Home » Berita » Suzuki Perkenalkan Across Berbasis Toyota RAV4

Suzuki Perkenalkan Across Berbasis Toyota RAV4

Across Berbasis Toyota RAV4 (Foto: Paultan)

Tokyo – Dua raksasa otomotif asal Jepang Toyota dan Suzuki menjalin kerjasama untuk pengembangan mobil dan teknologi. Hasil dari kolaborasi keduanya sudah terlihat lewat kemunculan Suzuki Across. Sport Utility Vehicle (SUV) menengah ini resmi diperkenalkan dan sebagai awalan akan dipasarkan di Eropa dalam waktu dekat.

Suzuki Across dibangun dari basis Toyota RAV4. Saat ini hanya tersedia versi plug-in hybrid. Meski berbasis RAV4, namun Across punya desain sendiri terutama pada sektor eksteriornya. Sekilas bagian luarnya tidak begitu terlihat jelas bila Across memiliki kemiripan dengan RAV4.

Interior Suzuki Across (Foto: Paultan)

Bagian depan Suzuki Across tampaknya mengadopsi desain gril milik Swift. Rumah lampu kabut dibentuk ulang bersama dengan lampu depan yang lebih pipih dan memanjang. Sedangkan velg 19 inci dan lampu belakang LED milik Across tampak masih menyerupai desain yang ada di RAV4.

Across Berbasis Toyota RAV4 (Foto: Paultan)

Masuk bagian kabin, satu-satunya perbedaan antara Across dan RAV4 terletak pada lingkar kemudi. Di mana pada bagian tengah kemudi Across terdapat logo Suzuki. Berpindah ke bagian tengah dasbor, terdapat head unit layar sentuh sembilan inci dengan fitur pendukung Apple CarPlay and Android Auto.

Head unit ini juga memiliki fungsi MirrorLink untuk smartphone yang kompatibel. Ada juga smart entry dengan push start, Optitron instrument cluster, dual-zone climate control with rear vents, dan jok kulit sebagai standar.

Pakai Mesin RAV4 dan Toyota Safety Sense

Bicara soal kinerja, Suzuki Across dibekali dengan mesin bensin 2.5 litre A25A-FXS Dynamic Force Atkinson-cycle. Mesin ini diklaim mampu mengeluarkan tenaga 176 hp dan torsi puncak 228 Nm. Mesin dipasangkan dengan motor listrik berkinerja tinggi untuk menghasilkan total tenaga sekuat 302 hp. Kemungkinan SUV ini dapat berlari dari posisi diam sampai 100 km/jam hanya dalam 6,2 detik.

Across Berbasis Toyota RAV4 (Foto: Paultan)

Sementara itu, baterai lithium-ion berkapasitas 18.1kWh (50.9 Ah) berkapasitas tinggi menawarkan perjalanan sepanjang 60 km.

Suzuki Across juga hadir dengan paket fitur keselamatan dari Toyota Safety Sense (TSS) yang dapat mebantu pengemudi sekaligus mencegah terjadinya kecelakaan fatal. Fitur tersebut yaitu Pre-Collision System (PCS), Lane Tracing Assist (LTA) dan Dynamic Radar Cruise Control (DRCC).

Kemudian ada juga Road Sign Assist (RSA), Blind Spot Monitor (BSM), dan Rear Crossing Traffic Alert (RCTA). Seperti dilansir dari Paultan, Suzuki akan mulai memasarkan Across di Eropa pada September 2020.

Penulis: Santo

Editor: Lesmana

Previous post
Tiga Bulan Tidak Kerja, Mobil Alphard Via Vallen Belum Perpanjang Asuransi
Next post
Beragam Tema Modifikasi Honda Beat, Ada yang Keren tapi Banyak yang Norak