BeritaEventMobilSumber informasi

Suzuki Ignis Melejit Sementara Karimun Menahan Nafas

Jakarta – Kehadiran varian baru Suzuki Ignis membungkam beberapa line-up yang ada di keluarganya, padahal seperti diketahui Ertiga dan Karimun sebelumnya sangat laris. Ini dibuktikan lewat ajang IIMS 2017 yang beru berakhir yang digelar selama 10 hari.

Selama pameran Suzuki Karimun Wagon R mungkin jadi kurang dilirik, bila melihat data Surat Pemesanan Kendaraan (SPK) sepanjang IIIMS 2017, Ignis berhasil mencatat pemesanan sebanyak 370 unit hingga 3 Mei. Sementara Karimun Wagon R cuma 20 unit. Secara total mereka membukukan 632 SPK.

PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) saat awal pameran menargetkan penjualan dari seluruh model yang dipajang mencapai 400 unit. Namun Ignis dari sebelumnya per 5 Mei dikabarkan terjual 478 unit, maka per 6 Mei jumlahnya bertambah menjadi 666 unit.

Suzuki Karimun

Suzuki Karimun Wagon R alami perubahan tampilan. Foto/Carmudi Indonesia

Harold Donnel, 4W Marketing Head of Product Development and Accessories Suzuki Indomobil Sales (SIS), mengungkapkan kalau hadirnya Ignis tidak serta merta mengancam Wagon R. Menurutnya Karimun Wagon R memang diposisikan sebagai mobil entry level.

“Konsumen biasanya lebih mencari kendaraan dengan arah harga, fungsionalitas, dan efisiensi bahan bakar. Dari sisi harga, Karimun Wagon R bermain di angka Rp 135 juta ke bawah. Nah kompetitor belum punya produk di harga Rp 140 -150 juta untuk emosional dan Ignis hadir untuk mengisi kekosongan itu dan mendapat respons positif,” ujarnya.

Suzuki Ignis Senjata Baru untuk Penjualan

Kehadiran Suzuki Ignis tidak serta merta mendongkrak penjualan Suzuki, peran Karimun Wagon R juga masih tetap dioptimalkan. Hal ini diungkapkan Direktur Pemasaran SIS Donny Saputra kalau Suzuki tak bisa berbuat banyak untuk memoles tampang Wagon R tapi hal itu harus tetap dilakukan agar menarik konsumen.

“Kami tidak mau mengeluarkan produk yang keluar dari konsep produk. Ketika kami keluarkan (Wagon R) kami sadar itu produk untuk fungsionalitas. Tapi kalau mau cari tampang, Wagon R tampangnya mau dirombak gimana tak akan membuat jadi Ignis,” ucap Donny.

Suzuki Ignis

Suzuki Ignis (Carmudi Indonesia – Bagja)

Dia melanjutkan dengan memasukkan Ignis jadi formulasi pas untuk memperkuat penjualan. Maka dari itu pihaknya tak mau setengah-setengah dan menjadikan Ignis senjata baru Suzuki di Indonesia.

Porsi pasar terbesar adalah first time buyer, bahkan beberapa waktu lalu dia menyebut 70 persen penjualan mobil di bawah Rp 200 juta diserap konsumen tersebut. Ini salah satu alasan SIS memperkuat dengan Suzuki Ignis.

Panjualan SIS selama IIMS dari data terakhir per 6 Mei mencapai 1.352 unit dari semua model. Angka ini jauh melebihi target yang ditetapkan sebelumnya. Sementara secara total, merek Jepang itu sudah menerima 2.829 unit pemesanan untuk Ignis dan saat ini tengah dalam proses pengiriman ke konsumen. (Dol)

Dony Lesmana

Dony Lesman memulai karirnya di dunia jurnalis di Jawa Pos Surabaya 2003. Hijrah ke Jakarta bergabung di majalah Otomotif Ascomaxx dan Motomaxx di 2010. Sempat bergabung di portal berita Sindonews.com di kanal Autotekno hingga 2016 yang mengupas perkembangan otomotif dan teknologi. Terhitung Januari 2017 masuk sebagai tim Journal Carmudi Indonesia yang mengulas dan mempublikasikan berita-berita otomotif terbaru di Indonesia maupun dunia.

Related Posts