Home » Berita » REVIEW: Kupas Perubahan Suzuki New Carry Pick-Up

REVIEW: Kupas Perubahan Suzuki New Carry Pick-Up

REVIEW

Jakarta – Suzuki Carry pick-up sudah menjadi sahabat dikalangan pengusaha, petani maupun nelayan. Mobil komersial berlogo S asal Jepang ini sudah melegenda di Indonesia. Dalam perkembangannya Suzuki Carry pick-up mengalami beberapa fase perubahan dimulai kehadiran pertamannya pada tahun 1976. Saat itu menggunakan kode bodi ST10 dan masih berstatus mobil CBU.

Satu tahun kemudian akhirnya Suzuki Carry diproduksi di Indonesia dengan kode bodi ST20 dan masih menggunakan mesin 3-silinder berkapasitas 550 cc yang masih menggunakan teknologi karburator. Pengapiannya masih menggunakan platina namun belum CDI dan tenaga maksimum mencapai 33 dk dan torsi hingga 52 Nm dipadu transmisi manual 4-percepatan.

Suzuki Carry ST20 buatan Indonesia mampu bertahan hingga 7 tahun bahkan menjadi backbone penjualan Suzuki di Indonesia. Pada 1983 akhirnya muncul penerus Suzuki Carry dengan kode bodi ST100 yang mendapat sambutan positif positif masyarakat terutapa para pengusaha transportasi. Karena banyak digunakan sebagai angkutan umum karena mesin handal dan irit bahan bakar. Saat itu ada dua model yang ditawarkan yaitu minibus (Carry 1000) dan pick-up.

Sepanjang 23 tahun Suzuki Carry 1000 mampu bertahan dan hanya mengalami beberapa kali perubahan (facelift). Masyarakat masih percaya dengan kehandalan Suzuki Carry yang dikenal irit dan perawatan mudah. Menggunakan mesin berkode F10A 4 silinder berkapasitas 970 cc, mampu mengeluarkan tenaga maksimum 44 dk dengan torsi 75 Nm.

Suzuki New Carry Pick Up 2019 Banjir Perubahan

Di 2019 Suzuki tak mau menunggu lebih lama lagi untuk mengelurakan perubahan total Suzuki Carry pick-up. Meskipun mobil komersil teman para pengusaha ini baru ada prubahan lagi di 2011 menjadi mega carry. Mempunyai dimensi yang lebih besar juga ruang bak yang luas makin digemari para pengusaha, pedagang dan petani. Sempat hadir pada 2017 Carry pick-up dengan dimensi lebih compact.

Momen Indonesia International Motor Show (IIMS) 2019 menjadi waktu yang tepat untuk meluncurkan sang legenda dengan tampilan baru yaitu Suzuki new Carry Pick Up 2019.

Tampilan Baru Eksterior

Tak tanggung-tanggung, perubahan menyeluruh dilakukan oleh Suzuki untuk Carry pick up termasuk tampilan luar. Dari depan tampilannya tampak lebih tanggu dan gagah beraura modern. Hal ini terlihat dari warna grill dan bumper yang senada (hitam) dengan menggunakan material plastik yang mudah dibersihkan. Material dan warna ini umumnya digunakan pada fender mobil SUV atau off-road.

Lampu utama yang besar tersemat sejajar dengan grill sehingga terlihat mobil ini lebih lebar. Pada pilar A bagian kanan lebih tepatnya sisi pengemudi ada antena model lama yang masih harus ditarik bila ingin mendapat sinyal radio. Visibilitas kaca depan lebih lega, terlihat jangkauan sisi tersempit dari kursi kemudi. Ini menjadi nilai plus untuk sekelas mobil niaga.

Sementara pada bagian samping, tampak jelas kalau Suzuki new Carry Pick Up 2019 menggunakan platform baru karena dimensinya berubah total. Sebagai informasi generasi sebelumnya, Suzuki Carry 2017 memiliki panjang 3.720 mm, lebar 1.560 mm, dan tinggi 1.825 mm. Sedangkan generasi 2019 memiliki panjang 4.195 mm, lebar 1.675 mm dan tinggi 1.870 mm.

Wheelbase atau jarak poros roda yang meningkat dari 1.970 mm menjadi 2.205 mm, ini memberi dampak positif pada ruang kabin serta kapasitas bak muatan. Karena ini adalah mobil niaga, maka Suzuki menyematkan pelek kaleng dengan ukuran 165/80 R13. Sayangnya menurut penulis, tapak ban terlalu tipis mengingat mobil ini kebanyakan sebagai mobil angkutan barang. Agar lebih nyaman saat membawa buatan berat ban bisa diganti dengan yang lebih lebar, ini opsional sebagai pertimbangan.

Pada bagian belakang, Suzuki new Carry Pick Up 2019, secara desain sangat minimalis. Paling menunjol adalah tulisan Suzuki yang bergitu besar dengan motif timbul pada pintu akses untuk menaruh barang ke bak muatan. Pada bagian bawah terdapat lampu mundur, rem dan sein yang menjadi satu. Seperti disinggung sebelumnya dimana Suzuki Carry generasi baru ini memakai platform baru, maka bak muatan pun turut meningkat. Dalam data spesifikasi yang dirilis Suzuki, dimensi bak muatan ini mempunyai panjang 2.505 mm, lebar 1.665 mm dan tinggi 350 mm. Bak muatan ini mampu mengangkut barang hingga 1 ton.

Spesifikasi Mesin Suzuki new Carry Pick Up 2019

Tipe MesinK15B DOHC 16 Valve
Isi Silinder1.462 cc
Tenaga Maksimum97 dk / 5.600 rpm
Torsi Maksimum135 Nm / 4.400 rpm
TransmisiManual 5-Speed
Spesifikasi Bodi Suzuki new Carry Pick Up 2019
P x L x T4.195 x 1.675 x 1.870 mm
Wheelbase2.205 mm
Spesifikasi Kaki-kaki Suzuki new Carry Pick Up 2019
Rem Depan / BelakangDisc Brake / Drum
Velg165/80 R13

Interior Lega dan Nyaman

Pada interior Suzuki new Carry Pick Up 2019 banyak pembaharuan, desain dasbornya mencirikan mobil niaga yang banyak kompartemen. Ada tiga kotak yang sejajar dari bagian setir hingga ke penumpang samping. Kotak pertama adalah tampilan speedometer dengan tambahan layar kecil digital di bagian bawah. Pada bagian tengah kotaknya berisikan head unit single din sehingga mobil niaga ini bisa tetap menyenangkan sambil mendengarkan musik melalui radio atau lagu favorit melaui USB. Kotak terakhir di kiri atau penumpang samping.

Generasi terbaru Suzuki new Carry pick up mampu memuat 3 orang termasuk pengemudi, bahkan ketiganya dilengkapi sabuk pengaman. Material jok menggunakan bahan fabric dan tanpa ada head rest. Pada kursi pengemudi bisa diatur jarak duduknya (maju-mundur) namun tidak bisa re-cleaning (merebah ke belakang).

Suzuki Carry merupakan mobil pick-up pertama yang menggunakan fitur immobilizer. Fitur ini tentu membuat mobil lebih aman dari pencurian dan ini membuat pemilik lebih fokus menjalankan bisnisnya. Ruang penyimpanan barang juga bertambah pada generasi baru Suzuki Carry Pick Up 2019 ini. Untuk varian AC mempunyai 6 ruang penyimpanan, sedangkan non-AC ada 10.

Suzuki Carry Pick Up 2019 sudah dibekali power steering yang membuat setir lebih nyaman ketika mobil hendak berbelok. Radius putar yang mencapai 4,4 meter juga membuat momen berbelok lebih luas jangkauannya. Posisi tuas persneling ada di dasbor ini memudahkan pengemudi ketika ingin memindahkan gigi.

Pakai mesin Sekelas Ertiga

Kali ini Suzuki new Carry Pick-up dibekali dengan mesin K-Series, tepatnya K15B yang sama digunakan oleh Ertiga yang mengalami penyesuaian. Kapasitas mesin 1.462 cc dan teknologi DOHC yang disematkannya pada Suzuki Carry terbaru ini mengeluarkan tenaga maksimum 97 dk pada 5.600 rpm.

Sementara torsi maksimumnya 135 Nm di 4.400 rpm. Tenaga dan torsi yang lebih kecil dari Ertiga meski mempunyai mesin yang sama untuk menekan efisiensi bahan bakar yang lebih irit. Tenaga tersebut dipadu dengan transmisi manual 5-speed yang cocok untuk mobil-mobil niaga. Nah, bagi Carmudian yang ingin meminang Suzuki new Carry Pickup sebagai teman usaha sangat cocok.

Previous post
Rentan Jamuran, Punya Mobil Warna Putih Wajib Coating
Next post
Kredit Daihatsu Terios 2019, Cicilan Termurah Rp 6 Jutaan