HomeTips dan TrikSuara Mesin Mobil Kasar Saat Panas? Hal Ini Bisa Jadi Penyebabnya

Suara Mesin Mobil Kasar Saat Panas? Hal Ini Bisa Jadi Penyebabnya

Ruang mesin
Ruang mesin mobil yang juga harus diperhatikan. (Foto: Istimewa).

Jakarta – Mungkin sebagian orang pernah mendengar suara mesin mobil jadi kasar saat panas. Padahal, hal seperti ini lumrah banget terjadi.

Kalau sudah begini, para pemilik mobil yang lagi berkendara akan timbul rasa was-was. Mesin mobil yang tiba-tiba menjadi kasar saat panas bisa membuat orang menjadi panik. Pikiran bisa macam-macam karena takut mobilnya mogok dan perlu melakukan perbaikan besar yang mahal.

Tapi sebenarnya suara mesin mobil yang kasar saat panas bisa diketahui beberapa penyebabnya. Bunyi kasar ini bisa terjadi kapan saja dan biasa terjadi pada mobil berusia lebih dari lima tahun.

Nah, kira-kira apa saja penyebab suara mesin mobil jadi kasar saat panas? Lalu, bagaimana cara mengatasinya?

Cek Bagian Bearing

Salah satu penyebab suara mesin mobil menjadi kasar saat panas bisa terjadi di bagian bearing. Bearing-bearing pada mobil bisa saja sudah aus atau sudah waktunya diganti.

Misalnya di bagian pulley, braket visco fan, dan berbagai bearing yang ada di sekitar fanbelt. Bagian-bagian ini memang sebaiknya diperiksa secara berkala. Misalnya diperiksa 6 bulan sekali apakah ada yang aus atau tidak.

Mesin Mobil Isuzu Panther/Foto/Carmudi Indonesia/Ben
Mesin Mobil Isuzu Panther. (Foto: Carmudi Indonesia)

Penyebab lain yang membuat mesin mobil menjadi sedikit menjadi lebih kasar adalah oli mesin. Oli mesin yang sudah kotor atau lama belum diganti bisa jadi penyebab bunyi mesin jadi kasar.

Agar tidak menerka-nerka, sebaiknya diperiksa saja kedua bagian itu karena bisa jadi salah satu penyebab suara mesin mobil menjadi kasar saat panas.

Klep

Penyebab lain yang bisa membuat suara mesin menjadi kasar saat panas adalah bagian klep. Pada beberapa kasus, suara mesin yang kasar saat panas disebabkan oleh klep yang sudah mulai longgar.

Selain klep ada juga komponen seperti rocker arm dan katup di bagian dalam mesin sudah longgar. Sehingga pemilik mobil harus memeriksa bagian dalam.

Sebagian kasus ini diharuskan untuk membuka setengah bagian mesin atau istilahnya top overhaul. Bagian yang dibersihkan dan diperiksa hanya bagian atas dari mesin saja, tidak semuanya.

suara mesin mobil kasar saat panas
Merontokkan kerak di dalam mesin dengan carbon cleaner

Klep, pelatuk klep, rocker arm, sampai komponen metal duduk dan metal jalan biasanya diperiksa. Jika sudah usia, bagian tersebut memang rentan bunyi kasar.

Selain terlalu longgar, komponen di dalam mesin yang terlalu rapat juga bisa membuat suara mesin menjadi kasar karena terletak di kepala silinder. Maka bunyi akan dapat dengan mudah terdengar jelas.

Salah Pemilihan Oli Mesin

Melihat oli yang lebih mahal, pemilik suka asal beli. Padahal SAE atau viskositasnya tidak sesuai dengan kebutuhan mobilnya. Seharusnya pakai oli encer, dikasih oli kental atau sebaliknya.

Kesalahan pemilihan oli juga memberikan kontribusi mesin bisa berbunyi kasar saat panas.

suara mesin mobil kasar saat panas
ExxonMobil kini berikan layanan ganti oli mobil di rumah

Makanya, sesuaikan kebutuhan oli mobil dengan mesin sesuai rekomendasi pabrikan. Jangan tergiur oli merek mahal tetapi perhatikan viskositas yang dibutuhkan oleh mesin mobil kamu.

Pemilihan oli mesin yang tepat juga bisa membuat umur mesin menjadi jauh lebih panjang.

Nah, kamu kira-kira salah pakai oli apa enggak nih?

Salah Bahan Bakar

Penyebab lain yang bisa membuat suara mesin menjadi kasar saat panas adalah salahnya pemilihan bahan bakar. Pemilihan bahan bakar dengan kadar oktan di bawah angka yang ditentukan berpotensi mesin berisik.

Biasanya suara berisik ini lebih sering disebut dengan kata “ngelitik”. Suara mesin akan berbunyi kasar karena sistem pembakaran mesin kurang sempurna akibat bahan bakar yang salah isi.

Misalnya suatu mobil diharuskan memakai kadar oktan minimal 92. Tetapi oleh sang pemilik diisi oleh oktan 88 atau di bawahnya.

Gejala mesin menjadi kasar bisa saja terjadi akibat bahan bakar yang salah ini. Mesin seakan menolak bahan bakar yang diisi oleh sang pemilik.

suara mesin mobil kasar saat panas
Petugas SPBU (Foto: Pertamina)

Faktor terakhir ini menjadi salah satu penyebab yang paling sering dilakukan oleh banyak orang di Indonesia. Banyak orang tidak mengisi bahan bakar sesuai spesifikasi mobil.

Hasilnya pun usia mesin mobil menjadi kurang awet akibat pembakaran yang sempurna. Selain itu orang Indonesia juga punya kebiasaan malas membawa ke bengkel untuk perawatan atau pengecekan.

Biasanya orang Indonesia baru akan pergi ke bengkel jika mobil sudah benar-benar rusak. Setelah itu tau dong apa yang terjadi, mobil yang dipakai dianggap rewel dan gampang rusak.

Padahal hal itu juga terjadi karena kesalahan si pemilik mobil itu sendiri yang kurang merawat kendaraannya dengan baik dan benar.

Untuk itu sangat penting sekali memperhatikan kondisi kendaraan walaupun terlihat sehat. Kalau suara mesin mobil kasar saat panas sudah terjadi, sebaiknya segeralah melakukan pemeriksaan.

 

Penulis: Rizen Panji

Editor: Dimas

Baca Juga: Penyebab Mesin Mobil Cepat Panas Ternyata Sepele

Pengemudi mobil
Previous post
Pengemudi Mobil Wajib Perhatikan Ini Ketika Melewati Genangan Air
Mobil Bensin dan Diesel
Next post
Inggris Persempit Ruang Gerak Mobil Bermesin Bensin dan Diesel

No Comment

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *