Home » Berita » Suzuki Bakal Produksi Jimny di India, Indonesia Juga Punya Peluang

Suzuki Bakal Produksi Jimny di India, Indonesia Juga Punya Peluang

Peluncuran Suzuki Jimny di Thailand (Foto: Suzuki)

Mumbai – Suzuki Jimny genarasi keempat resmi meluncur pada Juli 2018 di Jepang. Kedatangannya berhasil membuat Suzuki Motor Corporation (SMC) kelabakan, pasalnya permintaan konsumen terhadap Jimny terbaru sangat tinggi, bahkan sampai melampaui target.

Melihat antusias konsumen yang begitu tinggi, sepertinya SMC mulai merencanakan membuka fasilitas pabrik baru untuk memproduksi Jimny di negara lain. Saat ini Suzuki Jimny diproduksi di Kosai plant, Shizuoka, Jepang.

Berdasarkan rumor yang beredar, kemungkinan Suzuki memilih India sebagai basis produksi Suzuki Jimny diuar Jepang. Sebagaimana diberitakan Indianautosblog, Suzuki akan memulai memproduksi Jimny generasi keempat di India pada 2020. Nantinya, hasil produksi tidak hanya diperuntukkan bagi pasar domestik saja tapi juga ekspor ke Timur Tengah dan Afrika.

Di India sendiri Suzuki Jimny belum resmi dijual karena berbagai faktor termasuk rendahnya permintaan mobil jenis Sport Utility Vehicle (SUV) berukuran kecil dengan tiga pintu. Namun desas-desus Suzuki Jimny terbaru akan diproduksi di sana seolah menegaskan bahwa mobil off road itu bakal dijual.

Indonesia Berpeluang Produksi Jimny

Jika Suzuki memilih India, lantas bagaimana dengan Indonesia? rupanya Indonesia juga berpeluang untuk memproduksi Suzuki Jimny. Shuji Oishi, Deputy Executive General Manager SMC wilayah Asia pernah mengatakan jika Jimny dijual di Indonesia, maka kendaraan berpenggerak 4 roda ini akan diproduksi secara lokal.

“Sejarah yang panjang antara Indonesia dan Suzuki Jimny membuat kami berpikir untuk memproduksi secara lokal. Salah satu hal yang membuat kami akan memproduksinya secara lokal adalah penggunaan mesin yang sama dengan Suzuki Ertiga dan Suzuki Carry yang ada di Indonesia,” kata Shuji belum lama ini di ajang IIMS 2019.

Penampakan Suzuki Jimny terbaru
Penampakan Suzuki Jimny terbaru di truk pengangkut. (Foto: Instagram)

Namun, Shuji mengatakan agar masyarakat Indonesia bersabar mengenai hal ini. Karena pihak Suzuki sendiri masih dalam tahap mengusahakan agar mobil ini dapat diproduksi secara lokal di Indonesia. Pihak prinsipal Suzuki di Jepang pun juga sudah memberikan lampu hijau mengenai produksi mobil tersebut secara lokal di Indonesia.

Untuk diketahui, di Jepang Suzuki menawarkan dua varian yaitu Jimny dan Jimny Sierra. Dari keduanya, hanya Jimny Sierra yang disiapkan untuk pasar ekspor atau di luar Jepang.

Suzuki Jimny masuk dalam kategori kei car yang ditujukan untuk pasar di Jepang saja. Sedangkan varian Jimny Sierra adalah versi yang lebih besar, lebih kuat yang tidak dibatasi oleh aturan-aturan kei car.

Varian Jimny memiliki panjang 3.395 milimeter, lebar 1.475 mm dan tinggi 1.725 mm. Sumber tenaganya adalah mesin bensin R06A 660cc tiga silinder yang menghasilkan tenaga 63 hp dan torsi 96 Nm.

Sedangkan varian Jimny Sierra mempunyai panjang tubuh sekira 3.550 mm, lebar 1.645 mm dan 1.730 tinggi. Sumber tenaganya berasal dari mesin bensin empat silinder K15B 1.5 liter yang diklaim mampu menyemburkan tenaga sekuat 100 hp dan torsi puncak 130 Nm. Pilihan transmisi untuk kedua varian yaitu manual 5 percepatan dan otomatis 4 percepatan. Tersedia sistem penggerak empat roda (4WD) sebagai fitur standar.(dol)

Previous post
Modal Rp 20 Ribu, Bisa Bikin Mesin Mobil Bersih
Mobil baru Wuling
Next post
Ternyata Mobil Low MPV di Bawah Rp200 Juta Masih Ada, Ini Daftarnya

No Comment

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *