HomeSumber informasiSuka Ngumpet, di Sini Letak Nomor Mesin Honda Beat dan Vario

Suka Ngumpet, di Sini Letak Nomor Mesin Honda Beat dan Vario

nomor mesin honda beat
Posisi nomor mesin Honda Beat ada pada kolong crankcase sisi kiri

Jakarta – Nomor mesin bersama nomor rangka adalah identitas kendaraan yang diberikan oleh pabrik untuk proses registrasi surat-surat kepemilikan. Untuk kalian yang bingung mencari letak nomor mesin Honda Beat atau Vario, kami kasih tahu di mana posisinya.

Pada sebagian model, posisi nomor mesin atau nomor rangka agak tersembunyi. Ini tentu sedikit merepotkan saat kita ingin mengecek dan mengakurkan dengan yang ada pada BPKB dan STNK. Sebab, bila nomor mesin tidak akur maka kalian tidak bisa melakukan perpanjangan pajak lima tahunan.

Lebih parahnya lagi, petugas bisa menganggap bila motor yang kalian beli ini ilegal. Padahal, ada kalanya nomor mesin atau rangka sudah mulai pudar akibat usia kendaraan atau korosi sehingga sulit dibaca.

Nomor seri mesin dan rangka menjadi identitas unik yang dimiliki kendaraan bermotor dan tertera pada BPKB atau STNK. Tanpa kedua nomor tersebut, akan melanggar peraturan dan kendaraan anda bisa berstatus ilegal di mata hukum.

Itulah mengapa bila kita mengalami kecelakaan dan perlu mengganti mesin atau rangka, kita perlu membuat laporan pemesanan tertulis ke bengkel resmi. Nantinya, bengkel resmi akan membuat surat pemesanan langsung ke pabrik motor sekaligus mencetak nomor rangka atau nomor mesin.

Posisi Nomor Mesin Honda Beat dan Vario Ngumpet di Kolong Cover CVT

letak nomor mesin honda beat
Letak nomor mesin Honda Beat (Foto: YouTube)

Setiap tipe kendaraan bermotor roda dua atau empat berbeda letak nomor rangka dan nomor mesinnya, seperti Yamaha, Suzuki, Kawasaki, dan lain sebagainya. Merek Honda juga akan berlainan posisi nomor mesin pada setiap tipenya.

Posisi nomor mesin Honda Beat, terdapat di blok mesin sisi kiri. Posisinya berhimpitan dengan crankcase CVT. Untuk mengeceknya, kita memang perlu sedikit ngolong karena ada di bagian bawah.

Pada bagian tersebut ada seperti panel besi yang ter-embos kombinasi huruf dan angka. Nah, itulah namanya nomor mesin. Dalam nomor mesin itu, terdapat kode merek, model, dan tahun produksi kendaraan.

Honda Vario 125 generasi pertama, posisi nomor mesin juga mirip seperti pada Honda Beat generasi kedua (Beat FI). Kita perlu ngolong sisi kiri di bawah crankcase CVT.

Sebelum mencocokkan nomor mesin, sebaiknya cuci atau bersihkan bagian nomor tersebut supaya mudah dibaca. Tidak perlu berlebihan, karena kita cukup memakai kuas yang sudah dilumuri bensin untuk membersihkannya.

Posisi Nomor Rangka Motor Honda Nyaris Sama Letaknya

posisi nomor mesin honda beat
Posisi nomor rangka Honda Beat (Foto: YouTube)

Untuk mencari letak nomor rangka di motor Honda keluaran terbaru tidak sesulit dulu. Kini, para pengguna Honda Beat, Honda Vario, Honda Blade, dan banyak lainnya cukup melihat nomor rangka di balik jok.

Posisinya ter-embos jelas di panel rangka untuk pengait jok. Karena posisinya yang terbuka ini, jadi sedikit rentan rusak karena korosi atau pudar lantaran terkena benda logam.

Lain halnya dengan motor Honda zaman dulu seperti Karisma atau Supra X 125. Posisi nomor rangka ada di tiang leher, di atas segitiga. Jadi untuk memeriksanya, kita harus membuka cover body dahulu.

Nomor Mesin dan Rangka Rentan Jadi Obyek Pemalsuan

Saat membeli motor bekas, sebaiknya lakukan pencocokan nomor mesin dan rangka secara teliti. Perhatikan juga ukiran emboss apakah susunannya rapi atau berantakan. Sebab, kini nomor mesin dan rangka menjadi obyek pemalsuan.

Tidak jarang, nomornya bikinan sendiri secara manual yang dibentuk dengan model grafir alias ketok. Perbedaannya pun sangat jelas, karena yang bikinan dengan cara ketok hasilnya tidak rapi.

Petugas cek fisik di Samsat sudah sangat hafal posisi dan bentuk embos nomor rangka atau mesin. Itulah mengapa setiap perpanjangan lima tahun perlu dilakukan cek fisik karena untuk memastikan keaslian dan keabsahan identitas kendaraan.

Prosedur Mengurus Nomor Rangka atau Nomor Mesin yang Rusak

pajak kendaraan bermotor
Layanan Samsat tetap buka di musim liburan. (Foto: Ilustrasi).

Seringkali terjadi karena kendaraan bermotor sudah berumur, nomor mesin maupun nomor rangka kendaraan bermotor hilang atau tidak nampak secara jelas. Kondisi seperti ini akan membuat sulit ketika melakukan proses registrasi dan identifikasi kendaraan.

Bila mengalami kondisi tersebut, maka kalian harus membuat laporan tertulis ke Samsat dan Polda. Hal ini bertujuan supaya pihak berwajib mengetahui bila rusaknya identitas tersebut bukan disengaja.

Kalian bisa mencetak ulang nomor atau mengganti bagian rangka atau crankcase yang terdapat nomor. Langkah-langkah apa yang harus dilakukan ketika ingin mengurus kerusakan nomor mesin atau nomor rangka sebagai berikut:

  1. Datangi Samsat tempat kendaraan Anda terdaftar, lalu minta surat pengantar dari pihak Samsat atau berita acara untuk Anda bawa ke Polda. Surat atau berita acara ini isinya menyatakan bahwa benar kendaraan Anda telah kehilangan nomor rangka secara murni dan bukan merupakan kendaraan yang bermasalah.
  2. Ketika Anda mendatangi kantor Polda jangan lupa untuk membawa beberapa dokumen yaitu KTP, SIM, BPKB dan STNK asli. Bawa juga kendaraan bermotor yang hilang nomor rangkanya.
  3. Berikan surat pengantar atau berita acara dari Samsat yang Anda terima kepada bagian administrasi di Polda. Akan dilakukan pengecekan fisik ulang oleh Polda, hasilnya akan turun surat keterangan pengantar dari Polda untuk dibawa ke diler yang ditunjuk untuk memproses nomor rangka.

Mengacu pada Peraturan Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia Nomor 5 Tahun 2012 Tentang Registrasi dan Identifikasi Kendaraan Bermotor, berikut beberapa syarat yang disebutkan pada Pasal 51 tentang persyaratan perubahan data BPKB atas dasar perubahan nomor Registrasi Ranmor:

  • mengisi formulir permohonan;
  • melampirkan tanda bukti identitas;
  • BPKB;
  • STNK;
  • surat permohonan dari pemilik tentang nomor registrasi yang diinginkan; dan
  • hasil pemeriksaan cek fisik Ranmor

 

Penulis: Yongki Sanjaya

Editor: Dimas

Baca Juga:

Banyak yang Belum Tahu, Ini Fungsi Nomor Rangka Mobil

Toyota Virtual Expo
Previous post
Toyota Virtual Expo Kembali Digelar, Banyak Penawaran Menarik
Next post
Tipe Nissan Livina Paling Direkomendasi, Buat yang Punya Bujet Terbatas

No Comment

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *