Suzuki GSX-R1000, Superbike Bermesin Beringas
Pabrikan otomotif asal Jepang, Suzuki, dikabarkan akan segera meluncurkan varian terbaru sepeda motor berjenis superbike pada pertengahan atau akhir tahun depan, Suzuki GSX-R1000. Satu hal yang terbilang cukup radikal yang dilakukan Suzuki adalah penggunaan mesin VVT. Revolusi yang dilakukan pabrikan dari Negeri Sakura tersebut, membuat mereka kini sudah selangkah di depan dibandingkan dengan para kompetitornya.
Suzuki GSX-R1000 Memiliki DNA MotoGP
Tiga puluh tahun berselang sejak Suzuki menghadirkan model standar dari sebuah sepeda motor berjenis superbike, yang dikenal sebagai GSX-R750, kini mereka tengah mengembangkan jenis terbaru dari superbike yang rencananya akan dihadirkan pada 2016 mendatang. Kabar yang berkembang di Negeri Sakura menyebutkan kalau beberapa detil elemen dari Suzuki GSX-RR MotoGP akan diterapkan pada GSX-R1000 L7.
Satu dekade setelah Suzuki meluncurkan K5 yang legendaris, yang sanggup memadukan antara kemampuan di jalanan dan lintasan balap, kini pabrikan asal Jepang tersebut ingin memerkenalkan sesuatu yang cukup mengejutkan. Kabarnya, sektor dapur pacu menjadi andalan Suzuki untuk menghadirkan superbike terbarunya nanti.
Performa Mesin Suzuki GSX-R1000
Di jantung Suzuki GSX-R1000 akan menggunakan mesin revolusioner yang menggunakan VVT (Variable Valve Timing), dan menjadi yang pertama diterapkan pada sepeda motor berjenis superbike murni. Patennya memastikan kalau sistem yang dipergunakan tak mengadopsi sistem VVT lain, tapi menggunakan variable inlet valve timing dan lift system, yang memiliki intake camshaft dengan pilihan profil kem yang beragam. Hasilnya, mesin mampu menghasilkan tenaga dan torsi secara maksimal, tapi tanpa jeda putaran mesin.
Tenaga yang dihasilkan GSX-R1000 dikabarkan mampu mencapai 200 bhp. Jika dibandingkan dengan Kawasaki, yang mampu mendongkrak performa H2 lebih dari 200 bhp, Suzuki lebih memilih untuk mengejar peningkatan keseimbangan dengan cara memangkas bobotnya hingga di bawah 200 kg. Suzuki tetap berpegang teguh pada etos K5, yang mengembangkan handling superbike terbaik di pasaran.
Teknologi dan Fitur-fitur pada Suzuki GSX-R1000
GSX-R1000 menggunakan teknologi sasis terbaru, yang diboyong dari model GSX-RR GP. Selain itu, fitur keamanan seperti ABS Bosch menjadi jaminannya dan juga duo sporting traction control, yang merupakan hasil pengembangan dari sepeda motor GP. Sedangkan untuk suspensinya, digunakan model semi-aktif atau Bosch Inertial Measurement Unit, yang sudah dipergunakan pada Yamaha YZF-R1 dan Ducati 1299 Panigale. Suzuki sepertinya ingin mendapatkan kesempurnaan rekayasa teknik, dibandingkan dengan intervensi secara elektronik.
Rencananya, Suzuki akan memerkenalkan GSX-R1000 di Milan pada 19-22 November mendatang, tapi baru akan dilepas ke publik pada kisaran pertengahan hingga akhir 2016. Untuk harga jualnya juga terbilang cukup kompetitif, karena Suzuki berencana melepasnya pada kisaran 10,599 paun atau Rp. 204,3 juta hingga 13,000 paun atau setara dengan Rp. 250,6 juta.