Home ┬╗ Berita ┬╗ Suzuki Ertiga di Indonesia MPV Murah, di India Jadi Mobil Mewah

Suzuki Ertiga di Indonesia MPV Murah, di India Jadi Mobil Mewah

All New Suzuki Ertiga (Foto: Santo/Carmudi)

Mumbai – Setelah Indonesia All New Suzuki Ertiga (Maruti Ertiga) dijadwalkan akan meluncur di India dalam waktu yang tidak lama lagi. Rencannya bila sudah meluncur Maruti Suzuki India Limited selaku agen pemegang merek Suzuki di India akan memasarkan All New Ertiga lewat dealer mobil mewah, NEXA. Selama ini Suzuki Ertiga dijual di dealer biasa.

Masuknya All New Ertiga ke dealer premium, berarti mobil keluarga itu sejajar dengan mobil mewah lainnya yang dipasarkan di India. Berbeda dengan pasar Indonesia, Di mana Ertiga masuk ke dalam kategori mobil Multi Purpose Vehicle (MPV) murah.

All New Suzuki menjadi produk Suzuki ke lima yang masuk dalam golongan mobil mewah. Sebelumnya sudah ada Suzuki S-Cross, Suzuki Baleno, Suzuki Ignis dan Suzuki Ciaz. Demikian seperti dilansir dari CarDekho. Diluncurkan pada Juli 2015, NEXA adalah dealer yang khusus melayani penjualan mobil premium dari Maruti Suzuki.

Spesifikasi Belum Jelas

Sampai saat ini perusahaan belum mau membocorkan All New Suzuki Ertiga yang akan dipasarkan di India. Tapi kemungkinan besar spesifikasinya tidak akan jauh berbeda dengan All New Ertiga yang sudah resmi dijual pada April lalu di Indonesia.

Sama Seperti Baleno, Swift, Dzire dan Ignis, All New Suzuki Ertiga didukung oleh platform Heartect terbaru milik Suzuki. Dibandingkan dengan generasi sebelumnya, Ertiga terbaru memiliki dimensi lebih panjang, lebih lebar dan lebih tinggi. Peningkatan panjang dapat dirasakan langsung pada bangku baris ketiga yang kini lebih lapang dari model terdahulu.

Terlepas dari platform dan desain baru, All New Ertiga untuk pasar India diperkirakan bakal dibekali mesin diesel berkapasitas 1.5 liter. Mesin tersebut akan terhubung ke transmisi manual enam percepatan. Selain diesel, Suzuki juga menawarkan mesin bensin 1,5 liter terbaru sama seperti Ertiga di Indonesia.

Mesin tersebut mampu megeluarkan tenaga maksimal 104,7 ps pada 6.000 rpm dan torsi puncak 138 Nm pada 4.400 rpm. Seperti Ertiga facelift kemungkinan Maruti Suzuki India Limited akan menyematkan teknologi SHVS hibrida ringan dengan mesin bensin 1,5 liter. Mesin diesel 1,5 liter diharapkan juga mendapat fitur yang sama.

All New Suzuki Ertiga (Foto: Santo/Carmudi)

Sementara itu terkait fitur, All New Ertiga akan dibekali dengan lampu depan proyektor dengan LED sebagai lampu senja, lampu belakang juga menggunakan LED, velg berdiameter 16 inci dan sistem pengereman ABS & EBD.

Interior All New Suzuki Ertiga mengadopsi desain AC baru, aksen kayu dan kabin didominasi oleh warna beige sehingga membuat mobil terkesan mewah.

Sistem layar sentuh berukuran besar terpasang di tengah dashboard. Selain itu ada juga tombol push start dan stop, keyless entry, Apple CarPlay dan Android Auto serta banyak lagi fitur yang akan terungkap saat peluncuran resminya nanti.(dol)

Aki massiv amal
Previous post
Ini Cara Aki Massiv Amal Dukung Dunia Pendidikan
Next post
Ratusan Klub Motor Gede Geruduk Gedung DPR/MPR, Ada Apa?