Berita

Suzuki Indonesia Tutup 2019 dengan Meluncurkan Baleno Facelift

Suzuki Indonesia Tutup 2019 dengan Meluncurkan Baleno Facelift (Foto: Autocarindia)

Jakarta – Tidak cuma menawarkan program penjualan akhir tahun, secara diam-diam PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) selaku Agen Pemegang Merek (APM) mobil Suzuki di Indonesia menyiapkan satu mobil baru. Kabar Suzuki akan meluncurkan mobil baru sudah tercium sejak beberapa bulan terakhir, namun model dan waktu peluncurannya masih ‘abu-abu’.

Setelah sekian lama menjadi teka-teki, akhirnya Suzuki mau buka-bukaan. Melalui undangan resmi yang masuk ke redaksi Carmudi, Suzuki memberitahukan akan meluncurkan mobil baru yaitu Baleno facelift pada 20 Desember 2019.

“Dalam rangka pengembangan produk, Suzuki mengajak rekan-rekan media untuk hadir pada peluncuran New Baleno sebagai salah satu mobil andalan terbaru kami. Untuk itu kami mengundang rekan-rekan media untuk hadir dalam acara tersebut,” demikian petikan isi undangan yang Carmudi terima.

Masih berdasarkan undangan tersebut, seremonial peluncuran Suzuki Baleno facelift akan dilaksanakan di salah satu resto & lounge yang berlokasi di Jakarta Selatan, pukul 15:00 WIB.

Suzuki Baleno pertama kali dipasarkan di Indonesia pada 2017. Peluncurannya dilakukan pada Agustus bersamaan dengan Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS). Sejak diluncurkan sampai sekarang, mobil pesaing Toyota Yaris dan Honda Jazz itu belum pernah mengalami penyegaran.

Suzuki Baleno

Suzuki Baleno resmi meluncur di GIIAS 2017 (Carmudi Indonesia – Amel)

Sebelum resmi dipasarkan ke konsumen di Tanah Air, Suzuki terlebih dulu menunjukkan versi konsep dari Baleno yang diberi nama iK-2.

Suzuki Baleno mengandalkan platform generasi terbaru “Heartect” yang menghadirkan sebuah kendaraan yang tak hanya ringan namun juga lebih kokoh. Struktur baru ini lebih andal bahkan ketika menyerap benturan sehingga berkendara makin nyaman ketika berada di kecepatan tinggi atau menikung di berbagai kondisi jalan.

Bobot ringan yang diandalkan Heartect berdampak pada semakin efisien penggunaan bahan bakarnya. Selain itu, mobil juga jadi lebih lincah ketika melakukan akselerasi, berbelok dan juga melakukan pengereman.

Di Indonesia, Baleno dibekali mesin yang sama dengan Suzuki Ertiga lawas, K14B. Mesin ini memiliki konfigurasi empat silinder segaris, DOHC, VVT dengan kapasitas 1.373 cc. Tenaga yang dikeluarkan mencapai 90 Hp pada 6.000 rpm dan torsi puncak 130 Nm pada 4.200 rpm. Semua tenaga disalurkan ke roda depan lewat transmisi otomatis atau manual.

Suzuki Baleno Facelift Sudah Meluncur di India

Sebelum masuk ke Indonesia, Suzuki Baleno facelift sudah meluncur di tanah kelahirannya di India pada Januari 2019 lalu. Suzuki Baleno facelift tampil dengan sedikit pembaruan di sektor eksterior. Akan tetapi membuat tampilan luarnya semakin sporty dibanding pendahulunya. Ini berkat gril dan bumper yang tampil dengan desain baru. Lampu depan juga tampil beda, begitu juga dengan peleknya.

Sementara itu interior juga tidak banyak berubah. Suzuki hanya menawarkan kombinasi warna jok.

Suzuki Indonesia Tutup 2019 dengan Meluncurkan Baleno Facelift (Foto: Autocarindia)

Di India, Suzuki Baleno facelift ditawarkan dengan mesin bensin berkapasitas 1.200 cc empat silinder dengan tenaga sekuat 83 Hp dan torsi puncak 11 Nm. Ada juga pilihan mesin diesel berkapasitas 1.300 cc bertenaga 74 Hp dan torsi 190 Nm.

 

Penulis: Santo Sirait

Editor: Dimas

Baca Juga:

Makin Canggih, Nissan Leaf Dibekali dengan ProPilot

Santo Sirait

Santo Sirait sebelumnya Jurnalis di Okezone.com, pindah ke Carmudi.co.id sebagai Reporter pada November 2017. Fokus di sektor otomotif, terutama meliput tentang mobil, motor dan industri otomotif. Santo dapat dihubungi di [email protected]

Related Posts