Komersial

Sudah Sering Dipajang, Kapan Fuso e-Canter Meluncur?

GIIAS, Tangerang — Mitsubishi Fuso e-Canter dipajang oleh PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB) selama pameran GIIAS 2022, 11—21 Agustus. Keberadaan truk listrik tersebut pun menimbulkan banyak pertanyaan, “Kapan akan dijual?”

Menanggapi hal tersebut, Bayu Aprizal General Manager Product PT KTB mengatakan kemungkinan Fuso mau menjual e-Canter di Indonesia.

“Mengenai e-Canter kapan dijual, prinsipnya kita saat ini sedang melalui tahap proof of concept. Keputusan mengenai penjualan e-Canter di Indonesia hingga saat ini kita masih pelajari,” ujarnya di ICE, BSD, Tangerang, Selasa (16/8/2022).

fuso e-canter

Truk Listrik Mitsubishi Fuso E-Canter

Dengan demikian, pihak KTB hingga saat ini belum bisa memastikan secara pasti kapan truk listrik tersebut akan dijual secara resmi.

Tahap POC tersebut diyakini akan menjadi pertimbangan matang mengenai masa depan truk tersebut di Indonesia.

“Jadi kami belum bisa memutuskan, tetapi pada intinya POC ini akan kami lakukan secara detail dan actual. Diharapkan ada beberapa improvement yang bisa bekrontribusi pada pengembangan produk ini ke depannya,” imbuhnya.

Salah satu alasan mengapa Fuso hingga saat ini masih terus melakukan studi e-Canter lantaran teknologi yang ada di Indonesia dinilai belum memungkinkan.

Selain itu infrastruktur di Indonesia dan fasilitas lain belum mendukung.

“Ini teknologi baru dan fasilitasnya harus memungkinkan oleh infrastruktur dan fasilitas lain. Untuk sekarang, kami masih dalam proses POC study. Tapi diharapkan mungkin kalau semua ideal kita akan menuju ke arah sana,” jelas Bayu.

fuso e-canter

Sekadar informasi, Fuso e-Canter dibekali dengan enam modul baterai bertengangan tinggi.

Motor listriknya menggunakan kapasitas 135 kW yang bisa menghasilkan torsi maksimum di angka 390 Nm.

Truk listrik tersebut diklaim memiliki jarak tempuh hingga 100 km dalam satu kali pengisian.

Baterainya bisa dicas menggunakan daya AC dengan waktu pengisian 9 jam menggunakan mode normal, dan 1,5 jam menggunakan pengisian cepat.

Fitur yang dimiliki pun cukup canggih, seperti electronic stability program, rem ABS, hill start assist, dan lane departure warning.

Penulis: Rizen Panji

Editor: Dimas

Rizen Panji

Pikirannya selalu dipenuhi oleh mobil buatan asal Jerman, Swedia, dan Prancis dengan tahun produksi di bawah 2000. Jangan lupa, mesin yang bersemayam di dalam kap mesin tentunya harus 6 silinder guna memompa adrenalin ketika mengendarainya

Related Posts

/