MobilReviews

Suzuki Karimun, City Car Legendaris yang Irit dan Lincah

Suzuki Karimun

Suzuki Karimun Wagon R alami perubahan tampilan. Foto/Carmudi Indonesia

Jakarta – Suzuki Karimun atau dikenal di pabrikan asalnya sebagai Suzuki Wagon R, termasuk salah satu dari sedikit city car yang tetap eksis hingga bertahun-tahun. Mobil ini sekalipun ukurannya kecil tapi interior yang cukup lega untuk menunjang berbagai aktivitas.

Karimun juga terkenal dengan kenyamanan dan kehandalan mesinnya yang terkenal munggil yaitu 970 cc. Salah satu alasan yang membuat Karimun lawas tetap digemari yaitu karena teknologi mesin Suzuki Karimun masih konvensional dan hanya tersedia dengan pilihan transmisi manual saja. Perawatannya relatif mudah dan suku cadangnya juga termasuk murah.

Suzuki Karimun diperkenalkan untuk kali pertamanya ke publik Tanah Air pada kisaran 1999. Desain mobil mungil ini langsung mengadopsi gaya Kei Car di Jepang yang meluncur pertama kali pada 1993. Meskipun mungil, Karimun memiliki area interior yang cukup lega untuk berbagai aktivitas, dan mencangkok mesin yang cukup handal.

Suzuki Karimun memiliki tampilan yang sangat khas, di mana model bodinya mengotak dan dimensinya tak terlalu panjang.Ada dua tipe yang dihadirkan, yakni tipe DX dan GX.

Perbedaan Karimun untuk pasar domestic dengan produksi Jepang yaitu pada bagian mesin, yang kapasitasnya lebih besar. Suzuki Jepang wajb mematuhi regulasi Kei Car yang hanya memakai mesin 660 cc.

Perjalanan Suzuki Karimun, Makin Modern

mobil bekas rp50 jutaan

Suzuki Karimun Kotak (Foto: Carmudi)

Perjalanan Karimun Kotak harus berakhir pada 2006, di mana modelnya yang mengotak digantikan oleh Karimun Estillo, yang modelnya lebih membulat dan tenaga yang lebih besar.

Hal itu bisa terjadi karena varian baru ini menggunakan mesin 1.100 cc, 16 valve injection dan microprocessor 32 bit dan bertenaga 65 PS. Suzuki sudah cukup terkenal sebagai produsen yang banyak melahirkan mobil-mobil terbaik dan hemat bahan bakar dan keunggulan ini juga hadir di Estilo.

Sama seperti versi Karimun ‘Kotak’, Karimun Estilo juga hanya tersedia satu versi transmisi manual saja. Hal itu dimaksudkan agar harga mobil perkotaan ini mampu bersaing dengan merek lain.

Suzuki Estilo

Suzuki Karimun Estilo bermasalah pada pengontrol suhu AC. Foto/Ilustrasi.

Karimun Estilo menjad city car yang sangat responsif serta bertenaga, tetapi bisa hemat bahan bakar. Dengan sasaran target pemasaran untuk mobil ini menyasar pada usia 18-35 tahun, Suzuki Karimun Estilo sangat cocok bagi kalangan eksekutif muda, mahasiswa hingga keluarga muda.

Evolusi Suzuki Karimun terus berlanjut, hal itu dibuktikan dengan lahirnya Suzuki Karimun Wagon R. Masuk sebagai mobil program low cost green car (LCGC), mobil ini juga memiliki harga yang sangat terjangkau. Perubahanb eksterior dan interior juga membuat city car ini tampil modern dan lebih berkelas.

Secara fisik, Karimun Wagon R masih mengusung konsep desain yang simple, boxy, namun lebih beraura modern. Mesin K10B berkubikasi 970 cc sanggup menghasilkan tenaga 55 PS pada 5.500 rpm dengan torsi 102 kgm pada 4.000 rpm. Konsumsi bahan bakarnya juga sangat irit, karena harus bisa mencapai 20 km/liter sesuai anjuran pemerintah untuk mobil LCGC.

Karimun dinilai sebagai mobil yang sangat cocok digunakan di area perkotaan karena didukung kelincahan bermanuver, pengendalian yang mudah, dan mesin yang irit bahan bakar. Namun, eksistensinya sekarang tergerus oleh si kembar bikinan Group Astra yaitu Toyota Agya dan Daihatsu Ayla. yang bentuknya lebih ke arah hatchback.

PT Suzuki Indomobil Sales selaku agen pemegang merek lantas melakukan penyegaran minor pada city car ini yang diluncurkan pada ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2017. Ubahan mencakup pada sisi eksterior dan interior.

Karimun Wagon R, Mobil Keluarga Versi Mini

Suzuki merancang Karimun sebagai versi mungil sebuah mobil keluarga. Pada masanya, mobil ini telah memilliki beragam fitur hiburan dan kenyamanan yang cukup modern. Karimun Wagon R memiliki kabin dengan rancangan yang cukup lapang dan sanggup menampung hingga lima orang.

Wagon R 7 seater

Suzuki Karimun Wagon 7-seater (Foto: Indianautosblog)

Selama ini mobil LCGC selalu identik dengan ruang kabin yang sempit, lain halnya dengan Suzuki Karimun Wagon R. Bisa dibilang, Wagon R ini adalah versi mungilnya sebuah mobil keluarga.

Rancangan kursi belakang juga bisa mengakomodir pengguna untuk mengangkut penumpang atau sebagai ruang penyimpanan tambahan. Meskipun terlihat mungil, tapi Suzuki Karimun masih cukup nyaman.

Desain dashboard depan Karimun Wagon R yang dirancang sederhan namun tetap eye catching dengan komposisi fabric bercorak warna kalem yang elegan. Panel instrumen di dashboard Karimun Wagon R GX dan GL telah dilengkapi dengan panel cluster meter yang lebih sporty.

Karimun Wagon R

dalam kabin secara keseluruhan memang masih tetap sama, namun bila melihat head unitnya ada sedikit perubahan. Foto/Carmudi Indonesia.

City car ini juga telah dilengkapi dengan bermacam fitur penunjang yang fungsional seperti AC, headroom yang tinggi dan legroom yang lega. Desain kabin yang tinggi dan bentuk mobil yang boxy membuat bagasi lebih besar dan bahkan terluas di kelasnya.

Untuk Suzuki Karimun Wagon R tipe GL dan GX juga telah tersedia Roof Rail dan juga ruang penyimpanan di bawah jok atau Underseat Tray. Berikut ini fitur kenyamanan yang tersedia pada Suzuki Karimun terbaru:

  • Dashboard dengan takometer
  • Kursi baris kedua bisa dilipat
  • Sistem audio single DIN (pemutar kaset/CD/radio)
  • Under seat tray
  • Auto Gear Shift (AGS)
  • AC
  • Power Window

Desain Suzuki Karimun Wagon R Kian Atraktif

Satu hal yang menjadi ciri khas dari Suzuki Karimun adalah model bodinya yang mengotak. Kembaran Wagon R versi Indonesia ini punya desain lebih mewah dengan beberapa aksen pemanis.

Suzuki jelas tidak ingin pangsa pasarnya terus tergerus pemain baru. PT Suzuki Indomobil Sales lantas melakukan penyegaran untuk Karimun Wagon R di tahun 2017.

Karimun Wagon R GA, GL, GX dan Dilago dibekali dengan lampu depan dengan desain trapezoidal dan teknologi halogen. Sementara untuk Karimun GS tampilan depannya lebih atraktif dengan fasia depan yang terlihat lebih modern dan sporti, sementara varian lainnya masih terlihat konvensional.

Bukan hanya sekadar perbedaan pada desain lampu depan dengan proyektor, tetapi juga dari ukuran dan bentuk kap mesin, model gril, bumper dan foglamp yang lebih modis. Ini poin ubahan yang hadir pada Wagon R di tahun 2017:

  • Lampu proyektor
  • Grill baru
  • Fasia depan baru
  • Lambang garuda yang semula di depan pindah kebelakang.
  • Logo Suzuki menghiasi grill depan
  • Desain velg berubah dengan ukuran tetap

Mesin Irit Andalan Suzuki Karimun

Karimun tidak hanya lincah, tapi juga terkenal soal keiritan bahan bakarnya. Suzuki setia memakai mesin 1.0 liter sebagai sumber tenaga sejak jaman Karimun Kotak. Karimun Wagon R kini mampu mencatatkan rata-rata pemakaian bahan bakar 1:20 km/liter, yang menjadi standar untuk sebuah mobil LCGC.

Suzuki Karimun Wagon R dijejali mesin K10B berkapasitas 998cc. Mesin dikawinkan dengan transmisi manual atau AGS hingga memuntahkan 68 tenaga kuda dengan torsi 90 NM pada 3.500 RPM.

  • Kapasitas mesin: 998cc
  • Transmisi: Manual atau AGS
  • Tenaga maksimal: 68 HP
  • Kecepatan tertinggi: 150 km/jam
  • 0-100 km/jam: 16-17 detik
  • Jenis bahan bakar: Bensin
  • BBM yang direkomendasikan: Oktan 92
  • Kapasitas tanki: 35 liter
  • Emisi: 109 g/km

Fitur Keselamatan Suzuki Karimun ‘Lumayan’

Berbicara city car tentunya akan membahas mobil harian yang harganya terjangkau. Pabrikan berusaha membuat mobil dengan harga yang murah tapi tidak mengorbankan banyak fitur.

Untuk melindungi penumpang dan pengemudi, Suzuki Karimun memakai rangka monokok dengan tambahan struktur baja pelindung. Namun, pengereman masih memakai rem cakram berventilasi (roda depan) dan rem belakang tromol, leading & trailing.

Untuk fitur keselamatan lainnya sudah tersedia airbag, Child Proof Door Lock, hingga 3 Poin ELR Safety Belt sebagai standar. Memang, jauh dari kata lengkap bila dibandingkan dengan mobil diatasnya, namun sudah cukup untuk perlindungan minimum.

  • Crumple zone pada bagian depan
  • Side Impact Beam
  • Seatbelt 3 titik

Daftar Harga Suzuki Karimun Wagon R

PT Suzuki Indomobil Sales meniagakan Karimun Wagon R dalam banyak varian. City car ini hadir dalam versi mobil penumpang atau bahkan angkutan barang berupa blind van.

Group ModelSales ModelHarga on the Road
KARIMUN WAGON RGARp 110,000,000
KARIMUN WAGON RBLIND VANRp 122,500,000
KARIMUN WAGON RGLRp 123,500,000
KARIMUN WAGON RGL AGSRp 132,500,000
KARIMUN WAGON RGSRp 132,000,000
KARIMUN WAGON RGS AGSRp 140,500,000

Kelebihan dan Kelemahan Suzuki Karimun

Kelebihan dari Suzuki Karimun Wagon R adalah harganya yang sangat terjangkau serta ukurannya yang kompak. Mobil ini cocok dengan kondisi lalu lintas dan gaya hidup masyarakat di perkotaan. Sayangnya, fitur keselamatan di mobil boxy ini relatif minim.

Kelebihan

  • Lincah
  • Fungsional dalam penyimpanan barang
  • Perawatan mudah
  • Suku cadang gampang dicari
  • Mesin bandel
  • Rancangan ground clearance tinggi mampu menerobos banjir

Kelemahan

  • Suspensi keras
  • Mobil rentan limbung saat kecepatan tinggi

Tutus Subronto

Tutus Subronto memulai karirnya di dunia otomotif sebagai jurnalis di Media Indonesia. Sejak 2008, telah meliput beragam kegiatan otomotif nasional. Terhitung Januari 2014 masuk sebagai tim Content Writer di Carmudi Indonesia. Kini terlibat di tim editorial Journal Carmudi Indonesia untuk mengulas dan publikasikan berita-berita otomotif terbaru. Email: [email protected]

Related Posts