Home » Mobil » Suzuki Ertiga Baru Makin Bergaya Mewah, Tiru Kijang Innova?

Suzuki Ertiga Baru Makin Bergaya Mewah, Tiru Kijang Innova?

All New Suzuki Ertiga
Suzuki Ertiga Baru (Foto: Indianautosblog)

Suzuki sebagai merek otomotif kelas menengah jelas tidak mau kalah saat Toyota-Daihatsu merilis Avanza-Xenia. Pabrikan berlogo huruf S ini di tahun 2012 lalu untuk pertama kalinya merilis Suzuki Ertiga. Enam tahun setelahnya, PT Suzuki Indomobil Sales selaku agen pemegang merek meluncurkan Suzuki Ertiga baru dengan banyak perubahan dari sisi desain dan fitur.

Suzuki Ertiga yang meluncur 2018 mengalami berbagai perubahan mulai dari eksterior, interior hingga mesin. Bentuknya lebih gagah dengan garis dan sudut tegas yang membuat desainnya lebih berkelas, mirip Toyota Kijang Innova Reborn.

Pada bagian muka, desain gril baru lebih elegan berlapis krom (tipe GL dan GX) plus logo “S” khas Suzuki. Selanjutnya headlamp dengan desain ramping dan memakai proyektor. Pada penyegarannya, Suzuki tetap mengedepankan unsur aman, mewah, irit, dan nyaman.

Soal desain ini secara sekilas mirip dengan Innova Reborn, tapi bukan berarti Suzuki menyontek langsung gaya MPV legendaris Toyota tersebut. Memang, desain muscular makin tenar dalam beberapa tahun terakhir yang membuat MPV terkesan kekar seperti SUV.

All New Ertiga 2019 memiliki dimensi lebih panjang 130 mm, lebar 40 m, tinggi 5 mm dan lebih ringan ketimbang edisi sebelumnya. Desain hadir dengan gaya khas yaitu gril bagian depan lebih tinggi dan lebar, garis bahu yang dinamis, lekukan lebih dalam, bodi aerodinamis, dan aksen krom sangat halus.

Low MPV buatan pabrik asal Jepang tersebut ini hadir dalam tiga tipe yakni GA, GL dan GX. Penjualan Ertiga ini paling laku pada tipe teratas dan tipe menengah, di tahun pertama GX terlaris dan tipe GL menyusul di tahun berikutnya. Khusus tipe GA ini memang dihadirkan sebagai salah satu varian yang ditujukan dan menyasar ke fleet konsumen atau perusahaan.

Suzuki Ertiga baru ini tidak hanya tersedia untuk pasar dalam negeri, melainkan sudah diproduksi lokal di Cikarang untuk kebutuhan ekspor. PT Suzuki Indomobil Motor selaku produsen mulai melakukan ekspor pada 2013. Hingga 2018, sebanyak 42.158 unit Ertiga telah berhasil dikapalkan ke 28 negara.

Interior Nyaman Khas Suzuki Ertiga Baru

Salah satu fokus ubahan pada Ertiga terbaru terdapat di bagian interior yang kian nyaman, berkelas, dan kaya fitur. Dimulai dari desain dashboard baru yang lapang dengan aksen guratan ornamen kayu. Lalu Head Unit Touch Screen kini tersambung melalui bluetooth.

All New Ertiga raih predikat mobil dengan kabin ternyaman 2018. Foto/Suzuki.

Flat bottom steering wheel baru yang dilapisi aksen kulit menghadirkan kesan lebih modern dan elegan. Soal kenyamanan pengemudi dan penumpang jelas tetap jadi prioritas dengan bahan fabric high grade untuk jok bernuansa beige dengan two tone color (GL, GX).

Kabin Suzuki Ertiga Baru ini mendapat penghargaan Best Cabin Insulation dalam ajang ICOTY 2018. Selain itu, untuk mendukung kenyamanan berkendara, All New Ertiga dilengkapi dengan berbagai fitur fungsional, seperti ventilated cup holder, USB charging port, double blower, dan  empat speaker. Sepasang speaker diletakkan di sisi depan kanan-kiri dan sepasang lagi ditempatkan di bagian belakang.

Hal menarik yang hadir pada Suzuki Ertiga baru, yaitu reclining seat pada baris ketiga. Fitur ini tidak tersedia pada generasi sebelumnya dan biasanya reclining seat hadir di MPV boxy kelas menengah atas. Dengan begini, penumpang di kursi belakang tidak cepat pegal saat perjalanan jauh karena sandaran bisa lebih merebah.

Tidak hanya itu, Ertiga masih mempertahankan kursi baris ketiga yang sudah menerapkan sistem split 50:50. Ini memungkinkan pengendara dapat membawa barang bawaan yang lebih banyak. Tak ketinggalan, All New Ertiga juga menyematkan soket untuk portal USB 12V di bagian depan dan konsol tengah saat penumpang ingin mengisi daya smartphone

Sistem keamanan juga telah berbenah dengan keyless dan push start button lalu smart entry system. Kini pengguna Ertiga sudah tidak perlu colok-colok kunci lagi di pintu atau lubang starter.

Desain Elegan Tapi Ban ‘Cingkrang’

Ciri khas Suzuki Ertiga Baru hadir dengan style kekar dan tinggi. Desainnya berubah, mengedepankan kesan modern dan dinamis dengan bagian muka terkesan huruf X seperti Mitsubishi Xpander. Desain headlamp dan rear lamp baru lebih terang dengan penyinaran luas dan fokus namun tidak menyilaukan.

Test Drive All New Ertiga
Suzuki Indonesia menggelar media test drive All New Ertiga di Bali (Z)

Headlamp Suzuki Ertiga kini sudah menganut teknologi proyektor yang kemudian ditambah pula dengan black bezel foglamp. Kesan mewah di bagian belakang hadir dari  chrome back door dan fitur parking censor pada tipe GL dan GX.

Dimensi
Panjang4.395 mm
Lebar1.735 mm
Tinggi1.690 mm
Jarak Pijak Belakang1,490 mm
Jarak Terendah180 mm
Radius Putar Minimum5.2 m

Ground clearance juga terlihat makin tinggi yang menyiratkan bila Ertiga ini MPV ala SUV. Sayangnya, ukuran velg masih tidak berubah sehingga membuat kaki-kaki terlihat cingkrang. velg modern Alloy 15 inci dan berbalut ban yang berukuran 185/65 R15 menjadi ‘alas kaki’ dari Ertiga ini.

Kapasitas Mesin Baru Ikuti Jejak Para Rival

TipeALL NEW ERTIGA GX-MTALL NEW ERTIGA GX-ATNEW ERTIGA GX-MTNEW ERTIGA GX-AT
Engine :
Bore x Stroke[mm x mm]74.0 X 85.074.0 X 85.073.0 X 82.073.0 X 82.0
Maximum Power [ PS/rpm]104.7/6000104.7/600092.4/600092.4/6000
Maximum Torque [Nm/rpm]138/4400138/4400130/4000130/4000
Volume cylinder [cc]1462146213731373

Sebelum hadirnya All New Ertiga, MPV andalan Suzuki ini percaya diri dengan mesin K14B berkapasitas 1.4 liter. Mesin itu lebih kecil daripada para rivalnya yang mengandalkan dapur pacu 1.5 liter. Tak mau kalah, PT SIS lantas meningkatkan kapasitas mesin jadi 1.5 liter sehingga tenaganya naik 12,3 PS.

Pada mesin yang lama, tenaga yang dihasilkan 92.4 PS, sementara di mesin K15B tenaganya menjadi 104.7 PS. Namun, torsinya hanya naik 8 Nm, dari sebelumnya 130 Nm kini 138 Nm. Mesin ini lantas dipadukan dengan pilihan transmisi manual lima percepatan dan otomatis empat percepatan CVT.

Suzuki Ertiga 2018
All New Suzuki Ertiga dibekali mesin tipe K15B berkapasitas 1.462 cc

Fitur Keselamatan Jempolan Dikelasnya

Ertiga termasuk Low MPV yang komplit, baik dari sisi fitur kenyamanan atau keselamatan. fitur fungsional seperti rem ABS plus EBD menjadi standar. All New Ertiga dibangun dari platform HEARTECT yang dapat meningkatkan faktor keselamatan.  TECT ini bekerja meredam benturan dengan baik meski materialnya berbobot ringan.

Fitur keselamatan pada bagian interior terdiri dari Dual SRS Airbag di bagian depan, kemudian Front Seatbelt 3 point ELR with Pretensioners & Force Limiters. Seatbelt akan mengencang otomatis, menahan laju tubuh saat terjadi hentakan keras.

Untuk mencegah hilang kendali, All New Ertiga dilengkapi Electronic Stability Program, yakni teknologi yang memadukan antara pengereman optimal dan kestabilan saat melaju di jalan licin & berbelok. ESP ini dapat mencegah over steer serta under steer saat mobil melaju.

Masih seputar pengendalian, terdapat dua sistem platform suspensi yang masing-masing terletak di bagian depan dan belakang, yakni suspensi depan McPherson Strut with Coil Spring dan suspensi belakang Torsion Beam with Coil Spring pada Suzuki Ertiga baru.  McPherson Strut bertugas meredam guncangan secara signifikan dan  Torsion Beam menjaga kestabilan saat mobil berbelok dalam kecepatan tinggi.(dol)

Daftar Harga Suzuki Ertiga Baru

Daftar harga Suzuki Ertiga ini berlaku untuk jalan yang dijual dealer Wilayah Jabodetabek.

SPESIFIKASIHARGA
GA M/TRp 193.000.000,-
GL M/TRp 211.500.000,-
GL A/TRp 222.000.000,-
GX M/TRp 223.000.000,-
GX A/TRp 233.500.000,-
GX ESP M/TRp 228.000.000,-
GX ESP A/TRp 238.500.000,-

 

Toyota Hybrid
Previous post
Toyota Nekad Jual Mobil Hybrid di Indonesia Meski Kurang Laku
Next post
All New Toyota Camry Warna Merah Sasar Kaum Muda