Home » Berita » Suzuki Siapkan Mobil Baru Ukurannya Lebih Besar dari Ertiga

Suzuki Siapkan Mobil Baru Ukurannya Lebih Besar dari Ertiga

Ilustrasi gambar MPV Suzuki
Ilustrasi gambar MPV Suzuki (Foto: Rushlane)

Mumbai – Kendaraan penumpang jenis Multi Purpose Vehicle (MPV) masih menjadi idola konsumen di banyak negara. Tak heran banyak pabrikan mobil yang tergiur untuk bermain di segmen tersebut dan terus mengembangkan MPV baru sesuai dengan kebutuhan konsumen. Bahkan anak perusahaan dari Suzuki Motor Corp di India, yaitu Maruti Suzuki secara blak-blakan membocorkan rencana perusahaan mengembangkan MPV terbaru.

Sebagaimana dilansir dari Rushlane, Selasa (28/7/2020), saat ini Suzuki tengah bekerja mengembangkan MPV baru dengan ukuran bodi lebih besar dari Ertiga. MPV baru Suzuki akan berada di antara Ertiga dan Toyota Innova Crysta. Nantinya Suzuki akan membangun MPV baru menggunakan platform Toyota B560. Diperkirakan mobil baru ini diluncurkan pada 2023.

Permintaan MPV di pasar mobil di India sangat tinggi. Kehadiran MPV baru Suzuki bisa menjadi alternatif pilihan bagi konsumen dengan harga relatif lebih terjangkau dibanding Innova Crysta.

Masih terlalu dini untuk membuat kesimpulan tentang penampilan dan fitur-fiturnya. Tetapi banyak sumber menyatakan bahwa MPV baru dari Suzuki akan mengadopsi pintu geser. Di era modern sekarang ini, pintu geser biasanya dikaitkan dengan minivan berukuran lebih besar seperti Kia Sedona. Namun, Suzuki bukanlah pemain baru dalam menciptakan kendaraan penumpang dengan pintu geser. Sebelumnya Suzuki pernah membangun Eeco, Omni dan Versa, ketiganya mengunakan pintu geser.

All New Suzuki Ertiga (Foto: Santo/Carmudi)

Di sisi lain Toyota juga masih mengerjakan MPV baru menggunakan platform B560. Dipasarkan di India, nantinya MPV baru Toyota itu akan bersaing dengan MPV Mahindra, yang belum memperbarui mesinnya ke standar Bharat stage 6 (BS6) atau setara Euro6.

Kemungkinan besar MPV terbaru akan datang menggunakan mesin Toyota baru dengan tenaga yang sesuai kebutuhan konsumen.

SUV Melawan Daihatsu Rocky

Tak cuma MPV, Suzuki India juga melihat permintaan mobil jenis Sport utility vehicle (SUV) sangat tinggi. Oleh karena itu, Suzuki juga tengah bersiap menciptakan SUV baru sebagai upaya melawan pendatang baru Toyota Raize, Daihatsu Rocky. Selain itu untuk mengeser lawannya yang sudah lebih dahulu dipasarkan seperti  Hyundai Creta, dan Kia Seltos.

Kemungkinan SUV mendatang dari Suzuki bentuknya bisa lebih besar dibandingkan Raize atau Rocky. Di samping itu performanya akan lebih kuat dibandingkan dengan produk Suzuki saat ini.

Penulis: Santo

Editor: Lesmana

Previous post
Merugi, Mitsubishi Motors akan Kurangi Pegawai dan Tutup Diler
Mobil Terbakar
Next post
6 Cara Mencegah Mobil Terbakar Secara Tiba-tiba