Home » Berita » Suzuki Kembali Melanjutkan Uji Coba Wagon R Listrik

Suzuki Kembali Melanjutkan Uji Coba Wagon R Listrik

Mobil kompak khas city car diduga Wagon R Listrik (Foto: Rushlane)

Mumbai – Pemerintah India resmi mencabut status lockdown nasional pada Mei lalu. Nampaknya momen ini langsung dimanfaatkan oleh anak perusahaan Suzuki Motor Corporation (SMC) di India, Maruti Suzuki untuk kembali melanjutkan uji coba Wagon R listrik. Ini menunjukkan bahwa Suzuki serius dalam menggarap mobil ramah lingkungan. Bahkan belum lama ini perusahaan telah menghentikan seluruh lini produknya yang menggunakan mesin diesel.

Salah seorang pembaca Rushlane mengaku telah melihat mobil mirip Wagon R listrik tengah melintas di jalan raya di kota Gurgaon. Dari foto yang dikirimnya tampak mobil berbentuk kotak menggunakan jubah kamuflase. WagonR listrik itu menggunakan pelek palang lima mirip seperti milik Suzuki Ignis. Namun belum dapat dipastikan apakah versi produksinya tetap menggunakan pelek tersebut atau beda.

Maruti Suzuki sebelumnya berencana untuk meluncurkan Wagon R listrik pada awal 2021. Sebagai awalan, pabrikan berlogo ‘S’ itu akan menyasar pasar fleet seperti taksi atau mobil rental sebelum dipasarkan ke konsumen individu.

Apabila Wagon R listrik resmi diniagakan, maka tidak menutup kemungkinan bahwa model tersebut akan menjadi kendaraan listrik dengan harga paling terjangkau. Menariknya lagi saat ini belum ada mobil listrik sekelas Wagon R di India. Pasar otomotif India hanya memiliki tiga mobil listrik yaitu Tata Nexon EV, MG ZS EV, dan Hyundai Kona.

Sejauh ini, informasi mengenai spesifikasi Suzuki Wagon R listrik masih sangat minim sekali. Dari rumor yang beredar, mobil perkotaan ini bakal dibekali dengan konsol instrumen digital, automatic climate control, head unit layar sentuh 7 inci, dan sebagainya.

Suzuki juga akan menyematkan baterai yang mampu membuat kendaraan berjalan sejauh 130 kilometer dalam kondisi muatan terisi penuh. Fast charging mungkin disediakan juga oleh Suzuki sebagai bagian dari paket standar. Demikian seperti dilansir dari Rushlane, Rabu (8/7/2020).

Mobil Wagon R Listrik telah diuji coba dalam waktu yang lama. (Foto: Rushlane)

Pengujian Suzuki Wagon R Listrik Telah Lama Dilakukan

Suzuki Wagon R listrik sudah melalui serangkaian pengujian sejak lama. Ditargetken mobil ini diproduksi massal dan dipasarkan mulai 2020. Namun sayang rencana tersebut harus ditunda.

Perusahaan bermarkas di Jepang itu terpaksa menunda produksi sekaligus memasarkan Wagon R listrik. Alasannya prinsipal Suzuki di Jepang belum melihat tanda-tanda kesiapan dalam menyambut hadirnya era mobil listrik di India kala itu.

Jika dipaksakan meluncur, maka bukan tidak mungkin harga Wagon R listrik pasti sangat mahal. Infrastruktur seperti stasiun pengisian daya mobil listrik di India saat ini belum memadai. Padahal mobil listrik pergerakannya sangat bergantung pada stasiun pengisian daya.

 

Penulis: Santo Sirait

Editor: Dimas 

Baca Juga:

Sempat Tertunda, Mitsubishi Akhirnya Luncurkan Xpander Cross di Filipina

Honda Beat FC50
Previous post
Honda Beat FC50, Nenek Moyang BeAT dari Tahun 1980-an
Diler Mitsubishi Pondok Cabe
Next post
Mitsubishi Terapkan Protokol Kesehatan di Semua Diler Resmi