Home » Berita » Suzuki Masih Tutup Mulut Soal Kehadiran Ertiga Crossover di Indonesia

Suzuki Masih Tutup Mulut Soal Kehadiran Ertiga Crossover di Indonesia

Pakai platform Suzuki Ertiga, Maruti XL6 termurah dibanderol Rp195 jutaan (Foto: Indianautosblog)

Jakarta – Pada Agustus 2019 Maruti Suzuki, selaku Agen Pemegang Merek (APM) mobil Suzuki di India, meluncurkan mobil keluarga terbaru bernama XL6. Banyak pihak yang menyebutkan mobil ini merupakan Ertiga versi crossover. Menurut rumor yang beredar, mobil ini juga akan masuk ke Indonesia menjadi Suzuki XL7.

Sebenarnya Suzuki XL7 merupakan turunan dari XL6 yang artinya sama-sama mengusung model crossover. Meski demikian, terdapat perbedaan di dalam kabinnya. Suzuki XL7 memiliki kemampuan menampung hingga tujuh orang penumpang, sedangkan Suzuki XL6 hanya enam penumpang karena mengusung konsep captain seat di bangku baris ke dua.

Kabin Maruti XL6 yang menggunakan jok captain seat di baris kedua. (Foto: Indianautosblog)

Terkait kepastian waktu peluncuran Suzuki XL7 di Indonesia, pihak PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) masih tutup mulut.

“Saya juga pengen itu (Suzuki XL7). Tunggu saja,” ungkap Presiden Direktur PT SIS Seiji Itayama, di Jakarta, Jumat (20/12/2019) kemarin.

Dirinya meminta maaf untuk sementara waktu tidak bisa membeberkan soal jadi atau tidaknya Suzuki XL7 hadir di Indoneia.

“Kalau tanya kapan keluar, kalau saya bicara di sini nanti saya dipecat dari Jepang,” canda Itayama dibarengi dengan tawa.

Suzuki XL6 Pakai Platform Ertiga

All New Suzuki Ertiga (Foto: Santo/Carmudi)

Maruti Suzuki membangun crossover XL6 menggunakan platform Ertiga. Dibanding Ertiga, Suzuki XL6 punya desain eksterior yang lebih berani dan berotot.

Sumber tenaga mobil berasal dari mesin bensin yang sudah memiliki standar BS-VI atau setara dengan Euro6. Mesin ini berkapasitas 1,5 liter dengan tenaga sebesar 102 Hp dan torsi puncak 138 Nm. Tenaga yang dihasilkan disalurkan ke roda melalui transmisi manual lima percepatan dan otomatis empat percepatan. Mesin sudah dibekali teknologi Progressive Smart Hybrid milik perusahaan.

“Maruti XL6 adalah bukti komitmen kami untuk menghadirkan teknologi terbaru kepada pelanggan kami. XL6 memberikan keseimbangan gaya, ruang, kenyamanan, kinerja, dan keamanan yang sempurna. Kami yakin bahwa mobil keluarga dengan kemampuan menampung enam penumpang ini akan cocok dengan pelanggan saat ini yang mencari kenyamanan dan gaya,” ungkap Kenichi Ayukawa, Managing Director dan CEO, Maruti Suzuki India seperti dikutip dari Indianautosblog.

Setidaknya ada enam pilihan warna yang ditawarkan untuk Suzuki XL6, yaitu Nexa Blue, Auburn Red, Premium Silver, Brave Khaki, Magma Grey, dan Arctic White.

Di India Suzuki XL6 punya empat Varian. Dimulai dari Zeta MT (transmisi manual) yang dibanderol Rp195 jutaan, Alpha MT seharga Rp206 jutaan, Zeta AT (transmisi otomatis) seharga Rp217 jutaan, dan varian tertinggi XL6 yaitu Alpha AT dibanderol sekira Rp228 jutaan.

 

Penulis: Santo Sirait

Editor: Dimas

Baca Juga:

Suzuki New Baleno Meluncur, Beda Harga dengan yang Lama Cuma Rp3 Juta

Previous post
PCX Luxurious Trip, Eksplorasi Kenyamanan Skutik Bongsor
Kaca film V-Kool berikan promo akhir tahun.
Next post
Sambut Akhir Tahun, V-Kool Berikan Promo Banting Harga Spektakuler