BeritaMobil

Standar Emisi Euro4 Berlaku, Harga Wuling Confero dan Cortez Bakal Naik?

Tamasya Ke Pabrik Wuling Motors, Begini Proses Produksi Cortez (Foto: Dok Wuling Motors)

Jakarta – Bila tidak ada perubahan, penerapan standar emisi Euro4 untuk kendaraan bermesin bensin akan berlaku efektif pada September 2018. Itu artinya semua mobil-mobil yang keluar dari pabrik sudah harus berstandar Euro4.

Kemungkinan mobil yang sebelumnya menggunakan standar Euro2 dan Euro3 berubah menjadi Euro4 akan mengalami penyesuaian harga. Hal itu dikarenakan ada beberapa komponen pada mesin mobil yang harus disesuaikan.

Mengenai kenaikan harga jual mobil yang sudah berstandar emisi Euro4 tidak dibantah oleh pihak Wuling. Dian Asmahani Brand Manager, PT SAIC General Motors Wuling (SGMW) Motor Indonesia (Wuling Motors) mengakui akan ada kenaikan harga nantinya. Tapi seberapa besar kenaikannya tidak akan terlalu siginifikan.

Baca juga: Beda Konsep, Wuling Confero 1.5 dan Cortez 1.5 Tidak Saling Makan

“Lagi studi mengenai harga apakah kita mau menggunakan harga sekarang atau yang baru. Naiknya seberapa kami masih dalam tahap studi. Yang jelas kenaikkanya enggak banyak dan tidak terlalu siginfikan. Tapi belum tahu signikan kenaikannya berapa karena kami masih menghitung pengeluaran produksinya,” ungkap Dian, di Jakarta (5/6).

Sambil menunggu peraturan standar emisi Euro4 berlaku efektif, saat ini Wuling Motors tengah melakuan persiapan. Baik itu dari sisi pengadaan fasilitas dan bahan baku produksi di pabriknya di Greenland International Industri Center (GIIC), Cikarang, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat.

“Sudah siap. Kalau bicara soal Euro4 pastinya nanti ada standarisasi yang berubah di pabrik. Itu akan kami aplikasikan ke produk kami. Yang penting apapun regulasinya kami ikuti pemerintah dan kami siap,” terang Dian.

Dirinya tidak menampik apabila ada beberapa fasilitas pabrik yang harus mengalami pergantian, maka secara otomatis pihaknya akan mengucurkan dana investasi. “Ada perubahan lah pasti, mengenai investasi tambahan saya mesti cek. Tapi yang jelas dari sisi manufaktur ada perubahan lah,” tutur dia.

Baca juga: Jalan-jalan Ke Pabrik Wuling Motors, Begini Proses Produksi Cortez

Belum Diproduksi

Sementara itu terkait kapan Wuling Confero dan Cortez yang sudah memenuhi standar Euro4 di produksi, Dian belum bisa memastikannya. Sebab harus melihat jumlah stok dari kedua model tersebut.

Dia menambahkan bahwa pihaknya ingin memastikan terlebih dahuu seperti apa regulasi yang dikeluarkan oleh pemerintah supaya bisa disesuaikan. “Yang jelas dari sisi kesiapan pabrik, kami siap,” katanya.

Wuling Confero dan Cortez (Foto: Wuling Motors)

Peraturan pemerintah yang telah ditandatangani mau tidak mau harus dilaksanakan. Lewat aturan tersebut mengharuskan kendaraan berbahan bakar bensin harus sudah memenuhi standar emisi Euro4. 18 bulan sejak peraturan itu di tandatangani atau sekira September 2018.

Baca juga: Selamat Tinggal Euro2, Indonesia Segera Terapkan Standar Emisi Euro4

Sedangkan untuk kendaraan diesel sendiri berlaku efektif empat tahun sejak di peraturan diterbitkan. Saat ini Indonesia masih menerapkan standar emisi Euro2 yang berlaku sejak 2005.(dol)

Santo Sirait

Santo Sirait sebelumnya Jurnalis di Okezone.com, pindah ke Carmudi.co.id sebagai Reporter pada November 2017. Fokus di sektor otomotif, terutama meliput tentang mobil, motor dan industri otomotif. Santo dapat dihubungi di [email protected]

Related Posts