Home » Berita » Surat-Surat Sepeda Motor Listrik Gesits Sudah Bisa Diurus

Surat-Surat Sepeda Motor Listrik Gesits Sudah Bisa Diurus

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto bersama Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan mengendarai sepeda motor listrik (Foto: Kemenperin)

Jakarta – Mengkampanyekan kendaraan listrik kepada masyarakat Indonesia, belum lama ini Kementerian Perhubungan mengadakan pameran dan parade mobil serta sepeda motor listrik. Kegiatan yang berlangsung di Lapangan Silang Monas, Jakarta Pusat ini turut diikuti oleh sejumlah perusahaan otomotif di Tanah Air.

Pada kesempatan tersebut Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan, Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto dan Menteri Ristekdikti Mohamad Nasir mengambil bagian dalam parade kendaraan listrik. Keempat menteri ini menggunakan sepeda motor listrik karya anak bangsa, Gesits. Rute yang dilalui cukup panjang mulai dari Monas menuju Bundaran Hotel Indonesia (HI) dan kembali lagi ke Monas.

Usai melakukan parade, Menhub Budi mengungkapkan bahwa sepeda motor listrik Gesits merupakan salah satu prestasi membanggakan Anak Bangsa di dunia otomotif dalam negeri. Semoga dengan diundangkannya Peraturan Presiden (Perpres) tentang percepatan program Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (Battery Electric Vehicle) untuk Transportasi Jalan semakin banyak masyarakat yang menggunakan kendaraan ramah lingkungan.

“Dengan kebanggaan itu apa lagi Presiden telah mengeluarkan Perpres, di mana Presiden juga minta kepada saya jangan hanya berupa peraturan tapi juga harus diimplementasikan. Maka dengan motor Gesits ini saya minta operator untuk menggunakannya. Gojek dan Grab akan menggunakan ini,” ungkap Menhub Budi.

Lebih lanjut Menhub Budi menuturkan untuk sepeda motor listrik Gesits, saat ini sudah bisa digunakan oleh masyarakat di jalan raya. Sebab Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK), pelat nomor kendaraan dan surat-surat lainnya sudah lengkap dan bisa diurus.

“Jadi ini produk dalam negeri yang membanggakan. Konten lokalnya juga sudah di atas 50 persen. Saat ini produksi sepeda motor listrik Gesits sudah 50 ribu unit dalam satu tahun. Kami harapkan produksinya meningkat dalam beberapa tahun ke depan,” pungkas Menhub.

Harga Sepeda Motor Gesits Rp24 Jutaan

Sepeda motor listrik Gesits resmi meluncur April 2019 bersamaan dengan Indonesia International Motor Show (IIMS) 2019. Pada kesempatan yang sama sepeda motor listrik yang diproduksi di Bogor, Jawa Barat ini sudah dapat dipesan oleh konsumen.

PT GESITS Technologies Indo selaku produsen membuka harga sepeda motor listrik Gesits ini di angka Rp24,95 juta off the road. Sepeda Motor Listrik Gesits sudah mulai didistribusikan ke konsumen sejak Juli 2019.

Gesits IIMS 2019
Gesits IIMS 2019

Gesits dilengkapi motor listrik dengan tenaga puncak 5 kW dan menggunakan baterai Lithium NCM berkapasitas hingga 3 kWh. Sepeda Motor listrik ini diklaim dapat berjalan hingga 100 kilometer dalam kondisi baterai terisi penuh dengan kecepatan maksimum 70 km/jam.

Sementara itu, waktu pengisian daya antara 3 hingga 4 jam. Gesits memiliki fitur double disk brake, transmisi pulley, suspensi belakang mono shock, LED Daytime Running Lights, HID Projector head lamps. Untuk kelengkapan berkendara, terdapat dasbor digital yang dapat terkoneksi dengan ponsel pengendara.

Baca juga:

Gesits Klaim Sanggup ‘Berenang’ di Banjir

 

Penulis: Santo Sirait

Editor: Dimas

Previous post
Ibu Kota Indonesia Pindah, Wuling Motors Perluas Jaringan Penjualan
Suzuki Satria FU150
Next post
Simak Penyakit Suzuki Satria FU Bekas Sebelum Membelinya

No Comment

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *