Home » Berita » Suzuki GSX-S150 Optimistis Salip Penjualan Yamaha Vixion dan Honda CBR150

Suzuki GSX-S150 Optimistis Salip Penjualan Yamaha Vixion dan Honda CBR150

Garut – Segmen motor sport naked 150cc di Indonesia semakin panas dengan kemunculan Suzuki GSX-S150. Seperti diketahui segmen naked sport 150cc selama ini dikuasai Honda CB150R dan Yamaha Vixion.

Dua merek Jepang ini sangat sengit bertarung head to head, namun dengan kehadiran Suzuki GSX-S150 akan memberikan pilihan baru bagi konsumen. Bila melihat umur memang Yamaha New Vixion terlihat paling tua, namun update dari new Vixion Lightning ke new Vixion Advance sangat minim ubahan. Sedangkan New Honda CB150R terlihat cukup fresh untuk dikomparasikan melawan Suzuki GSX-S150.

Melihat ketiganya memang Suzuki GSX-S150, tampak paling sporty dari desain body tengah ke belakang. Split seat yang jaraknya cukup jauh memang manambah kesan sporty. Suzuki GSX-S150 menggunakan jok split seat layaknya versi fairingnya yakni GSX-R150.

Sedangkan pada CB150R atau Vixion hanya menggunakan jok tandem, ini bicara selera jika ingin tampil racy Suzuki GSX-S150 bisa jadi pilihan. Akan tetapi untuk “boncenger” kurang sedikit nyaman saat diatas jok.

Sementara bila melihat fitur yang diberikan ketiganya sebelas dua belas alias hampir mirip. Perbedaannya ada pada New Vixion yang masih menggunakan kombinasi digital dan analog, sementara GSX-S150 dan Honda CB150R sudah full digital.

Pembeda berikutnya adalah headlamp Vixion masih menggunakan bohlam biasa, sementara kedua lawannya sudah menggunakan LED. Bahkan Honda CB150R untuk lampu lampunya sudah all LED.

Sementara itu pada sektor mesin yang biasanya menjadi bahan pertimbangan paling besar, Suzuki GSX-S150 unggul telak dibanding ketiganya. Menggunakan mesin DOHC 4 klepnya sanggup mengeluarkan tenaga sebesar 14,1 kw (19,17 HP) pada 11.000 rpm.

Pada Honda CB 150R yang memakai mesin berjenis sama tapi hanya sanggup mengeluarkan tenaga 12,4 kW (16,9) pada 8.500 rpm. Sementara itu Yamaha Vixon yang menggunakan mesin SOHC 4 katup hana mampu menghasilkan tenaga paling rendah yakni 12,2 kW (16,6 HP) pada 8.500 rpm.

Dari segi mesin jelas di atas kertas Suzuki GSX-S150 unggul mutlak melawan dua lawannya, bahkan pihak Suzuki mengklaim kalu motor ini mempunyai bobot paling ringan yaitu hanya 127 kg (dry weight).Sementara berat Honda CB 150R dan Yamaha Vixion masing masing 136 kg dan 131 kg.

Dari segi mesin memang Suzuki GSX-S150 memang paling powerfull dari tiganya, wajar kalau varian ini menjadi jagon Suzuki di Indonesia. Bahkan penjualannya sejak peluncuran pertamanya sangat menggembirakan, ini artinya konsumen menginginkan sesuatu yang baru di segmen motor naked sport.

Suzuki Klaim Penjulan GSX 150 Membludak

Sejak meluncur pertama pada Februari 2017 lalu, Suzuki GSX-R 150 dan GSX-S 150 mendapat respon positif dari konsumen. Model full fairing atau GSX-R 150 lebih dominan penjualannya dibanding saudara kembarnya.

Sebagai informasi hingga saat ini, Suzuki GSX-R 150 dengan full fairing mampu membukukan penjualan sebanyak 1.2000 unit. Hal ini dikatakan oleh Sales & Marketing 2W Departement Head SIS, Yohan Yahya disela-sela touring Suzuki GSX-S 150.

“Sampai bulan Maret kemarin sudah 12.000an penjualan, penjualan paling banyak masih daerah Jabodetabek,” ujarnya. Sayangnya Yohan masih belum berani memastikan penjualan untuk varian GSX-S 150 naked sport karena penjualannya aeu dilakukan Maret 2017.

Suzuki GSX
Suzuki GSX-S150 optimistis bersaing di segmen model naked Sport. Foto/Carmudi Indonesia.

Yohan juga menambahkan kalau wilayah penjualan, Jabodetabek berada di urutan pertama, disusul Jawa Timur dan Jawa Barat di urutan ketiga. Kedepannya mengenai penjualan segmen motor sport di pasar Indonesia, Yohan yakin akan terus tumbuh.

“Kalau kita lihat motor sport ini kan dari tahun ke tahun mengalami kenaikan, artinya memang ke depannya market ini akan cukup besar. Kita berani untuk bersaing dengan 2 merek yang lebih senior keluar,” ujarnya.

Ya, keberanian Suzuki untuk bertarung di segmen ini patut di acungi jempol, selain strategi pasar Suzuki juga membenamkan fitur dan teknologi yang mampu bersaing. Honda dan Yamaha saat ini sangat waspada dengan kemunculan Suzuki GSX-R 150 yang sudah siap akan menggerogoti pasar di kelas naked sport, kita tunggu saja. (Dol)

Previous post
76 Trial Game Asphalt, Balapan Trail Diatas Aspal
Isofix
Next post
Pentingnya Keberadaan ISOFIX pada Jok Mobil Anda