Reviews

Spesifikasi Toyota Great Corolla Bekas: Sedan 90-an yang Masih Jadi Buruan

Spesifikasi Toyota Great Corolla bekas, hal tersebut adalah sesuatu yang mesti diketahui oleh para pemburu sedan legendaris era 1990-an ini. Desain yang manis dan alasan kenyamanan membuat pesaing Honda Civic Genio ini masih banyak dicari orang.

Spesifikasi Toyota Great Corolla Bekas

(Foto: Auto 2000)

Untuk saat ini pamor mobil sedan memang tengah menurun. Popularitasnya berada di bawah bayang-bayang Multi Purpose Vehicle (MPV) atau bahkan Sport Utility Vehicle (SUV). Beda halnya dengan era 1990-an saat sedan begitu diminati.

Atau paling tidak mobil semacam ini punya tempat tersendiri di hati masyarakat dan dipandang sebagai simbol pencapaian para pemiliknya. Salah satu mobil sedan yang populer pada era tersebut adalah Corolla.

Faktanya, model ini memiliki perjalanan sejarah yang cukup panjang. Kiprahnya dimulai sejak tahun 1970 ketika Corolla generasi ke-2 (E20) atau yang populer dengan sebutan Corbet alias Corolla Betawi masuk Indonesia.

Kehadirannya mendapat sambutan positif dari masyarakat sehingga wajar setahun kemudian (1971) Toyota memutuskan untuk memproduksinya secara lokal.

Sejak saat itu, Toyota terus menghadirkan generasi-generasi baru Corolla. Posisi Corolla E20 disusul seri E30 atau Corvet alias Corolla Veteran.

Setelahnya, ada Corolla DX, Corolla GL, Corolla Twincam, hingga Great Corolla atau akrab dipanggil Greco. Model inilah yang akan kita bahas kali ini.

Review dan Spesifikasi Toyota Great Corolla Bekas

Toyota Great Corolla vs Honda Civic Genio

Perbandingan wajah Toyota Great Corolla (kanan) dan Honda Civic Genio (kiri).

Toyota Great Corolla tak lain adalah Corolla generasi ke-7 (AE101) yang dipasarkan sejak 1992 sampai 1995. Produsen menciptakan mobil ini dengan tujuan memenuhi kebutuhan dan selera para eksekutif.

Target pasar tersebut berbeda dengan rival dekatnya, Honda Civic Genio, yang justru menyasar konsumen dari kalangan anak muda. Dengan target pasar yang lebih matang dari sisi kepribadian, Great Corolla pun tampil elegan.

Desainnya terlihat membulat dan mewah, kemudian interiornya menyuguhkan kenyamanan. Ada anggapan yang mengatakan bahwa mobil ini adalah “Mini Lexus”.

Selama dipasarkan di Indonesia, Great Corolla setidaknya mengalami empat kali penyegaran minor.

Pada awal kemunculannya, ada dua pilihan mesin tersedia, yakni 2E 1.300 cc dan 4A-FE 1.600 cc. Tapi belakangan opsi mesin yang lebih kecil dihapus karena dinilai kurang peminat.

Selain itu, ada beberapa perubahan yang membuat mobil ini justru mengalami penurunan dari segi fitur.

Di Indonesia sendiri, Great Corolla yang beredar di pasaran umumnya terbagi menjadi dua varian, yaitu SE dan SEG sebagai opsi lebih mahal. Untuk mengetahui informasi lengkapnya, mari simak review dan spesifikasi Toyota Great Corolla bekas berikut ini.

Mesin Toyota Great Corolla Bekas

Sektor mesin tak bisa lepas dari perhatikan saat hendak membeli mobil bekas. Dalam hal ini perlu diketahui, Great Corolla memiliki dua jenis mesin dengan kapasitas yang berbeda.

Mesin

Pertama adalah mesin 2E dengan kapasitas 1.300 cc. Mesin tersebut menggunakan teknologi Single Over Head Camshaft (SOHC) dan masih memanfaatkan sistem pengabutan bahan bakar karburator.

Bagi yang awam, mesin ini masih satu jenis dengan yang digunakan oleh Toyota Starlet.

Untuk mesin yang kedua adalah 4A-FE dengan kapasitas 1.600 cc. Pilihan mesin ini sudah ditunjang teknologi Double Over Head Camshaft (DOHC) yang secara teori bisa menawarkan performa lebih bertenaga.

Pilihan mesin ini pun bisa dinilai lebih modern berkat penggunaan sistem pengabutan bahan bakar injeksi.

Mesin mana yang harus dipilih? Rekomendasinya adalah mesin 1.600 cc karena performanya bisa lebih diandalkan. Dari segi konsumsi bahan bakar, mesin jenis ini pun masih tergolong irit.

Terlebih lagi Anda bisa mendapatkanya pada model-model versi akhir yang otomatis usianya lebih muda.

Transmisi

Mobil ini tersedia dalam pilihan transmisi manual 5-kecepatan atau otomatis 4-kecepatan. Tapi sejauh penelusuran, transmisi otomatis nampak hanya tersedia untuk mesin 1.600 cc.

Ketika mencari mobil ini di pasar mobil bekas, kemungkinan besar unit yang sering dijumpai pun adalah model transmisi manual.

Punya usut hal ini berhubungan dengan stigma miring terhadap transmisi otomatis di masa lalu. Yang pada akhirnya membuat mobil dengan transmisi manual lebih banyak dipilih.

Kisaran Konsumsi Bahan Bakar

Carmudi belum melakukan pengetesan secara langsung. Tapi dari informasi yang berhasil dikumpulkan, rupanya tingkat konsumsi bahan bakar kedua jenis mesin tak jauh berbeda.

Untuk penggunaan di dalam kota angkanya sekitar 7 sampai 9 km/l. Sedangkan untuk perjalanan luar kota bisa mencapai 11 sampai 14 km/l.

Spesifikasi Mesin Toyota Great Corolla
Jenis Mesin4-silinder inline
Kapasitas1.300 cc (2E) & 1.600 cc (4A-FE)
Teknologi MesinSOHC & DOHC
Tenaga Maksimum82 Hp @ 6.000 rpm & 115 Hp @ 6.000 rpm
Torsi Maksimum104 Nm @ 5.200 rpm & 147 Nm @ 4.700 rpm
Transmisi5 MT / 4 AT
Konsumsi BBM7-9 km/l (dalam kota) & 11-14 km/l (luar kota

Eksterior Toyota Great Corolla Bekas

Toyota Great Corolla

Toyota Great Corolla memiliki eksterior yang desainnya tak lekang dimakan waktu. Apalagi jika dalam kondisi mulus, tampilan mobil ini benar-benar memikat.

Facelift yang dialami mobil ini sedikit mengubah tampilannya. Salah satu yang bisa dilihat secara jelas adalah gril depannya.

Model pre-facelift punya gril berisi garis horizontal memanjang. Tapi setelah facelift, gril tersebut diisi semacam garis horizontal putus-putus.

Selain itu, model facelift juga menggunakan ukuran lampu sein di bumper yang lebih kecil. Kemudian untuk di bagian belakang, mika lampu seinnya model bening, bukan lagi warna kuning.

Dimensi Bodi

Dimensi Great Corolla tergolong kompak dengan ukuran (P x L x T ) 4.270 mm x 1.685 mm x 1.380 mm. Sosoknya sedikit lebih mungil dibanding Civic Genio. Wakil dari Honda ini punya dimensi (P x L x T ) 4.394 mm x 1.699 mm x 1.313 mm.

Desain Bodi

Kalau dibanding pendahulunya, Corolla Twincam, tampilan Great Corolla terlihat lebih membulat. Desainnya yang tampak mengalir dari depan hingga belakang benar-benar mencirikan style Lexus.

Beredar kabar bahwa tampilan Great Corolla mengacu pada sedan Toyota lainnya, yaitu Aristo. Kebetulan mobil ini juga dipasarkan dengan nama Lexus GS.

Fitur Eksterior

Pada awal kemunculannya, Great Corolla dilengkapi spion dengan pelipatan otomatis untuk tipe SEG. Tapi sayangnya fitur tersebut dihapus setelah facelift.

Motor yang cepat rusak disebut menjadi alasannya. Selain itu, Great Corolla juga memiliki fitur power window.

Interior Toyota Great Corolla Bekas

Interior Great Corolla

(Foto: Carmudi)

Faktor kenyamanan adalah salah satu alasan masih banyak orang yang mengincar Great Corolla untuk dijadikan kendaraan sehari-hari.

Konfigurasi Kabin

Kabin Great Corolla memiliki kapasitas lima orang penumpang dengan bangku baris belakang cukup nyaman. Head room dan leg room yang tersedia tergolong masih ideal walau tidak begitu luas.

Dari beberapa testimoni pengguna, bangku belakang bisa saja digunakan mengangkut tiga orang. Dengan catatan mereka yang duduk di tengah memiliki postur tidak tubuh terlalu besar atau lebih cocok anak kecil.

Tak perlu pusing untuk urusan penyimpanan barang di dalam kabin karena tersedia bagasi cukup luas di belakang.

Fitur Entertainment

Fitur hiburan di mobil ini tergolong sederhana, cukup dilengkapi dengan head unit 1DIN. Selain radio, Anda bisa mutar kaset untuk mengusir bosan selama berkendara. Pada masanya, fitur hiburan semacam ini sudah termasuk jempolan.

Fitur Kenyamanan dan Keamanan

Baik varian SE atau SEG sudah dilengkapi dengan AC. Tapi untuk varian SEG pengaturan arah semburan bisa dilakukan lewat tombol-tombol yang tersedia di bawah head unit.

Sebagai varian tertinggi, varian SEG juga punya kelebihan headrest yang bisa ditekuk sehingga dapat menyangga kepala dengan lebih nyaman.

Tidak ada airbag atau rem ABS pada kedua varian mengingat fitur semacam tersebut terbatas untuk mobil-mobil mewah pada saat itu.

Desain Interior

Desain interior Great Corolla terbilang sederhana, tapi yang unik adalah bentuk bagian atas panel instrumen yang melengkung cukup panjang. Dari ujung kanan sampai ke tengah dasbor.

Sementara posisi head unit dan AC dibuat sedikit condong ke arah pengemudi agar lebih mudah dioperasikan.

Kisaran Harga Toyota Great Corolla Bekas

Toyota Great Corolla Bekas

(Foto: Wikimedia)

Bukan hal sulit menemukan Great Corolla di pasar mobil bekas. Di samping itu harganya pun cukup menggoda.

Dari pantauan di halaman mobil bekas Carmudi, model dengan mesin 1.300 cc dari tahun-tahun awal ditawarkan dengan harga Rp43 jutaan.

Sementara untuk model bermesin 1.600 cc pasarannya berada di antara Rp44 jutaan sampai Rp50 jutaan tergantung tahun dan kondisi.

Carmudian juga mungkin akan menjumpai banyak Great Corolla dalam kondisi sudah kena sentuhan modifikasi di pasar mobil bekas. Wajar, mobil ini memang menjadi salah satu buruan para pehobi.

Kelebihan dan Kekurangan Toyota Great Corolla

Merangkum ulasan mengenai spesifikasi Toyota Great Corolla bekas, mari simak beberapa kelebihan dan kekurangan yang dimiliki mobil ini

KelebihanKekurangan
  • Desain tak lekang dimakan waktu
  • Mesin bandel dan irit bahan bakar
  • Harga jual stabil untuk mobil seusianya
  • Onderdil mudah didapat dan harganya terjangkau
  • Suspensi cenderung terlalu empuk
  • Interior tidak begitu luas
  • Performa mesin pas-pasan terutama di putaran atas

Baca Juga:

Penulis: Mada Prastya

Editor: Dimas

Mada Prastya

Bergabung sebagai penulis di Carmudi Indonesia sejak Februari 2021. Menyukai kendaraan roda dua karena simpel, cepat, dan memberi rasa kebebasan dalam berkendara. Email: [email protected]

Related Posts