Berita

Suzuki akan Luncurkan Mobil Listrik pada 2025, Dimulai dari India

Mumbai – Maruti Suzuki selaku anak perusahaan Suzuki Motor Corporation di India telah mengembangkan mobil listrik berbasis Wagon R sejak beberapa tahun lalu. Sayangnya, pada awal tahun Maruti Suzuki memutuskan untuk membatalkan peluncuran Wagon R listrik.

Pembatalan itu dilakukan oleh pabrikan, karena belum melihat tanda-tanda kesiapan pemerintah India dalam menyambut hadirnya era mobil listrik.

Mobil Listrik Suzuki

Wagon R bertenaga listrik (Foto: Indianautosblog)

Kendati demikian, ada kabar terbaru dari Maruti Suzuki terkait mobil listrik.

Diberitakan Gaadiwaadi, Maruti Suzuki berencana untuk memasarkan mobil listrik pertamanya pada 2025. Namun, tidak diketahui pasti modelnya. Apakah Wagon R listrik yang akan menjadi mobil nol emisi pertamanya atau ada model lain yang baru akan dikembangkan dalam waktu dekat.

Sementara berdasarkan laporan Nikkei Asia, Maruti Suzuki tengah bersiap untuk meluncurkan sejumlah kendaraan listrik secara global. Proyek tersebut akan dimulai dari India, yang merupakan pasar terbesarnya.

Untuk diketahui, Maruti Suzuki adalah produsen mobil terbesar di sana, dengan pangsa pasar sekira 50 persen.

Sebagai komitmen Maruti Suzuki dalam menghadirkan mobil listrik, pihaknya akan mengelontorkan investasi senilai 9 dolar Amerika Serikat (AS) atau sekira Rp128 triliun hingga 2026.

Selain itu, pihaknya juga akan berupaya memperkenalkan mobil hybrid di pasar India, sebagai bagian dari transisi mobil bermesin konvensional atau Internal Combustion Engine (ICE) ke listrik murni.

Suzuki produksi mobil listrik

Suzuki Karimun Wagon R bertenaga listrik di India. (Foto: Gaadiwaadi)

Produsen mobil tersebut juga telah menyiapkan unit manufaktur bekerja sama dengan Denso dan Toshiba.

Mobil Listrik Termurah

Mobil listrik yang akan dihadirkan oleh Maruti Suzuki kemungkinan menjadi yang termurah di negara tersebut. Bahkan, bisa saja jauh lebih murah jika pihaknya menggunakan model mobil yang sudah ada, artinya hanya mengganti mesin konvensional menjadi bertenaga listrik. Sementara bentuk dan desain mobil tetap sama.

Pasar otomotif India merupakan yang terbesar kelima di dunia, dengan penjualan tahunan sekira 3 juta mobil. Namun, pangsa pasar kendaraan listrik hampir tidak ada.

Suzuki Wagon R Listrik (Foto: Rushlane)

Dengan mobil listrik yang akan didatangkan Maruti Suzuki, kemungkinan besar bakal menambah panjang peta persaingan di sana, dan bisa memancing merek-merek lain untuk mendatangkan lebih banyak lagi model mobil listrik.

Saat ini, hanya ada beberapa mobil listrik yang diniagakan di India, di antaranya Tata Nexon EV, MG ZS EV, dan Hyundai Kona.

Baca Juga:

 

Penulis: Santo Sirait

Santo Sirait

Santo Sirait sebelumnya Jurnalis di Okezone.com, pindah ke Carmudi.co.id sebagai Reporter pada November 2017. Fokus di sektor otomotif, terutama meliput tentang mobil, motor dan industri otomotif. Santo dapat dihubungi di [email protected]

Related Posts