Berita

Susul Jazz, Honda Menghentikan Penjualan Mobilio

Manila – Kabar mengejutkan datang dari Filipina, setelah Jazz disuntik mati pada April lalu, kini Honda Cars Philippines (HCPI) memilih untuk menghentikan penjualan Mobilio. Sekarang mobil keluarga itu sudah menghilang dari laman resmi Honda Filipina.

HCPI memutuskan untuk menghentikan penjualan Honda Mobilio karena ingin fokus kepada model yang tengah digandrungi oleh konsumen saat ini.

Honda Menghentikan Penjualan Mobilio

Honda Filipina menghentikan penjualan Mobilio (Foto: Carmudi)

“Kami mempertimbangkan perubahan permintaan pasar. Dengan berfokus pada segmen lain yang berkembang, sehingga kami dapat memenuhi kebutuhan pelanggan dengan lebih baik,” tulis HCPI dalam keterangan resminya, sebagaimana dikutip Carmudi dari Autoindustriya, Jumat (18/6/2021).

Alasan HCPI menghentikan pemasaran Mobilio dinilai wajar, mengingat selera konsumen mengalami peralihan ke SUV, crossover, dan pikap.

Melihat perubahan selera, maka Honda Filipina lebih memilih mempertahankan saudara terdekat Mobilio, yaitu BR-V. Mobil yang bermain di segmen SUV ini meraup lebih banyak penjualan sejak pertama kali diluncurkan pada 2016.

Tahun lalu, Honda BR-V terjual sebanyak 2.041 unit di Filipina. Angka tersebut berbanding sangat jauh sekali dengan Mobilio yang terjual hanya 169 unit dalam satu tahun.

Honda Menghentikan Penjualan Mobilio

HCPI memutuskan menghentikan penjualan Honda Mobilio karena ingin fokus ke SUV (Foto: Honda)

Minimnya penjualan Honda Mobilio disinyalir juga karena persaingan MPV di sana sangat ketat. Mobilio harus bersaing dengan produk lain yang namanya lebih tersohor seperti Toyota Avanza, Mitsubishi Xpander, dan Suzuki Ertiga.

Produksi dan Penjualan Honda Mobilio di India Dihentikan

Sebelum di Filipina, rupanya Honda telah lebih dahulu menghentikan produksi dan penjualan Mobilio di India sejak 2017. Keputusan tersebut diambil karena pemerintah India menerapkan aturan baru soal keselamatan berkendara.

Di sisi lain, penjualan mobil 7-seater itu kalah telak dengan merek-merek lain yang berada dalam satu segmen.

Honda mulai menjual Mobilio di India pada 2014, hanya selang beberapa bulan saja setelah mendarat di Indonesia.

Sementara di Indonesia sendiri, Mobilio masuk dalam salah satu produk andalan PT Honda Prospect Motor (HPM).

Di tengah persiangan yang semakin ketat, Mobilio masih dipertahankan sampai dengan saat ini. Meski angka penjualannya tidak semanis seperti di awal kedatangannya.

Lomba irit Mobilio

Honda Mobillio dipercaya sebagai armada taksi konvensional. Foto/Carmudi.

Berdasarkan data penjualan terbaru periode Mei 2021, Mobilio terjual sebanyak 335 unit.

Seperti diketahui, HPM terakhir kali menyegarkan Mobilio pada Februari 2019. Tidak banyak perubahan yang terjadi, tapi setidaknya tampilan luar maupun kabin terlihat lebih segar.

Soal dapur pacu, Honda menyematkan mesin 1.5L i-VTEC yang menghasilkan tenaga 116 hp pada 6.600 rpm. Tenaga disalurkan ke roda depan melalui transmisi CVT.

Honda Mobilio ditawarkan dalam lima pilihan varian dengan harga terendah Rp203,3 juta sampai Rp257,5 juta (OTR Jakarta).

Baca Juga:

Penulis: Santo Sirait

Editor: Dimas

Santo Sirait

Santo Sirait sebelumnya Jurnalis di Okezone.com, pindah ke Carmudi.co.id sebagai Reporter pada November 2017. Fokus di sektor otomotif, terutama meliput tentang mobil, motor dan industri otomotif. Santo dapat dihubungi di [email protected]

Related Posts