Berita Mobil

Suzuki Jimny Terbaru Masih Belum Jelas, Komunitas Putuskan Impor Sendiri

Peluncuran Suzuki Jimny di Thailand (Foto: Suzuki)

Jakarta – Sejak kemunculan perdananya di GIIAS 2018 Suzuki Jimny terbaru sangat ditunggu-tunggu kehadirannya secara resmi di Indonesia. Namun hingga kini statusnya masih belum mendapat kejelasan dari PT Suzuki Indomobil Sales (SIS). Sampai akhirnya, baru-baru ini sosial media dihebohkan dengan foto penampakan beberapa unit Suzuki Jimny terbaru tengah diangkut truk pengangkut. Dari keterangan yang dihimpun dari berbagai sumber terkait foto-foto tersebut disebutkan mobil itu diboyong dari arah Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara.

Hal ini membuat sinyal mengaspalnya Suzuki Jimny di Indonesia semakin kuat. Apalagi, ternyata Suzuki juga membuka keran pemesanan untuk mobil legendaris yang satu ini pada pameran otomotif Indonesia International Motor Show (IIMS) 2019 kemarin. Menurut keterangan tenaga penjual di booth Suzuki waktu itu, untuk memesan Jimny calon pembeli hanya perlu mengeluarkan kocek sebesar Rp5 juta.

Penampakan Suzuki Jimny terbaru

Penampakan Suzuki Jimny terbaru di truk pengangkut. (Foto: Instagram)

Meskipun begitu, hal itu hanya sebagai langkah membuka inden pemesanan saja. Dony Saputra selaku Direktur Pemasaran 4W PT SIS memang mengatakan jika Suzuki membuka pemesanan jip berpenggerak 4 roda ini.

“Rencana memang membuka inden pemesanan Jimny. Soal harganya memang belum ada karena masih kami siapkan soal harganya,” kata Dony.

Loyalis Suzuki Jimny Impor Sendiri dari Dili

Keterangan lokasi eksportir Suzuki Jimny terbaru

Keterangan lokasi eksportir Suzuki Jimny terbaru yang menempel di kaca belakang. (Foto: Facebook)

Beda lagi respons dari komunitas Suzuki Jip Indonesia, mereka mengaku kecewa karena Jimny terbaru terus sekadar wacana saja. Salah satu perwakilan komunitas yang tidak mau disebutkan namanya ini mengatakan bahwa lebih baik tidak usah banyak berharap dalam waktu dekat ini.

“Beritanya selalu tahun ini launching, tahun ini launching tapi nggak jadi-jadi, jadi sekarang jangan harap banyak dengan kehadiran Jimny, masih abu-abu,” katanya saat ditanyai melalui pesan singkat beberapa waktu lalu.

Menurutnya, pihak Suzuki di Indonesia masih takut kalau Jimny terbaru tidak laku di pasaran. Padahal kalau berkaca pada Jimny Wide yang hanya tersedia sebanyak 88 unit pada medio 2016 silam bisa langsung ludes.

Menyusul pernyataan tersebut, dirinya memberi bukti berupa video yang memperlihatkan empat unit Suzuki Jimny terbaru. Menurutnya, video tersebut adalah milik temannya dan hasil impor langsung dari Dili, Timor Leste. Sayangnya, tidak diketahui jelas mengenai harga pastinya. Dirinya hanya menyebut kisaran harga mencapai Rp300 – Rp400 juta.

Transmisi manual Suzuki Jimny terbaru

Transmisi manual Suzuki Jimny terbaru. (Foto: Facebook)

Menariknya, berbeda dengan model pameran yang menggunakan transmisi otomatis alias matc, dari video tersebut Suzuki Jimny yang diimpor ini menggunakan transmisi manual (MT). Keempat unit ini terdiri dari warna hitam, silver, krem, dan hijau.

Dimas Hadi

Memulai karir sebagai jurnalis otomotif sejak 2016 di Carmudi Indonesia. Sebelumnya aktif menulis bermacam esai sosial-budaya dan beberapa karya tulis lainnya sejak 2009. Email : [email protected]
Follow Me:

Related Posts