HomeMobilSUV Misterius, BMW X6 2020 Punya Banyak Fitur Ajib

SUV Misterius, BMW X6 2020 Punya Banyak Fitur Ajib

bmw x6 2020
BMW X6 jadi salah satu SUV andalan BMW. (Foto: BMW)

Jakarta – BMW X6 di tahun 2020 ini bisa dibilang jadi salah satu SUV yang misterius. Kenapa disebut misterius, karena mobil ini lumayan jarang kelihatan sliweran di jalanan.

Selain punya harga yang mahal, BMW X6 2020 ini juga punya desain yang lumayan aneh buat sebagian orang. Bentuknya SUV, tapi belakangnya dibuat seperti sedan fastback.

Bagian belakangnya dibuat melandai mirip sedan-sedan. Tapi dia masuk kategorinya SUV besar karena memang punya dimensi yang lumayan besar. Tapi, menariknya lagi BMW X6 2020 punya banyak fitur ajib alias keren.

bmw x6 2020
Tampak depan. (Foto: Edmunds)

Bisa dibilang fitur-fitur yang ada di mobil ini benar-benar juara banget. Wajar saja harganya mahal. Sekadar gambaran, BMW X6 2020 ini dijual dengan harga Rp1,8 miliar off the road.

Jadi, kalau dihitung secara on the road, harga BMW X6 2020 ini mencapai lebih dari Rp2 miliar tergantung tipe dan pajak progresif pemilik. Kira-kira, apa saja fitur andalan mobil ini ya?

Dimensi BMW X6 2020

BMW X6 yang dijual di tahun 2020 ini punya dimensi yang cukup besar. Panjangnya mencapai 4.935 mm, lebar 2.004 mm dan tingginya 1.696 mm. Di atas kertas, ukuran ini emang lumayan besar buat mobil 5 penumpang.

Mesin BMW X6 2020

Soal mesin, BMW X6 ini punya mesin berkapasitas 2.998 cc, 6 silinder dengan twin scroll turbo. Tenaga yang bisa dikeluarkan mencapai 340 hp dengan torsi maksimal 450 Nm.

bmw x6 2020
Mesin berkapasitas 3.000 cc. Foto: (Napleton)

Mesin ini dikawinkan dengan transmisi otomatis 8 percepatan. Walaupun mesinnya besar, tapi BMW mengklaim kalau konsumsi BBM X6 ini bisa mencapai 1:10 km per liter.

Adaptive M Suspension

Fitur ajaib yang ada di mobil ini adalah adaptive M Suspension. Air suspension yang ada di mobil ini punya sinkronisasi sama tyre pressure indicator. Kalau salah satu ban ada yang kempes, maka system bakal memberikan info ke instrument cluster.

Penggerak All Wheel Drive

Sebagai sebuah SUV, BMW X6 dibekali penggerak xDrive all wheel drive system. Semua pengaturan dan penggunaan all wheel drive ini seluruhnya diatur memakai mekanisme elektronik. Tak heran kalau mobil ini jadi salah satu SUV canggih.

bmw x6 2020
Pengaturan dibuat serba elektronik memakai tombol. (Foto: BMW)

Ofrroad Package

Karena pakai suspensi udara, maka tingkat tinggi rendah dari mobil ini bisa diatur memakai tombol. Selain itu, ada juga pilihan pengaturan offroad yang disediakan di dekat tuas transmisi berupa tombol.

BMW X6 2020 Punya Banyak Mode

Supaya pengendara bisa nyaman, BMW menanamkan 5 mode berkendara. Mulai dari Sport, Comfort, Eco Pro, Adaptive dan Auto H. Setiap mode punya pengaturan suspensi dan tuning mesin yang berbeda.

Kalau dipakai satu persatu, kenyamanan berkendaranya bisa terasa banget saat lagi berjalan. Misalnya pakai model sport, suspensi akan menjadi lebih keras. Dan mesin juga dibuat menjadi lebih responsive.

Mode yang ada di dekat transmisi. (Foto: autonocion)

Sebaliknya, kalau pakai eco maka mesin akan terasa lebih lemot supaya menekan bahan bakar biar lebih irit. Suspensinya pun juga bakal menyesuaikan biar jadi lebih nyaman dan empuk dibanding sport.

Gril Bisa Menyala

BMW menyebut fitur ini dengan nama kidney grille iconic glow. Gril yang ada di depan mobil bisa menyala karena diberikan lampu LED. Lampu ini bakal menyala dan mati menyesuaikan mesin mobil.

BMW Laserlight

Lampu depan sudah memakai laser, yang pasti visibilitas malam hari jauh lebih baik dibanding LED konvensional. Tak perlu khawatir bila melakukan perjalanan malam penerangan akan semakin jelas.

bmw x6 2020
Tampak belakang BMW X6 2020. Foto: (Staticars)

Welcome Light Carpet

Sebelum masuk mobil, di bagian bawah pintu bakal disambut dengan adanya cahaya. Cahaya ini bisa membantu pengendara untuk masuk ke dalam kabin saat di tempat gelap, terutama malam hari.

Tuas Transmisi Berbentuk Berlian

Di bagian dalam, aura mewah benar-benar sangat terasa. Apalagi saat melihat tuas transmisi yang dibuat berbentuk berlian. Transmisi ini transparan, dengan model yang dibuat seperti berlian. Menariknya, ini bisa menyala di bagian dalam dan makin membuat terlihat mewah.

Panoramic Sunroof Super Besar

Atapnya punya panoramic sunroof yang ukurannya gede banget. Bahkan penumpang baris kedua bisa benar-benar menikmati pandangan ke arah atas dengan puas.

Cupholder bisa dibuat mendinginkan atau menghangatkan minuman. Foto: (BMW)

Cupholder Panas dan Dingin

Kalau biasanya mobil cuma punya cupholder yang disisipkan udara AC, nah si BMW X6 2020 ini punya dua udara. Yang pertama adalah cup holder dengan udara dingin dan yang kedua adalah cup holder dengan udara panas untuk minuman hangat.

Keduanya dibuat berdampingan dan dua-duanya bisa diatur sesuai selera. Mau dibuat dingin dua-duanya bisa, mau dibuat panas dua-duanya juga bisa. Tinggal diatur sesuai selera pengemudi aja nih.

Head up Display BMW X6 2020

Di depan bagian setir ada head up display yang bisa ngasih tau info kecepatan mobil. Jadi pengendara gak perlu lagi tuh yang namanya melihat speedometer. Cukup dari head up display aja.

Jok baris kedua dibekali entertainment mumpuni. Foto: (Autocaruk)

Entertainment BMW X6 2020

Di belakang jok depan, ada 2 buah layar blu-ray ukuran 10 inci. Layar ini bisa digunakan sebagai perangkat entertainment buat penumpang belakang. Maklum, mobil yang dibuat bakal sultan ini emang lebih prioritasin penumpang belakang.

Pewangi

Kalau kalian membeli BMW X6 2020, nggak perlu lagi yang namanya membeli pewangi. Karena mobil ini sudah disediakan pewangi khusus dan asli BMW. Pewangi ini bisa diatur secara elektronik dan diganti periodik.

Parking Assistant Plus

Yang terakhir bisa dibilang fitur yang lumayan seru nih. BMW X6 2020 punya fitur parking assistant plus. Fitur ini bisa membuat mobil parkir secara otomatis. Kesusahan parkir pakai mobil nggak bakal ada lagi tuh ceritanya.

Penulis: Rizen

Ulang Tahun ke-80 Jeep perkenalkan enam model edisi Khusus
Previous post
Rayakan Ulang Tahun, Jeep Bikin Mobil Edisi Khusus
Subaru WRX masuk dalam daftar mobil yang sering diajak ngebut pemiliknya
Next post
Daftar 10 Mobil yang Paling Sering Diajak 'Ngebut' Pemiliknya