Berita Mobil Reviews

Suzuki Mega Carry, Pick-Up Bongsor Serba Guna dengan Muatan Banyak

Suzuki Mega Carry dimodifikasi jadi mobil toko (Foto: Carmudi)

Jakarta – Mobil jenis pick-up tidak pernah kehilangan peminat. Masyarakat butuh kendaraan kecil untuk angkutan barang yang bisa keluar masuk jalan sempit atau kawasan perumahan Untuk memenuhi kebutuhan tersebut, PT Suzuki Indomobil Sales menyediakan Suzuki Mega Carry.

Perbedaan yang mencolok terlihat dari desain bodi dan dimensinya. Jika Carry Pick Up berbasis dari Suzuki Carry, maka Mega Carry mengambil konsep dari Suzuki APV. Selain itu, Mega Carry juga lebih panjang dan lebar, sehingga mampu menampung barang lebih banyak.

Dengan bentuk atau desain yang lebih kecil dari truk, Suzuki menyasar orang-orang yang mengembangkan bisnis dengan jarak tempuh yang dekat, atau yang berdomisili di area perkotaan.

Mega Carry ini adalah versi pick up dari minibus Suzuki APV. mobil ini biasanya digunakan untuk membawa berbagai macam barang – barang dengan volume lebih banyak ketimbang pick-up biasa. Sebab, kapasitas pick up atau bak nya juga dirancang dengan ukuran yang cukup besar.

Beda Suzuki Mega Carry Dibanding Pick-up Biasa

Versi pick-up dari APV ini memiliki tampang yang cukup modern dibandingkan dengan mobil niaga lainnya yang terkesan monoton. Ukuran bak yang luas dengan diamter 2,200 x 1,585 x 365 mm. Pastinya dengan ukuran bak sebesar itu, Mobil Suzuki Apv Pick Up ini bisa menampung barang dengan jumlah yang banyak.

Suzuki Mega Carry pada awalnya dihadirkan untuk menggantikan Carry 1.5. Namun, permintaan pasar yang masih tinggi untuk produk-produk kendaraan niaga, membuat Suzuki tetap memertahankan Carry 1.5 dan menghadirkan generasi terbaru Carry Futura 1.5. Meski begitu, Mega Carry tetap menjadi produk pendukung, karena beragam keunggulan yang diusung.

Suzuki Mega Carry (Foto: Suzuki)

Suzuki Mega Carrry memiliki varian dengan model mobil boks. Selain itu, sasis belakang dimana muatan berada mampu menopang berat hingga berkisar 1.5 ton.

Bagian bak belakang juga telah diperkuat dengan beberapa plat besi. Akomodasi pengangkutan barang juga lebih mudah karena Mega Carry memakai pintu jenis 3-way. Plat besi di bagian sasis body dirancang menjadi lebih besar dan juga tebal sehingga akan lebih kuat dan kokoh.

Kelebihan Suzuki Mega Carry Pick Up salah satunya dari sisi performa mesinnya yang tergolong cukup handal. Hal tersebut dikarenakan oleh mesin 1.493 cc yang menggunakan 4 buah silinder segaris. Tenaga yang dihasilkan sebesar 92,4 PS dan torsi 126 Nm.

  • Suspensi Belakang Rigit Axle , Leaf Spring
  • Suspensi Depan MacPherson strut & Coil Spring
  • Sistem Rem Belakang Drum, Leading, Trailing
  • Sistem Rem Depan Ventilated disc
  • Ukuran ban/Velg 185R14C

Pick-Up dengan Banyak Fitur

Sekalipun hanya sebuah pick up, Suzuki membekali Mega Carry dengan fitur keselamatan yang tergolong baik dikelasnya. Sebut saja Side Impact Beams, sebuah fitur yang akan menjaga benturan dari samping.

Kemudian terdapat pula fitur seatbelt lengkap dengan adanya fitur ELR atau Emergency Lock Retractor, yang akan tetap menjaga posisi duduk pengendara pada posisi yang tepat ketika terjadi benturan yang sangat keras.

Fitur yang tersedia pada Mega Carry (Foto: Suzuki)

Memasuki area kabin Suzuki Mega Carry, tak ada kesan lusuh yang terlihat. Mega Carry di desain untuk kenyamanan dan keamanan dalam berkendara, meskipun difungsikan sebagai kendaraan pengangkut barang. Kabinnya yang besar jelas lega dan bisa mengangkut dua orang termasuk pengemudi tanpa sesak.

Soal fitur juga lebih lengkap ketimbang Carry biasa. Secara dimensi, Carry lebih kecil, termasuk bak. Mega Carry bahkan sudah punya opsi penambah kenyamanan, seperti pendingin kabin (AC) juga pengenteng setir (power steering).

  • Kabin terlihat lapang, meskipun hanya untuk menampung 2 orang
  • Jok dibalut dengan material berbahan beludru
  • Terdapat konsol untuk menyimpan barang di dasbor
  • Fitur hiburan berupa tape/radio/cd/mp3
  • Suspensi depan mencangkok model MacPherson strut & Coil Spring
  • Suspensi belakang menggunakan Rigit Axle, Leaf Spring
  • Sabuk pengaman dengan ELR (Emergency Lock Retractor)
  • Dibagian pintu sudah dilengkapi dengan Side Impact Beam
  • Rem depan menggunakan cakram berventilasi

Ukuran Lebih Besar, Struktur Rangka Mega Carry Lebih Kokoh

Suzuki merancang Mega Carry sebagai low pick-up dengan kapasitas yang lebih besar. Untuk itu, bagian rangka jelas diperkuat supaya mobil tetap kokoh saat mengangkut muatan seberat 1,5 ton.

Perlindungan di bagian bak belakang diperlukan untuk menghindari kerusakan lebih parah pada muatan apabila terjadi kecelakaan. Penambahan empat panel besi pada setiap sisi pick up atau bak, menjadikan bak akan lebih kuat terhadap benturan.

Suzuki Mega Carry

Suzuki Mega Carry yang mengalami beberpa perubahan. Foto/Carmudi.

Panjang X Lebar X Tinggi: 4.155 mm X 1.680 mm X 1.865 mm

Jarak Sumbu : 2.625 mm

Jarak Pijakan Depan : 1.435 mm

Jarak Terendah Ke Tanah : 190 mm

Berat Kosong / Isi : 800 kg / 1.950 kg

Tangki Bahan Bakar : 46 liter

Mesin Bertenaga dan Irit

Daya angkut yang besar tentunya menuntut mesin yang lebih bertenaga. Untuk itu, Suzuki membekali Mega Carry dengan mesin 1.5 liter. Memakai kapasitas mesin yang lebih besar, dan menggendong barang dengan bobot maksimal 1.5 ton, tapi konsumsi bahan bakarnya terbilang masih cukup efisien.

  • Tipe Mesin: G15A
  • Isi Silinder: 4-Silinder Segaris
  • Jumlah Katup: 16
  • Kapasitas Silinder: 1.493 cc
  • Diameter X Langkah: 75.0 x 84.5 mm
  • Tenaga Maksimum: 92.4 PS @ 6.000 rpm
  • Torsi Maksimum: 126 Nm @ 3.000 rpm
  • Sistem Transmisi: Manual 5-percepatan
  • Kekurangan dan kelebihan Suzuki Mega Carry

Harga Suzuki Mega Carry

Versi pick-up dari Suzuki APV ini tersedia dalam beberapa jenis atau varian. PT Suzuki Indomobil Sales menjual Mega Carry dalam bentuk pick-up, flat deck, atau mobil boks.

Group Model Sales Model Harga on the Road
MEGA CARRY PICK UP NON TORII CH Rp 101,500,000
MEGA CARRY PICK UP NON TORII PICK UP Rp 140,500,000
MEGA CARRY PICK UP NON TORII PICK UP FD PS Rp 147,000,000
MEGA CARRY PICK UP NON TORII PICK UP WD Rp 142,500,000
MEGA CARRY PICK UP NON TORII PICK UP WD PS Rp 147,500,000
MEGA CARRY PICK UP NON TORII BOX Rp 149,500,000
MEGA CARRY PICK UP WITH TORII PICK UP Rp 140,500,000
MEGA CARRY PICK UP WITH TORII PICK UP FD PS Rp 147,000,000
MEGA CARRY PICK UP WITH TORII PICK UP WD Rp 142,500,000
MEGA CARRY PICK UP WITH TORII PICK UP WD PS Rp 147,500,000

Mega Carry memiliki ukuran yang sedikit lebih besar dibanding low pick-up pada umumnya. Bak belakang yang lebih besar membuat kapasitas angkutnya makin banyak. Sasis yang kokoh membuat mobil akan tetap seimbang pada saat melaju. Jadi Carmudian tidak perlu khawatir tentang ketahanan pada mobil ini.

Satu sisi, ini menguntungkan pengusaha yang bisa memuat banyak barang sekali jalan. Kelemahannya, ukuran mobil yang lebih besar membuat Mega Carry agak kesulitan lewat jalan perkampungan yang sempit. Kurang lincah untuk berakselerasi dijalanan perkotaan juga termasuk keluhan yang dirasakan pengemudi pick-up bongsor ini.

Kelebihan Suzuki Mega Carry

  • Ketahanan bagus dengan sasis kokoh
  • Ukuran bak luas
  • Mesin bandel dan responsif
  • Harga jual kembali bertahan dan stabil
  • Kabinnya terbilang luas dan nyaman, meskipun hanya menampung 2 orang
  • Banyak tempat penyimpanan barang di dasbor
  • Panel instrumen terlihat lebih jelas
  • Kaca belakang yang lebih lebar, membuat pandangan ke belakang lebih leluasa dan aman
  • Bak terpisah dari kabin, sehingga lebih kuat melindungi kabin dari benturan barang
  • Sisi dalam 4 panel pada bak diperkuat dengan plat besi
  • Tangguh saat dikendarai melewati area rawan banjir

Kekurangan Suzuki Mega Carry

  • Kapasitas tempat duduknya hanya ada 2 (umumnya tempat duduk pada pick up bisa diisi 3 orang)
  • Harganya lebih mahal dibandingkan harga pick up lainnya
  • Sulit dikendarai di jalanan yang sempit, sebab bodi Mega Carry tergolong cukup besar
  • Hanya tersedia dua pilihan warna
  • Harga baru cukup mahal

Tutus Subronto

Tutus Subronto memulai karirnya di dunia otomotif sebagai jurnalis di Media Indonesia. Sejak 2008, telah meliput beragam kegiatan otomotif nasional. Terhitung Januari 2014 masuk sebagai tim Content Writer di Carmudi Indonesia. Kini terlibat di tim editorial Journal Carmudi Indonesia untuk mengulas dan publikasikan berita-berita otomotif terbaru. Email: tutus.subronto@icarasia.com

Related Posts