Home » Berita » Suzuki Baleno Buatan India Dihentikan Pemasarannya di Jepang

Suzuki Baleno Buatan India Dihentikan Pemasarannya di Jepang

Suzuki Baleno (Foto: Indianautosblog)

New Delhi – Suzuki menjadikan India sebagai basis produksi Baleno Hatchback. Nantinya hasil produksi akan dikirim ke 100 negara di dunia termasuk ke Jepang. Ini merupakan tonggak sejarah, karena kali pertama anak perusahaan Suzuki yaitu Maruti Suzuki mengekspor mobil hasil produksi di pabrik India ke Jepang. Namun sayang belum genap 5 tahun, pengiriman Suzuki Baleno buatan India ke Jepang harus dihentikan.

Sebagaimana dilaporkan Indianautosblog, Maruti Suzuki akan menghentikan ekspor Baleno ke Jepang pada Juni tahun ini. Suzuki Baleno buatan India gagal mengesankan Jepang.

Kegagalan Baleno bisa jadi karena masalah kualitas. Baleno tidak seperti model lain yang dipasarkan di Jepang. Kebanyakan pesaing Baleno sudah dibekali dengan sistem penggerak empat roda (4WD). Ditambah lagi tidak adanya sistem hybrid ringan atau hybrid penuh ditengarai jadi salah satu alasannya.

Suzuki Jepang pertama kali meluncurkan Baleno pada Maret 2016. Sejak diluncurkan sampai sekarang Suzuki belum menyegarkan tampilan mobil hatchback tersebut. Padahal di beberapa negara termasuk Indonesia sudah menerima versi faceliftnya.

Di awal kedatangannya, Baleno hanya ditawarkan dengan mesin K12C 1.2-liter Dualjet empat silinder. Mesin ini menghasilkan tenaga maksimal 89 hp pada 6.000 rpm dan torsi 118 Nm pada 4.400 rpm. Tenaga disalurkan ke roda lewat transmisi otomatis jenis CVT.

Tak lama setelah peluncuran, Suzuki memperkenalkan Baleno dengan mesin K10C 1.0-liter Boosterjet turbocharged tiga silinder. Mesin bensin ini mampu mengeluarkan daya sekuat 100 hp pada 5.500 rpm dan torsi maksimal 150 Nm pada 1.700-4.500 rpm. Mesin Ini tersedia hanya dengan transmisi otomatis 6 percepatan.

Peringkat ekonomis bahan bakar dari Baleno Jepang adalah 24,6 km/L untuk mesin Dualjet atau 19,6 km/L pada mesin Boosterjet. Suzuki menawarkan mobil buatan India dengan berbagai fitur unggulan seperti lampu depan HID, lampu belakang LED, jok depan dengan pemanas, Adaptive Cruise Control (ACC), Radar Brake Support collision-mitigating system, dan Electronic Stability Program.

Suzuki Baleno di Indonesia Juga Datang dari India

Suzuki Baleno dirilis di Indonesia pada 2017. Mobil berpintu lima itu dibawa langsung dalam bentuk utuh dari India. Setelah dua tahun bertahan dengan model awal, di penghujung 2019, PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) Agen Pemegang Merek (APM) mobil Suzuki meluncurkan Baleno facelift.

Suzuki New Baleno kini dibekali lebih banyak fitur terbaru. (Foto: Carmudi/Santo)

Suzuki Baleno facelift telah dilengkapi dengan sejumlah fitur baru seperti LED Projector Headlamp, Sporty Black Polished Alloy Wheel, Sporty New Bumper Design, New Grill, dan Foglamp Design, serta New Interior Color and Pattern.

Selain itu, Baleno memiliki fitur-fitur yang menambah kenyamanan serta kemudahan pengemudi maupun penumpang berupa push start/stop button, keyless entry, tilt & telescopic steering, auto climate A/C with heater, leather steering wheel dengan switch audio control dan bluetooth phone connection, attractive multi information display, serta audio touch screen.

 

Penulis: Santo Sirait

Editor: Dimas

Baca Juga:

Review Spesifikasi, Harga, dan Servis Renault Triber 2020

Previous post
Review Spesifikasi, Harga, dan Servis Renault Triber 2020
Next post
Alat Pemadam Api Ringan (APAR), Penting Fungsinya di Mobil Pribadi

No Comment

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *