Sepeda motorSumber informasi

Spesifikasi Vixion NVL, Motor Sport Murah 10 Jutaan

Spesifikasi-Vixion-NVL

Yamaha Vixion NVL warna gun metal menjadi salah satu tipe yang tergolong jarang ditemui di jalan. (Foto: Yamaha)

Jakarta – Spesifikasi Vixion NVL belum kalah dengan motor-motor yang lebih modern. Ditambah harganya kini yang cukup menarik, Yamaha Vixion generasi kedua ini bisa jadi pilihan motor sport naked murah.

Untuk saat ini, pamor motor sport naked memang enggak sebesar dulu lagi. Tapi di antara kalian pasti masih ada yang setia menggunakannya atau justru baru berencana memilikinya.

Kebetulan, harga bekas Yamaha Vixion NVL sendiri memang cukup menggoda. Di halaman motor bekas Carmudi terpantau model ini ditawarkan sekitar Rp10 jutaan sampai Rp11 jutaan.

Dengan harga segitu kalian mendapatkan motor sport naked bermesin 150 cc yang sudah menggunakan injeksi. Tampilan motor ini juga lumayan keren.

Buat sebagian orang bentuk lampu depannya memang agak aneh. Terlihat kurang selaras dengan desain body-nya secara keseluruhan.

Pada masa-masa motor ini diproduksi banyak pengguna yang mengakalinya dengan memasang cover tambahan di lampu depan.

Tujuannya untuk mengubah bentuk reflektornya yang dianggap mirip wajah karakter kartun Crayon Shin-can menjadi lebih sangar.

Tapi hal ini dikembalikan lagi kepada selera masing-masing orang. Yang jelas spesifikasi Vixion NVL masih berani diadu sama motor-motor keluaran baru.

Berdasarkan pengalaman penulis, enggak sulit untuk mencapai kecepatan 80 km per jam atau bahkan 100 km per jam dengan motor yang dibuat selama periode 2012-2015 tersebut.

Review Yamaha Vixion NVL

Motor ini merupakan generasi kedua di keluarga Yamaha Vixion itu sendiri. Desainnya benar-benar baru. Dari depan sampai belakang seolah enggak ada lagi kesamaan dengan generasi sebelumnya.

Menengok ke bagian depan, bentuk lampunya jelas berbeda. Yamaha Vixion NVL enggak lagi menggunakan headlight berbentuk bulat.

Pada generasi ini Yamaha Vixion sudah memiliki fitur Automatic Headlight On (AHO) mengikuti peraturan keselamatan lalu lintas terbaru. Itu artinya lampu depan akan otomatis menyala ketika mesin motor dihidupkan.

Kemudian desain tangki bensin dan shroud-nya juga baru. Bentuknya menjadi lebih besar dan lebih kompleks.

Di bagian ini Yamaha untuk pertama kalinya menggunakan fuel cap yang rata dengan permukaan tangki untuk Yamaha Vixion. Desainnya dibuat lebih rapat guna mencegah air menyusup masuk.

Hal ini mungkin terdengar sepele. Tapi pada masa-masa itu salah satu penyakit motor sport adalah tangki bensin bocor karena berkarat. Salah satu biang keroknya adalah air dari luar masuk ke tangki bensin.

Lanjut ke body samping, bentuknya dibuat lancip ke belakang. Enggak aneh jadinya kalau lampu belakang Vixion NVL sangat mungil.

Hal unik dari motor ini adalah enggak adanya besi pegangan penumpang belakang atau yang biasa disebut “behel”. Bagian yang sebenarnya juga bermanfaat jika hendak menggeser posisi motor saat parkir.

Sebagai gantinya, Yamaha membuat handle yang menyatu dengan body samping. Lokasinya tepat di bawah jok penumpang.

Kalau begitu, berarti enggak bisa mengikat barang bawaan dong? Tenang, Yamaha memberi Vixion NVL empat buah tali kait yang tersembunyi di bawah jok. Kalian bisa menggunakannya dengan cargo net atau semacamnya.

Di sektor kaki-kaki, Yamaha Vixion NVL sudah mengadopsi rem cakram di depan dan belakang. Hal ini adalah sebuah kemajuan dibanding generasi sebelumnya yang hanya menggunakan cakram di depan.

Daya tarik yang ditawarkan Yamaha Vixion generasi ini antara lain penggunaan ban lebar. Velg-nya juga mendukung untuk hal itu sehingga proporsinya terlihat pas.

Terlepas dari itu, Yamaha Vixion NVL menggunakan rangka Deltabox mirip generasi sebelumnya. Rangka model ini memang menjadi ciri khas Yamaha Vixion dari generasi ke generasi.

Sama seperti rivalnya, yaitu Honda CB150R yang mengandalkan rangka teralis dari awal keluar sampai sekarang.

Untuk urusan tarikan, Yamaha Vixion NVL punya karakter yang enak buat diajak harian lantaran menggunakan mesin overstroke. Teorinya mesin seperti ini memiliki tenaga yang lebih baik di putaran bawah.

Penggunaan sistem bahan bakar injeksi juga sangat bermanfaat. Suplai bahan bakar yang lebih presisi membuat motor ini tergolong irit.

Untuk spesifikasi lengkap Vixion NVL sendiri kalian bisa simak informasi di bawah ini.

Spesifikasi-Vixion-NVL-Merah

Daya tarik yang ditawarkan Yamaha Vixion generasi ini antara lain penggunaan ban lebar. (Foto: Yamaha)

Spesifikasi Vixion NVL

Spesifikasi Mesin

  • Mesin: 4 langkah, 4 valve SOHC, injeksi, pendingin carian
  • Silinder: Tunggal/tegak
  • Volume silinder: 149,8 cc
  • Diameter x langkah: 57,0 mm x 58,7 mm
  • Kompresi: 10,4 : 1
  • Daya: 16,59 Ps @ 8.500 rpm
  • Torsi 14,5 Nm @ 7.500 rpm
  • Starter: Elektrik & kaki
  • Pelumasan: Basah
  • Supalai bensin: Injeksi
  • Kapasitas oli mesin: 1,15 l (total), 0,95 l (berkala), 1 l (ganti filter)
  • Tipe kopling: Basah, manual, multiplat
  • Transmisi: 1-N-2-3-4-5 return

Dimensi Motor

  • P x L x T (mm): 2.010 x 705 x 1.030
  • Jarak sumbu roda: 1.300 mm
  • Jarak terendah ke tanah: 165 mm
  • Tinggi tempat duduk: 790 mm
  • Berat isi: 129 kg
  • Kapasitas tangki bensin: 12 liter

Rangka

  • Tipe rangka: Pressed backbone (Deltabox)
  • Suspensi depan: Teleskopik
  • Suspensi belakang: Lengan ayun, link suspensi monocross
  • Ban depan: 90/80-17M/C 46P
  • Ban belakang: 120/70-17M/C 58P
  • Rem depan: Cakram hidrolik, piston ganda
  • Rem belakang: Cakram hidrolik, piston tunggal

Sistem Kelistrikan

  • Sistem pengapian: Transistorized Control Ignition (Digital)
  • Baterai: YTZ4V/GTZ4V (MF Battery 3Ah)
  • Tipe busi: CR8E (NGK), U24ESR-N (Denso)

Kekurangan Yamaha Vixion NVL

Kekurangan Yamaha Vixion NVL sebenarnya cukup sepele. Tapi sayangnya sangat nyata terlihat.

Kekurangan itu adalah posisi spakbor belakang dan roda tidak lurus. Pada beberapa kasus melencengnya bahkan cukup jauh.

Tapi tenang saja karena solusinya cukup mudah. Jangan buru-buru melakukan pembongkaran pada roda belakang. Sebab banyak ditemui masalahnya justru pada spakbornya.

Menurut beberapa sumber, spakbor belakang Yamaha Vixion yang miring terjadi pada saat motor dalam tahap delivery. Kemungkinannya tali yang digunakan mengingat motor saat dalam perjalanan menekan spakbor sehingga posisinya bergeser.

Idealnya hal ini memang enggak boleh terjadi. Tapi mau bagaimana lagi?

Spakbor Yamaha Vixion yang miring bisa diperbaiki di diler resmi. Tapi kalau mau mencobanya sendiri juga bukan hal sulit.

Yang kalian perlukan adalah mengendurkan baut spakbor belakang kemudian atur posisinya agar lurus dengan roda.

Baut tersebut berada di balik lampu belakang. Untuk menjangkaunya, kalian cukup buka cover lampu belakang menggunakan obeng plus.

Spesifikasi-Vixion-NVL-Samping

Pada masa produksinya harga motor ini tembus Rp20 juta lebih. (Foto: Yamaha)

Harga Vixion NVL Bekas

Seperti sudah disinggung di awal, harga jual bekas motor ini cukup menggoda. Angkanya ada di kisaran Rp10 jutaan. Bahkan untuk model dari tahun-tahun awal bisa menyentuh Rp7 jutaan atau Rp8 jutaan.

Asal tahu saja, pada saat diluncurkan dulu harganya mencapai Rp22 jutaan. Tapi memang animo masyarakat untuk motor sport naked atau motor “batangan” enggak sebesar dulu lagi.

Kini lebih banyak orang beralih menggunakan skuter matic. Salah satu yang menjadi alasan karena tingkat kepraktisannya lebih baik. Bagaimana dengan kalian?

Mada Prastya

Bergabung sebagai penulis di Carmudi Indonesia sejak Februari 2021. Menyukai kendaraan roda dua karena simpel, cepat, dan memberi rasa kebebasan dalam berkendara. Email: [email protected]

Related Posts