melesat hingga kecepatan maksimal. 

Interior Toyota GR Supra
Konsol transmisi Toyota GR Supra di bagian tengah kabin.

Harus diingat, setelah menggunakan launch control diusahakan agar mendinginkan mobil sekitar 5 menit jika ingin menggunakan kembali launch control. Pendinginan mobil dapat dilakukan sembari berjalan dalam kecepatan normal 40 km/jam.

Di Indonesia, mobil ini ditawarkan dalam 5 pilihan warna yang berbeda. Mulai dari red metallic, white metallic, ice gray metallic, black metallic, dan lightning yellow. 

Data Spesifikasi Toyota GR Supra

Dimensi
Panjang4.380 mm
Lebar1.855 mm
Tinggi1.290 mm
Wheelbase2.470 mm
Kaki-Kaki
Suspensi
Double-joint Type MacPherson Strut (depan), Multi-Link (belakang)
Rem Depan
Ventilated Disc Brake with Fixed Caliper 4-cylinder
Rem Belakang
Ventilated Disc Brake with Floating Caliper 1-cylinder
Ukuran Ban275/35 R19
Mesin
Spesifikasi Mesin
2.998 cc, B58, 6 Cylinders, Inline Type, 24-Valve DOHC, Chain Drive with Variable Valve Timing (IN/EX), Twin-scroll Turbocharger
Tenaga
338 Hp/5.000-6.500 rpm
Torsi
495 Nm/1.600-4.500 rpm

Sejarah Toyota Supra

Toyota Celica Supra, generasi pertama Toyota Supra
Toyota Celica Supra, generasi pertama Toyota Supra
  • Toyota Supra Generasi 1

Siapa tak kenal dengan Toyota Supra? Mobil yang dikenal punya mesin buas di balik kap mesinnya ini seakan menjadi cerita legenda. Toyota Supra sendiri pertama kali eksis di dunia mulai tahun 1978 hingga 1981. Generasi pertama ini muncul mengusung nama Celica Supra dengan model liftback, yang ditujukan untuk ekspor. Toyota kala itu merilis Toyota Celica Supra ini demi memberikan perlawanan bagi muscle dan sport car asal Amerika yang kala itu merajai pasar.

Toyota Celica Supra gen 2. Generasi kedua Toyota Supra
Toyota Celica Supra gen 2. Generasi kedua Toyota Supra
  • Toyota Supra Generasi 2

Tak disangka, mobil dua pintu ini ternyata sukses menarik minat banyak orang di dunia. Hingga akhirnya Toyota pun merilis beberapa generasi dari Toyota Supra. Toyota Supra generasi kedua lahir pada tahun 1982 hingga 1986. Konsepnya masih sama, memakai gaya liftback dengan wheelbase yang panjang dan mesin 6 silinder.

Generasi ketiga Toyota Supra, tak lagi memakai nama Celica
Generasi ketiga Toyota Supra, tak lagi memakai nama Celica
  • Toyota Supra Generasi 3

Guna meneruskan kesuksesan ini, membuat Toyota melahirkan generasi ketiga dari Toyota Supra yang lahir pada tahun 1986 sampai 1992. Pada generasi inilah, Toyota mulai menanggalkan nama Celica dan mulai mengenalkan mobil sport berkemampuan tinggi secara khusus. Bodi tetap liftback dengan penggerak roda belakang.

Dengan nama lengkap Toyota Supra MA70, mobil ini jadi mobil sport berteknologi canggih kala itu. Ia ditanamkan fitur rem ABS dan Toyota Electronic Modulated Suspension (TEMS). Suspensi ini dapat diatur tingkat kekerasannya sesuai selera sang pemilik. Desainnya seakan menyerupai BMW 8 Series yang juga lahir di tahun yang sama.

Generasi 4 Toyota Supra, bermesin 2JZ yang legendaris
Generasi 4 Toyota Supra, bermesin 2JZ yang legendaris
  • Toyota Supra Generasi 4

Namun, era Toyota Supra seakan baru lahir di generasi berikutnya. Karena generasi keempat yang lebih dikenal dengan nama JZ A80 ini dibuat jauh lebih kencang dan buas dibandingkan generasi ketiga. Toyota Supra generasi keempat dibekali dengan mesin baru yang masih dianggap sebagai mesin pujaan hingga detik ini.

Mesin tersebut merupakan mesin 6 silinder berkode 2JZ-GE dan 2JZ-GTE. Generasi keempat ini lahir pada tahun 1993 hingga 2002. Sejak saat itu, nama Toyota Supra pun sangat ikonik dengan sebagai mobil pilihan pecinta kecepatan.

Mesin yang bersemayam di balik kap mobil ini bisa dimodifikasi hingga menghasilkan tenaga ribuan Hp (horse power). Hal tersebut menjadi mungkin karena material mesin yang digunakan pada Toyota Supra generasi ini memang dikhususkan sebagai mesin high performance.

  • Toyota Supra Generasi 5

Bagai sebuah lilin yang sedang menyala yang tiba-tiba padam, Toyota seakan ‘tidak memikirkan’ generasi baru bagi Toyota Supra. Karena sejak tahun 2002 hingga 2017 silam, Toyota tak kunjung memamerkan model baru Supra. Tak heran jika banyak yang menilai jika kehadiran Toyota Supra baru sudah menjadi angan-angan semata. Namun, cerita legenda Supra pun berlanjut.

Dua unit Toyota GR Supra diserahkan kepada konsumen di sirkuit Sentul
Dua unit Toyota GR Supra diserahkan kepada konsumen di Sirkuit Sentul

Toyota kembali menorehkan sejarah dengan memunculkan teaser Toyota Supra generasi kelima pada 5 Juli 2018. Pertama kali muncul ke hadapan publik, banyak perdebatan mengenai mobil ini. Ada yang menilai jika desainnya tak sesuai ekspektasi, namun ada tak sedikit juga yang memuji desain baru tersebut.

Padahal, 4 tahun sebelumnya tepatnya pada 2014, Toyota pernah memamerkan sebuah mobil konsep dengan nama FT-1. Mobil konsep inilah yang akhirnya digunakan untuk desain Toyota Supra yang saat ini telah meluncur di seluruh dunia.

Nah, itu tadi merupakan spesifikasi Toyota GR Supra yang ada di Indonesia. Mobil ini sendiri bisa dibilang sangat langka.

Karena Toyota hanya menjual mobil sport ini tak lebih dari 12 unit satu tahun. Itu pun jika mendapatkan kiriman unit dari Jepang. Jika tidak, tentu konsumen harus bersabar dan menanti adanya keajaiban untuk membeli mobil keren satu ini.

 

Penulis: Rizen Panji

Editor: Dimas

Baca Juga:

Toyota Persiapkan Produksi Suku Cadang Toyota Supra Bermesin 2JZ

Previous post
Masuk Thailand Harga Suzuki XL7 Tembus Rp300 Jutaan
beli mobil wuling
Next post
Kehadiran Wuling di Indonesia Mendapat Respons Positif dari Masyarakat