BeritaSepeda motorSumber informasi

Suzuki Siapkan Premium Matik 180 cc Lawan NMax?

Matik 180cc

Suzuki Skywave 400cc (Google)

Jakarta – Merasa sukses bermain di segmen motor sport dengan menghadirkan Suzuki GSX-R150, S150 dan Satria F150, belum cukup memuaskan pihak PT Suzuki Indomobil Sales Indonesia (SIS) untuk berupaya kembalikan kejayaannya di pasar otomotif roda dua Indonesia.

Ternyata masih ada segmen yang mau dikejar selain sport. Malah segmen ini justru yang paling diminati.

Tau kan segmen apa yang dimaksud? Yup, segmen matik masih bikin Suzuki penasaran. Bukan gak punya produknya, banyak malah. Sebut saja Address, Nex dan Spin. Belum lagi dulu pernah ada Hayate dan juga Burgmann.

Cuma satupun belum ada yang bisa kasih perlawanan maksimal pada kompetitor. Khususnya di segmen matik premium dimana Yamaha NMax dan Honda Vario masih terus mendominasi segmen tersebut.

Ssssstttt, gak usah berisik, Suzuki juga sudah siap main serius di segmen matik premium kok. Bocoran ini datang dari manajemen Suzuki yang namanya minta tidak disebutkan.

“Rencananya tahun depan kita juga mau masukin motor matik model baru. Tapi ini baru rencana, mudah-mudahan jadi,” ujar sumber Suzuki tersebut.

Baca Juga : 5 Warna Baru Suzuki Satria F150 Bikin Anak Muda Kelihatan Makin Gaul

Yang bikin spesial dari matik baru Suzuki ini karena kapasitas mesinnya tidak lazim. Tidak mau ikut kompetitor di kelas 150 cc yang memang saat ini ramai peminat, Suzuki lebih memilih matik 180 cc.

Loh, apa alasan Suzuki pilih matik 180 cc?

“Kita melihat kemungkinannya itu. Kalau masih main di kelas 150 cc, apakah tahun depan masih bisa dibilang matik premium? Rasanya sih gak. Itu alasan kenapa kita mau masuk di kelas 180 cc. Karena segmennya benar-benar baru,” tambahnya.

Nama Matik 180 cc Masih Rahasia

Bermain di segmen matik 180 cc, Suzuki benar-benar membuka segmen baru. Sampai sekarang belum ada pabrikan roda dua yang main di kelas ini. Rata-rata cuma di 150, 200 dan 250 cc.

Lalu ramai merebak isu kalau matik premium Suzuki ini mengambil base engine Burgmann yang berkapasitas 200 cc.

Hal ini langsung ditepis oleh Suzuki. “Ini benar-benar mesin baru, bukan ambil base Burgmann, totally baru. Malah nanti kemungkinan besar Indonesia bakal jadi negara yang pertama kali meluncurkan model ini,” tegasnya.

Sayang, dari semua info itu, nama motor yang belum kesebut sama sekali. Suzuki masih tutup mulut rapat-rapat terkait hal ini.

“Sampai sekarang saya sendiri juga belum dapat info terkait nama motor matik ini. Tunggu saja nanti kalau keluar,” pungkasnya.

Tapi yang pastinya, matik premium Suzuki ini benar-benar dipersiapkan untuk menghajar pasar Yamaha NMax maupun Vario. Artinya kalau menebak strategi harga, bisa jadi nekat dipepetin dengan harga NMax, wowww…..

Dengan kapasitas mesin diatas NMax dan Vario dibawah XMax, harga kompetitif di angka tak sampai Rp30 juta, bisa jadi penerimaan konsumen untuk produk baru Suzuki ini akan meriah.

Sama seperti strategi pada Suzuki GSX 150 di kelas motor sport yang cukup sukses mengatrol penjualan hingga angka 20.000 unit sampai saat ini. (Zainal Abidin)

Tutus Subronto

Tutus Subronto memulai karirnya di dunia otomotif sebagai jurnalis di Media Indonesia. Sejak 2008, telah meliput beragam kegiatan otomotif nasional. Terhitung Januari 2014 masuk sebagai tim Content Writer di Carmudi Indonesia. Kini terlibat di tim editorial Journal Carmudi Indonesia untuk mengulas dan publikasikan berita-berita otomotif terbaru. Email: [email protected]

Related Posts