Berita Mobil Sumber informasi

Suzuki Baleno VS Toyota Yaris, Bisakah Pendatang Baru Melawan?

Jakarta – Suzuki Indonesia sedangbersiap untuk menghadirkan Baleno hatchback akan meluncur di pasar otomotif Indonesia. Rumornya bakal hadir sebelum pameran GIIAS 2017 Agustus mendatang.

Setelah sukses dengan Suzuki Ignis yang modelnya sangat kontroversial, SIS tak berhenti mengejutkan pasar dengan mengeluarkan suzuki Jimny disusul Baleno hatchback.

Lama menyembunyikan sosok Baleno, akhirnya pihak Carmudi mendapatkan info dari sumber terpercaya.

Nah rencananya SIS akan membuat Baleno hatchback ini seakan head to head dengan All New Yaris . Ini akan menjadi pilihan bagi konsumen pecinta mobil hatcback dengan banderol tak terlalu tinggi.

Yang Membedakan Baleno Hatchback vs All New Yaris S TRD ?

1. Ground Clearance

Menurut perbandingan diatas kertas Baleno punya ground clearence mencapai 170 mm, beda jauh dari Toyota Yaris yang hanya 149 mm.

Tentu perbedaan ini punya efek positif dan negatifnya masing-masing, apalagi ketika bicacara mobil hacthback dan kondisi jalan di Indonesia.

2. Ukuran Ban dan Radius Putar

Baleno Hatchback mengakalinya dengan membekali ban yang lebih lebar yaitu 195/55 R16. Dibandingkan Yaris hanya memiliki ukuran 195/50 R16.

Cukup lah untuk pamer mobil di jalan raya. Dan cocok menghadapi jalan ibu kota yang cukup berlubang dan genangan air.

Baleno juga punya keleluasaan untuk bermanuver di ruang sempit, khususnya saat harus putar balik, karena punya radius putar lebih kompak yakni 4,9 meter dibanding Toyota Yaris yang mencapai 5,1 meter.

3. Lampu

Dimulai dari lampu depan, Baleno hatchback sudah mengusung HID Projector dengan levelling yang dapat diatur secara manual.

Sedangkan lawannya Yaris hanya memiliki Halogen Projector tanpa levelling, jadi cahayanya tidak bisa diatur.

Bergeser ke bagian belakang, Baleno hatchback tetap menggunakan lampu LED. Rivalnya, All New Yaris S TRD hanya menggunakan lampu Halogen.

4. Fitur Keamanan

Suzuki sudah melengkapi Baleno dengan rem ABS, EBD dan BA. Sedang Yaris hanya tersedia rem ABS dan EBD. Juga tersedia sensor parkir empat titik untuk Baleno, sementara Toyota Yaris hanya menyediakan sensor parkir 2 titik.

4. Harga

Cukup dengan mengeluarkan uang tak sampai Rp200 juta kalian sudah bisa memiliki Baleno hatchback.

Suzuki membanderol Baleno hacthback tipe termahal Rp 210 jutaan untuk transmisi otomatis dan Toyota Yaris TRD dijual seharga Rp 260 jutaan.

Dengan kemunculan Baleno hatchback di Indonesia sudah pasti Toyota akan lebih waspada. Meskipun belum lama muncul Toyota Yaris Heykers, paling tidak harus dilakukan penyegaran.

Baca juga: Ini Bocoran Harga Suzuki Baleno!

(Penulis: Rezky Amelia)

Dony Lesmana

Dony Lesman memulai karirnya di dunia jurnalis di Jawa Pos Surabaya 2003. Hijrah ke Jakarta bergabung di majalah Otomotif Ascomaxx dan Motomaxx di 2010. Sempat bergabung di portal berita Sindonews.com di kanal Autotekno hingga 2016 yang mengupas perkembangan otomotif dan teknologi. Terhitung Januari 2017 masuk sebagai tim Journal Carmudi Indonesia yang mengulas dan mempublikasikan berita-berita otomotif terbaru di Indonesia maupun dunia.

Related Posts

/